Tips Belajar Mobile Photography

  • Whatsapp

Tips Belajar Mobile Photography – Gadget saat ini sudah menjadi salah satu benda yang selalu kita bawa. Perubahan teknologi telah membuat fungsi gadget mengalami perubahan. Tidak hanya untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan saja, kini kita sudah bisa melakukan banyak aktivitas dengan gadget di tangan. 

Berselancar di media sosial menjadi salah satu hal yang banyak kita lakukan. Selain melakukan update status, biasanya kita menggunakannya untuk berbagi momen-momen penting. Kamera ponsel dengan lensa mumpuni saat ini, membuat perkembangan dunia mobile photography berkembang dengan pesat.

Nah, untuk mengabadikan momen-momen penting ini, sebenarnya ada triknya tersendiri. Ada ilmu yang digunakan sebelum memutuskan mengambil gambar. Inilah yang sering kita lupakan. Maka foto yang kita hasilkan kebanyakan kurang memiliki daya tarik. Gambar yang dihasilkan hanya menjadi sampah belaka tanpa dilirik oleh orang lain. 

Dunia fotografi tak ubahnya seperti dunia seni. Ada keindahan yang dimunculkan dari gambar yang direkam. Jadi agar momen yang ingin diabadikan memiliki daya tarik, kita harus mempelajari beberapa triknya.

Tips Belajar Mobile Photography

Cara Mudah Belajar Mobile Photography

Untuk menghasilkan gambar yang bagus, dahulu kita sering terbayang harus menggunakan kamera yang bagus pula. Tapi tidak selamanya alat mahal itu bisa menghasilkan gambar yang bagus. Manbehind the gun-lah yang menjadi penentu apakah gambar yang dihasilkan akan bagus atau tidak. Meskipun hanya dengan kamera ponsel, jika kita memahami teknik pengambilan foto yang benar, maka hasilnya juga akan menarik untuk dilihat. Nah, agar kita bisa menghasilkan gambar dengan baik meskipun hanya menggunakan kamera ponsel, simaklah tips dan trik mobile photography di bawah ini.

Dalam menghasilkan gambar dengan nilai seninya, kita perlu mengasah kepekaan mana objek yang bagus dan mana yang tidak. Kepekaan itu memang harus terus diasah untuk mempertajamnya. Nah, agar kepekaan itu dapat terasah, kita bisa melakukan beberapa langkah seperti yang sudah dirangkum di bawah ini.

Hilangkan rasa takut akan salah

Dalam proses belajar, tidak ada orang yang langsung mahir. Pasti ada proses di mana dia akan salah dalam melakukannya. Jadi jangan takut untuk melakukan kesalahan, karena dengan kesalahan itulah kita dapat mengetahui, oh ini lho cara yang benar. Kalau kita takut untuk salah, maka kita tidak bisa berkembang dalam menghasilkan sebuah foto. Bahkan karena kesalahan itulah kita sering menemukan trik tersendiri dalam mengambil gambar.

Ambil gambar sebanyak mungkin

Dalam proses pembelajaran, kita tidak perlu fokus ke dalam satu aliran fotografi. Ambillah gambar sebanyak yang kita bisa. Tidak perlu jauh-jauh untuk mengambil gambar, cukup yang ada di sekitar kita saja sudah bisa menjadi obyek menarik. Dengan cara ini, kita bisa mengasah kepekaan terhadap mana obyek yang menarik untuk diabadikan. Ambillah gambar dengan beberapa sudut pandang. Dengan cara ini, kita bisa belajar tentang angle pengambilan gambar. Bisa jadi dengan angle yang berbeda, gambar itu malah terlihat lebih baik lagi. 

Pentingnya sebuah cahaya

Cahaya menjadi salah satu faktor penting menentukan apkah gambar itu jernih atau tidak. Karena kamera yang kita gunakan adalah kamera ponsel, maka memanfaatkan cahaya matahari adalah cara yang tepat. Memang kamera ponsel saat ini sudah dilengkapi dengan lampu flash. Tapi gambar yang dihasilkan kurang begitu bagus. Dengan memanfaatkan cahaya alami dari matahari, kita bisa menghasilkan gambar yang lebih baik lagi.

Latihan menyampaikan pesan dari sebuah foto

Angle yang bagus dalam sebuah gambar saja tidak cukup. Sebuah gambar bisa dikatakan menarik jika kita bisa menceritakan sebuah cerita walaupun hanya dengan obyek yang diam. Langkah inilah yang sedikit lebih sulit dari langkah-langkah di atas. Perlu banyak latihan dan juga melihat referensi agar bisa mengasah ilmu ini. 

Dengan beberapa tips dan trik mobile photography, kita akan bisa menghasilkan foto yang menarik. Tidak perlu kamera mahal karena yang paling utama adalah orang yang ada di balik kamera itu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *