Mahasiswa Baru Kota Medan? Wajib Baca

  • Whatsapp

Mahasiswa di Medan, selamat buat kamu yang telah menjadi mahasiswa, kamu orang berutung dari ratusan ribu manusia. Patut bersyukur, dapat belajar di bangku yang belajarnya sudah mandiri. Tidak lagi di marah-marahi, ya cukup sadar saja. Karena teman aku ada  yang belum sadar, hingga sampai saat ini belum tamat juga kuliahnya. Bagi diri aku, tamat tepat waktu adalah hal yang menjadi target hidup aku. Tapi ya sudahlah kita lupakan sejenak.

Mahasiswa Baru

Read More

Di tulisan ini aku hanya ingin berbagi, bukan mengajari, memberi bukan menagih. Aku yakin para pembaca ini, lebih pintar dari aku. Sekali lagi aku ucapkan selamat kepada mahasiswa dan mahasiswi baru. Kalian begitu spesial, karena kata-kata Maha itu hanya digunakan untuk Maha Kuasa dan mahasiswa/mahasiswi. Begitu tingginya derajat kalian.

Tanggung jawab kalian, sebenarnya begitu besar, menjadi agen perubahan Indonesia. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Mutu Pendidikan dan Peningkatan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) Kemendikbud, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd,  mengatakan, jika ingin melihat kemajuan suatu negara lihatlah sekolah atau kampusnya.”Pendidikan sangat penting dalam pembangunan suatu negara,” ujar mantan rektor Unimed di Hotel Aryaduta, beberapa waktu lalu.

Kalian harus sadar teman, kita ini, pembangun bangsa dan negara  sendiri. Apapun jurusan kuliah kamu, haruslah bertanggung jawab dengan jurusan yang telah kau ambil. Kuliah itu gampang, sekali lagi gampang, swear!

Yang penting kamu konsisten dan memilih jurusan yang kamu suka. Kamu yang menentukan nasib dirimu sendiri. Bukan Tuhan, kita diberi kekuasaan penuh dengan Tuhan. “Waduh sial, mengapa la aku, selalu begini, miskin, terhina lagi,” kata seorang yang berdekatkan dengan diriku.Tuhan takan merubah nasib suatu kaum, melainkan kaum tersebut yang merubah nasibnya sendiri.

Buat mahasiswa baru. Saran aku, aktif di kampus, gabung di organisasi atau pun Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM). Karena mental dan pengetahuan, akan lebih banyak engkau dapatkan di organisasi dan UKM. Di kelas sedikit.”Di Institut Kesenian Jakarta, aku jarang sekali, masuk kelas, aku selalu diskusi di warkop, karena disitu banyak sekali ilmu. Para seniman terkenal Indonesia duduk di warkop. Gara-gara itu, aku jarang sekali masuk kelas,” ucap rekan kerjaku. Tapi kamu harus rajin masuk kelas ya, jangan ditiru rekan aku. Tamat, tepat waktu lebih baik.

Kampus itu seperti negara sendiri, ada presidennya dan gubernurnya lo. Nanti bakal engkau nikmati proses pemilu di kampus. Lucu-lucu, karena ada aja ributnya. Padahal jadi presiden kampus tidak digaji. Kamu akan rasakan nanti.

Oia hampir kelupaan, bagi kalian yang tidak lulus di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jangan berkecil hati, kalian bisa berkuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tidak kalah kualitasnya dengan PTN. Buat yang di PTS, kuliah saja sungguh-sungguh dan asah terus kemampuan kamu. Kamu masih bisa menjadi yang terbaik.

Banyak yang telah wisuda dari Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Medan (Unimed) Institute Agama Islam Negeri (IAIN) yang belum dapat kerja.

Kerja atau tidak kerjanya kamu setelah wisuda tergantung dari dirimu, di masa kuliah. Jika di masa kuliah kamu telah mempersiapkan diri, pekerjaan itu akan datang. Apa sih persiapannya?

Persiapan pertama, kamu aktif di organisasi atau UKM, tetapi harus seimbang dengan kuliah. Karena banyak teman saya, lama tamat karena organisasi. Kedua rajin kuliah, jika perlu kamu duduk paling depan, saya selalu duduk paling depan lo hehe…. Ketiga apa sih yang menunjung cita-citamu? Contoh seperti diri aku, aku kuliah jurusan ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik. Saat kuliah aku berusaha untuk menjadi penyiar, walaupun banyak gagalnya. Tetapi aku beruntung dapat siaran di beberapa radio di Kota Medan, tetapi kurang top radionya. Kenapa penyiar? Aku ingin menjadi mahasiswa ilmu komunikasi yang benar, pandai berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik. Di kelas sedikit ilmunya, saat kita jadi mahasiswa, kita di tuntut lebih aktif mencari ilmu.

Lalu aku punya usaha pembuatan video clip music, disini aku belajar, komunikasi secara visual. Salah satu video yang aku sutradarai, video Ganteng Style – Gatot Tengku Erry (Gubernur Sumatera Utara).

Sebelum kerjain video Ganteng Style, banyak masalah yang aku dapati, dari mulai laptop buat edit video yang lamban, hingga hinaan dari mereka yang sirik, tapi aku tidak menyerah. Aku selalu bilang ke diri aku, tidak ada orang yang sukses tanpa ujian yang berat.

Saat aku melamar kerja, pengalaman kerja aku banyak, kurang lebih ada sebelas. Yang sutradarai video, penyiar, dan lain-lain. Kalau tidak percaya, hubungi aku, agar aku beri buktinya hehe…

Jadi buat kamu mahasiswa, susun langka kecil untuk menggapi cita-cita. Seperti aku tadi, aku percaya kalian mengerti, karena kalian pintar.

Kamu harus juga rajin baca buku, karena buku adalah jendela Dunia. Baca buku itu asyik lo. Yang sangat perlu kamu sadari, gerbang untuk meraih cita-cita dimulai dari sini, dan sekarang. Selamat, kamu memasuki gerbang pertama masa depan, semoga kamu menjadi mahasiswa/mahasiswi yang berhasil meraih cita-cita. Amin…. Sembilan tahun kedepan, kita yang akan nahkodai Indonesia, ditangan kita Indonesia akan menjadi sesuatu. Pasti kita dapat Jujur, agar negera kita sejahtera.

Agar kita berharga dan sukses, harus dekat dengan Tuhan kita, rajin beribadah, agar Tuhan selalu membantu kita, jika kita nakal, ia pun tidak mau membantu.

Penulis : Tarmizi Khusairi @iammizi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *