Ingin Punya Penghasilan, Suci Rahmadani Pilih Wirausaha

  • Whatsapp

Ingin memiliki penghasilan sendiri, Suci Rahmadani memutuskan menjadi seorang wirausaha. Berbekal hobi memasak yang dimiliki, perempuan kelahiran 13 Februari 1996 ini pun tertarik dengan bisnis sejak tahun 2009 silam.

Anak ketiga dari tiga bersaudara ini mengaku, saat melirik bisnis masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Read More

Untuk pertama tama, dia membuat beragam kue, kemudian menawarkannya kepada teman-temannya di sekolah. Ternyata apa yang diilakukannya ini, mendapat respon yang positif.

Seiring dengan respon tersebut, bagi Suci yang tidak ingin membebani orangtuanya, pun semakin semangat menjalankan bisnis tersebut dengan bermodalkan Rp 100 ribu.

Melihat semangat ini, orangtuanya pun kemudian memberikan dukungan  modal usaha. Kemudian mahasiswa yang saat ini mengenyam pendidikan di Universitas Sutomo itu pun membuka usaha bakery di salah satu ruko di Sei Rampah.

Namun, hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Kurangnya pengalaman dan ilmu yang dimiliki perempuan berusia 18 tahun ini, membuat bisnis yang dibangun dengan modal puluhan juta itu, hanya bertahan sebentar saja. Dalam kurun satu tahun omzet usahanya mengalami penurunan.

“Ini terjadi karena kelemahan dalam manajemen,”ujarnya. Meski gagal, namun tidak membuatnya berputus asa. Justru kegagalan ini menjadi pengalaman berharga baginya dalam membangun usaha untuk menjadi lebih matang lagi.

Selain usaha bakery, bagi Suci yang memiliki hobi memasak ini juga menangkap peluang bisnis dengan membuka usaha katering. Usaha ini dijalankannya berdasarkan pesanan.

“Catering ini, biasa buat acara acara kantoran aja,” ujarnya. Kedepan Suci juga ingin mengembang usaha catering ini ke menu tradisional Medan yang terkenal dengan pedasnya. Salah satunya, pepes ikan khas melayu dan ikan bakar.

Tidak itu saja, warga Jalan Pertahanan, Komplek Griya Prima, Kecamatan Medan Amplas ini, juga mengembangkan kreasi dan meningkatkan produktifitasnya dengan melirik bisnis penyewaan baju tari dan jasa makeup penari serta pelatihan menari.

Hingga saat ini, usaha yang dilakoninya semua masih eksis. Meski demikian, sejak dua bulan terakhir dia pun tertarik dengan online shop.

“Sekarang ada usaha baru. Online shopnya, ini baru jalan dua bulan. Kita menjual baju, sepatu dan tas kak. Bisnis online ini, berawal dari hobinya. Karena saya suka belanja di online shop,” sambung perempuan yang pernah menjadi manager coffe 8 di tahun 2013 lalu itu.

Dari sanalah, kemudian dia terpikir untuk memulai peruntungan di bisnis online shop. “Karena suka belanja online shop, akhirnya berpikir untuk membuka online. Terus keuntungannya bisa jadi uang untuk belanja. Dengan demikian, keuangan pribadi juga tidak terganggu,” ujarnya.

Bagi Suci jadi pengusaha memiliki kebanggaan tersendiri. “Sebagai mahasiswa terkadang bangga, kita tidak memamerkan harta orangtua. Terkadang malah bisa memberi kepada orangtua seperti memberikan hadiah,” ungkapnya. (dia)

Suci Rahmadani

Alamat Jln. Pertahanan Komplek Griya Prima Blok A No 6

TTL, Medan, 13 february 1996

No HP, 082277441196

Ikut Lomba tari kreasi FLS2N di taman budaya tahun 2012

Ikut lomba tari kreasi di Akademi Pariwisata Medan 2014

Ikut pameran di NTB expo mataram tahun 2013

Ikut pameran Jogja expo center (JEC) tahunn 2014.

Prestasi : 

Peraih Medali Perak Takewondo tingkat kabupaten tahun 2006, mewakili Deli Serdang

Juara III  lomba Tari Kreasi di UMA tahun 2012

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *