Strategi Marketing? Manfaatkan Networking

  • Whatsapp

Strategi Marketing Manfaatkan Networking – Kekuatan networking sangat berperan penting dalam membangun sebuah hubungan yang baik dengan banyak orang maupun secara organisasi berdampak positif akan kesuksesan secara personal maupun kelompok.

Dari segi bisnis dikatakan bahwa setiap usaha yang sedang dijalankan belum dikatakan efektif bila para pelaku usaha tidak menjalin networking. Dianggap tidak bekerja jika tidak membangun hubungan sosial atau networking. Networking juga dapat diartikan sebagai membuat sekelompok kenalan dan rekan melalui komunikasi untuk saling menguntungkan.

Read More

Kaitannya dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), bahwa dengan adanya networking bukan hanya dimanfaatkan untuk menjalin hubungan dengan cara berkenalan saja, namun banyak potensi lain seperti bisa berbagi informasi serta kekuatan hubungan yang dipastikan dapat memberi keuntungan yang luar biasa disetiap adanya kerjasama yang terjalin maupun yang akan dikerjakan bersama.

Afif Abdillah - Strategi Marketing

“Memanfaatkan networking merupakan sebuah strategi marketing,” dikatakan Afif Abdillah, Ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Sumatera Utara dalam temu ramah gathering UMKM Goes Mobile with XL-AdReach berlangsung di Emerald Garden Hotel Jl Puteri Hijau Medan, Selasa (22/7).

Lanjut Afif, usaha yang cocok untuk sekarang ini adalah ‘internet’ karena merupakan usaha yang sedang berkembang. Pemanfaatan internet merupakan suatu peluang usaha yang besar. UMKM peluangnya lebih besar, karena usaha yang dikembangkan juga sesuai dengan kebutuhan pasar yang ada.

Menurutnya mengenai menjalankan usaha yang ingin dijalani juga membutuhkan mental yang kuat. Selain itu juga dalam berbisnis usaha juga harus punya passion. “Senangnya dulu apa, itu yang ditekuni. Fokus kepada yang kita senangi, tidak bekerja kepada konsep kerja rodi.”

Jadi, Afif menghimbau selaku sesama pelaku usaha, bahwa dalam berbisnis harus dibina kerjasama ataupun networking, karena dengan adanya hubungan baik dengan mitra bisnis yang ada tentunya permasalahan dan kebutuhan dari pelaku usaha UMKM dapat ditemukan solusinya.

Dalam melakukan usaha juga perlu diperhatikan cara meningkatkan sistem penjualan dengan pemanfaatan strategi marketing yang baik. Baik itu dalam mengeluarkan budget investasi untuk promosi usaha, dalam membangun kerjasama dengan para mitra dan segala bentuk produksi dan lainnya. “Setiap investasi harus diukur efektifnya,” jelas Afif.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *