Indonesia Raya di Puncak Sibayak

  • Whatsapp

Indonesia Raya di Puncak Sibayak – Sosialisasi Semua Unlimited beberapa waktu yang lalu di Grha XL Medan, ketika Haryo Wibowo – Vice President West Region XL memberikan secara simbolis Bendera Merah Putih. Penyerahan Bendera Merah Putih kepada perwakilan pelanggan XL, Media dan Perwakilan Travel Blogger Medan (kemanaaja.com), dibawa dan dikibarkan di puncak Gunung Sibayak, Tanah Karo, Sumatera Utara.

Indonesia Raya di Puncak Sibayak

Read More

Jumat, 16/08, tengah malam pukul jam 23.30, rombongan travel blogger Medan  dan tentunya team XL berangkat dari Grha XL Medan menuju Gunung Sibayak kabupaten Karo.  Rombongan para travel blogger Medan terdiri dari Kemanaaja.com, Travelnista.com, Pariwisatasumut.com, Medanwisata.com, Travelografi.com, Siikepo.blogspot.com, Virginmojito.com,  Ceritamedan.com, Punyamedan.com serta blogger Medan lainnya.

Menuju puncak Sibayak, yang juga gunung berapi aktif yang memiliki uap panas dengan ketinggian 2.094 mdpl (meter dari permukaan laut), cukup menantang. Gunung Sibayak secara administratif terletak di Didesa Raja Barneh Dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (60 KM dari Kota Medan) dengan posisi koordinat puncaknya pada 97°30′BT dan 4°15′LS.

Tiba di kaki gunung Sibayak, rombongan menitipkan kendaraan, karena perjalanan berikutnya dilakukan dengan cara berjalan kaki menuju camping ground.  Butuh waktu sekitar 1 jam berjalan kaki mencapai camping ground dengan jalanan beraspal dan tanjakan yang luar biasa curam. Bermodalkan senter dan menenteng perlengkapan berjalan dengan semangat di tengah gelap nya hutan dini hari jam 2.00 WIB.

Tepat jam 03 pagi tiba di camping ground dan disambut oleh ratusan tenda tenda yang tersebar dan lampu lampu tenda serta api unggun di mana mana.  Suasana camping ground layaknya pasar malam. Sesekali kembang api melejit ke udara, yang diikuti oleh tepuk tangan dari ribuan pendaki yang ada. Camping ground yang biasanya sepi berubah seperti pasar malam dengan 1500 an pendaki gunung yang hilir mudik di malam menjelang peringatan 17 Agustus 2014.

Beristirahat sebentar, menyalakan api dan minum kopi hangat, tak sampai 3 menit pun kopi panasnya akan berubah menjadi kopi dingin.  Setelah ngobrol -ngobrol dan makan cemilian selanjutnya mempersiapkan peralatan menuju bibir kawah. Tepat jam 4.15 rombongan berangkat menuju puncak Sibayak. Perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalan setapak dengan pemandangan hutan dan tebing tebing curam. Gelap!. Setelah berjalan sekitar 1 jam kita tiba di bibir kawah dan juga disambut dengan suara gemuruh layaknya bunyi gas yang menyemburkan belerang dari perut bumi. Seram? Iya! Tapi menakjubkan. Tidak sedikit orang yang mendirikan tenda di sisi tebing curam ini. Pemandangan yang luar biasa.

Tepat jam 6 pagi, kala matahari mulai mengintip, rombongan bergabung dengan banyak pendaki gunung yang juga sudah menghabiskan hari di Sibayak untuk merayakan pesta kemerdekaan RI ke 69.

Puncak Sibayak

Tiba saatnya, Team XL dan kemanaaja.com serta Travel Blogger Medan lainnya mengambil peran. Di dalam kawah Sibayak, di perut puncak Gunung Sibayak, kumandang lagu-lagu nasional melantun kencang, keras dan penuh semangat. Haru bersemangat, merinding, kala Indonesia Raya dan pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan di kawah Sibayak. Diawali dengan lagu Indonesia Raya menyanyikan bersama sama membuat suasana menjadi lebih dramatis. Dilanjutkan lagi lagu Maju Tak Gentar, Hari Merdeka, Garuda Pancasila, Halo Halo Bandung dan puluhan lagu wajib nasional lain. “Bulu kuduk aku merinding tadi saat harus memimpin lagu Indonesia Raya di depan, di puncak gunung dan dilihat banyak orang,” ucap Charis Martin dari Travelografi.com

“Semangat hari merdeka hari itu bukan hanya dinikmati oleh kita yang sedang berada di puncak Gunung Sibayak. Kita juga sampaikan moment ini ke teman, keluarga dan saudara saudara kita melalui telpon merdeka Rp.1500 Gratis Nelpon 3 jam 20 menit. Dari bibir kawah Gunung Sibayak kita bisa menggunakan panggilan telpon melalui jaringan XL dengan baik,” ujar Oloan Jimmy MR – Corporate Communication North and Central West XL

Ada pesan khusus yang dibawa XL dan kemanaaja.com dalam perjalanan Kibarkan Bendera Merah Putih dari XL di Gunung Sibayak kali ini. Saat akan kembali ke camping ground, menyusuri kawah dan tebing, Team XL dan teman teman travel blogger dengan suka rela memungut sampah yang bertebaran, muali dari botol air mineral, sisa mie cup, plasting dan bungkus rokok. Kita turun gunung bukan hanya membawa cerita indah tetapi juga  membawa puluhan kantong plastik besar yang berisi sampah kering. Banyak yang menyaksikan aksi peduli kebersihan Sibayak ini, berharap semua pendaki juga melakukan hal yang sama yaitu peduli terhadap kebersihan kawah.

Aksi Kutip Sampah di Puncak Sibayak

“Setelah mengumpulkan banyak sampah dan membawanya ke camping ground untuk di musnahkan, kita membereskan semua perlengkapan dan memutuskan untuk kembali turun gunung dan pulang ke  Medan. Dan dengan haru campur bahagia bisa membawa dan mengibarkan bendera dari XL di puncak Gunung Sibayak,” tutup Jimmy.

Indonesia Raya di Puncak Sibayak – Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 69! 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *