Baksos 3B Study Tour ke PT Sinar Sosro

  • Whatsapp

Baksos 3B Study Tour ke PT Sinar Sosro – Belajar Berbagi Bersama Anak Panti Al-Kahfi dengan cara bersedekah dan berbagi kecerian pada anak-anak panti, baik itu harta ataupun ilmu. Hal ini yang mendasari tim 3B (Belajar Berbagi Bersama) menginisiasikan kegiatan Bakti Sosial ini. 

Bakti Sosial 3B (Belajar Berbagi Bersama) telah dilakukan 3 (tiga) kali, dan tahun ketiga ini dilakukan di panti asuhan Al-Kahfi, alamat Jl. STM gg. Persatuan no 26.  Panitia kegiatan ini terdiri dari komunitas, pengusaha UMKM Medan, dan para mahasiswa. Secara kepengurusan, mereka tidak membakukan, siapa saja bisa jadi pengurus. “Kami sih menyebutnya dengan istilah volunteer,” jelas Fadly selaku Ketua Panitia Baksos 3B.

Read More

Baksos 3B Study Tour ke PT Sinar Sosro

Kegiatan Baksos 3B kali ini melibatkan 90 anak panti, dan Fadly juga mengakui dari tahun ke tahun total anak panti yang diajak belajar bersama terus meningkat. Ini yang selalu meyakinkan mereka untuk tetap melakukan baksos ini setiap tahunnya, di bulan Ramadhan. “Sebab niat baik itu, Insha Allah ada aja pertolongan datang kak,” lugas Fadly lagi. 

Konten acara tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan dilakukan seharian, dimana anak-anak panti diajak berwisata, diajak belajar menggambar, buka bareng, dan juga games session. Trip berwisata yaitu berkunjung ke PT Sinar Sosro, alamat Jl. Raya Tanjung Morawa KM. 14,5 Tanjung Morawa, Medan.

Tepat pukul 10.00 WIB, tim 3B melakukan absensi daftar anak yang mengikuti kunjungan ke PT Sinar Sosro. Total anak yang ikut berkunjung hanya 47 anak saja. Hal ini dikarenakan kuota kunjungan dibatasi oleh pihak PT Sinar Sosro. Setelah absensi tim 3B dan para anak panti pada selfie nih di depan Al-Kahfi.

Baksos 3B Al-Kahfi

Perjalanan dimulai pada pukul 10.15 WIB. Anak-anak panti pun menikmati fasilitas dari salah satu donatur kegiatan Baksos 3B. “Busnya enak kak. Ada AC-nya. Besar pulak,” ungkap salah satu anak panti dengan wajah yang sumeringah. Dan bus pun meluncur ke perjalanan pertama, PT Sosro Indonesia.

Selama perjalanan menuju PT Sinar Sosro para pemandu, Sukur dan Windi, sangat aktif mengajak adik-adik panti bercanda tawa. “Hai adik-adik, nanti selama perjalanan kita ini bakal ada kelompok terbaik. Nah kelompok siapa nanti yang terpilih, maka satu kelompok bakal dapat hadiah. Jadi pada tertib ya,” ungkap Windi sambil menenang beberapa adik-adik yang mulai grasak-grusuk.

Pada pukul 10.45 WIB, rombongan 3B tiba di PT Sinar Sosro. Rombongan turun secara teratur menuju ruangan dan terlihat mimik wajah yang tidak sabar menanti keliling pabrik Sosro. Dan para rombongan pun diarahkan ke ruang tunggu di sisi kanan pabrik.

Sambil menunggu pemandu wisata dari pihak Sosro, Mba Ajeng. Windi dan Sukur mengajak adik-adik perkenalan sambil bermain, dengan menyebutkan cita-cita mereka. Lagi-lagi tim 3B selalu punya cara untuk membunuh kebosanan adik-adik panti. Hingga akhirnya Mba Ajeng datang dan kegiatan pun diambil alih oleh pihak Sosro.

Tepat pukul 11.00 WIB, Mba Ajeng mengarahkan adik-adik masuk ke aula untuk menyaksikan perkenalan PT Sinar Sosro. Film berlangsung sekitar 20 menit. Film yang diputarkan berisi profil perusahaan dan proses pembuatan Teh Botol Sosro. Baik kemasan botol, tub, ataupun kotak.

Setelah satu jam diajak berkeliling prabik melihat pengelolaan teh, kemudian adik-adik diajak lagi melihat pengelolaan limbah dari sisa produksi produk-produk Sosro. Para rombongon diajak ke taman yang bertepatan di belakang pabrik. Dan ternyata limbah pabrik Sosro terbukti tidak berbahaya. Kenapa? Karena sisa bubuk teh olahan, di recycle menjadi pupuk kompos organik, sedangkan limbah air teh dan air pencucian botol diolah menjadi  air kolam. Dan ternyata air limbah tersebut berfungsi sebagai kolam untuk ternak ikan. 

“Ooh..enggak bahaya rupanya,” sontak adik-adik serentak berkata dan terlihat wajah yang penuh keceriaan dan semangat mendapatkan pengalaman seru selama wisata di pabrik Sosro. Kemudian pemandu wisata mengakhiri perjalanan di PT Sinar Sosro dengan berbagi produk Sosro kepada rombongan 3B.

Pada pukul 13.00 WIB,  rombongan 3B menuju trip berikutnya yaitu Bandara Kualanamu. Lagi-lagi suasana bus penuh dengan gelak tawa para anak-anak panti, ada juga yang sambil bernyanyi. Setibanya di Kualanamu, adik2 diajak turun melihat landasan pesawat dan semua serempak buru-buru saling mendahului, ingin turun duluan dari bus. Dan riang gembira serta canda tawa terpancar dari wajah para adik-adik panti. “Alhamdulillahhirabbil Alamin,” ucap beberapa tim 3B yang sedang berkumpul bersebelahan dengan adik-adik. Selanjutnya pukul 14.00 WIB, bus pun melaju kembali menuju Al-Khafi.

Kualanamu Lovely Holiday

Rombongan tiba pukul 15.00 WIB di panti asuhan Al-Kahfi. Para adik-adik beristirahat dan persiapan untuk mengikuti kegiatan berikutnya, belajar bersama yang akan dipandu oleh abang-abang dari Komunitas Gambaris Medan dan juga Digidoy Comic. Keseruan terjadi pada saat Windi dan Sukur melakukan lomba mewarnai. Tampak semangat adik-adik menggebu-gebu saat mengikuti perlombaan tersebut, karena Windi menjanjikan bagi yang bagus hasil mewarnainya maka akan diberikan hadiah.

Lomba Mewarnai Baksos 3B

Waktu pun berlalu dan buka puasa pun tiba. Semua tim 3B, adik-adik panti, serta kakak asuh berbuka bersama di halaman panti. Tampak kehangatan berbagi begitu terasa bersama anak-anak panti asuhan Al-Kahfi. Selepas makan, kemudian dilakukan shalat berjama’ah. Selanjutnya dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan sembako dan uang tunai oleh pihak panti, yang mana bantuan ini diharapkan bisa membantu kebutuhan sekolah dan lebaran para anak panti. Dan acara pun berakhir dengan salam keliling dan foto bersama.

Bersedekah tidak akan mengurangi harta, malah akan menambah pahala. Teruslah bersedekah, dan biarkan Allah yang melipatgandakannya. Yuk rutin bersedekah – Baksos 3B –  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *