Bukit Sipiso Piso

  • Whatsapp

Pernah mendengar nama bukit Sipiso-piso? Kalau air terjun Sipiso-piso kebanyakan orang pasti sudah mengetahuinya. Nah, wisata Sipiso-piso selain air terjunnya yang sudah terkenal itu, ternyata ada bukit yang bisa dijadikan sebagai tempat melepaskan penat sejenak dari rutinitas pekerjaan yang membelenggu. Bukit ini memiliki nama Sipiso-piso juga. Letaknya pun tidak terlalu jauh dari lokasi air terjun termasyhur ini. Jadi jika sedang berkunjung ke obyek wisata air terjun Sipiso-piso, sekalian saja datang ke bukit ini. 

Bukit Sipiso Piso

Read More

Bukit Sipiso-Piso

Pasti para pembaca semua penasaran sebenarnya apa sih keistimewaan dari bukit Sipiso-Piso ini. Dari atas bukit ini, kita dapat melihat pemandangan indah dari Danau Toba dan juga pemandangan indah dari pegunungan yang mengelilingi danau kebanggaan masyarakat Sumater Utara ini. Maka tak heran jika banyak yang mengatakan bahwa dari bukit inilah kita dapat menikmati keindahan alam Sumatera Utara dengan puas. Memang pemandangan yang terhampar di depan mata mewakili dari pernyataan itu.

Bukit Sipiso-piso terletak di kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Bukit ini memiliki ketinggian 1900 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dengan ketinggian ini, maka sebelum berangkat ke sini, siapkan dulu fisik yang prima. Meskipun tidak terlalu tinggi dan jalan yang dilalui tidak terlalu sulit, tapi fisik yang bugar harus diperhatikan. Udara di atas bukit sudah pasti dingin, kalau fisik tidak fit, maka kondisi tubuh akan dengan mudah menurun. 

Bukit Sipiso-piso berjarak sekitar 80 km dari kota Medan. Jika menggunakan kendaraan roda dua dengan menempuh jalur Berastagi, waktu yang kita butuhkan adalah selama 2 jam. Perjalanan yang lumayan lama ini tidak akan terasa melelahkan karena pemandangan di sepanjang jalan cukup menyegarkan mata. Udara yang sejuk akan membuta kita merasa fresh meskipun masih di atas motor.

Sesampainya di pintu masuk, kita akan dikenai biaya tiket sebesar 5 ribu rupiah permotornya. Dari pintu masuk itu, kita akan menelusuri jalan selama kurang lebih 15 menit lalu berhenti di camping ground. Dari sana kita dapat meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki bagi yang ingin menikmati keindahan alam lebih lama. Jika tidak ingin bersusah payah, kita dipersilahkan menggunakan sepeda motor hingga ke bagian atas bukit. Jalur menuju ke puncak sudah lamayan bagus, jadi tidak perlu khawatir meskipun harus tetap waspada dalam berkendara. 

Sesampainya di atas pemandangan menakjubkan dari Danau Toba dan gunung-gunung di sekitarnya akan menyambut kedatangan kita. Angin yang berhembus dengan tenang membuat udara di atas cukup menyegarkan. Selain itu kita juga dapat melihat keindahan pemandangan gunung-gunung tinggi lainnya dari sini. Gunung Ousuk Buhit yang ada di Samosir, gunung Sibuaten dan beberapa gunung lainnya dapat terlihat jelas dari sini. 

Meskipun berada di atas bukit, kita tidak perlu takut kepanasan jika matahari mulai bersinar terang. Bukit Sipiso-piso memang memiliki keunikan tersendiri, yaitu hanya puncak bukit saja yang ditumbuhi pepohonan. Maka dari itu bukti ini dikenal juga dengan nama Bukit Gundul karena hanya ditumbuhi pohon di puncaknya. Pohon-pohon yang ada di puncak bukit itulah yang akan melindungi kita dari panasnya terik matahari.

Bukit Sipiso-piso memang tidak begitu dikenal yang membuatnya jarang dikunjungi wisatawan. Akibatnya beberapa tempat berteduh yang tersedia di camping ground tidak begitu terawat. Meskipun begitu, bukan berarti bukit ini tidak memiliki daya tarik bagi wisatawan. 

Daya tarik bukit Sipiso-piso sudah tergambarkan di atas. Jadi tidak ada salahnya kalau liburan akhir pekan depan kita coba pergi ke bukit Sipiso-piso ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *