Guru Kreatif, Anak Aktif : Kompasiana Nangkring Tanoto Foundation

  • Whatsapp

Guru Kreatif, Anak Aktif Kompasiana Nangkring dan Buka Bersama Tanoto Foundation serta bedah buku Oase Pendidikan di Indonesia.

Kompasiana Nangkring di Medan ini merupakan kesempatan baik buat Kompasianer yang mengikuti lomba resensi dua buku Tanoto Foundation karena mendapatkan buku yang sedang dilombakan, Gratis. Selain itu, acara ini juga sebagai kopdar Kompasianer di kota Medan sambil berbuka puasa bersama.

Read More

Kompasiana Tanoto Foundation

Menghadirkan Narasumber : Ibe Karyanto, Pendiri Sanggar Anak Akar dan Penulis Buku Oase Pendidikan Indonesia. Anita Lie, Dosen Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya dan Penulis Buku Menjadi Sekolah Terbaik. Wijaya Kusumah, Kompasianer dan Guru Paling Ngeblog Kompasiana 2012 dipandu oleh Prof. Irmawati (Guru Besar Universitas Sumatera Utara) selaku Moderator acara Kompasiana Nangkring di Medan.

Acara bedah buku Oase Pendidikan di Indonesia & Menjadi Sekolah Terbaik dilaksanakan pada Sabtu, 19 Juli 2014 di Uniplaza, Medan.

Ibe Karyanto mengatakan pendidikan yang dilakukan bagaimana mensistemasi cara belajar untuk menjadi pribadi yang otonom. Pada fitrahnya diberi otonomi oleh Tuhan untuk tidak mengganggu orang lain dengan cara mengenal lingkungan. Saling memuliakan kehidupan.

Di dalam buku Oase Pendidikan di Indonesia memberi pembelajaran yang memerdekaka, mengulas berbagai pendidikan alternatif yang berhasil diterapkan para pendidik untuk meningkatkan kualitas anak didik.

Wijaya Kusumah, mengatakan dalam dunia pendidikan yang penting itu bagaimana anak senang berlama-lama di sekolah. “Anak ternyata banyak kesulitan dalam belajar. PR banyak dikerjakan orang tuanya. Ternyata pelajaran SD lebih susah daripada belajar dengan Mahasiswa. Anak diajari A sampai Z diperlukan ketekunan,” jelasnya.

Menurutnya, peran orang tua harus belajar bagaimana memahami anak dalam belajar dan bagaimana seorang guru harus profesional dalam melakukan pengajaran. Selain itu juga peran dari sekolah sendiri adalah bagaimana menjadi sekolah yang terbaik, pertahankan bagaimana budaya sekolah. Artinya bagaimana karakter anak-anak terbentuk dengan baik.

Beberapa tanggapan dari para pembicara telah mengulas atau membedah buku Oase Pendidikan di Indonesia dan Menjadi Sekolah Terbaik.

Seperti diketahui, Tanoto Foundation didirikan tahun 2001 oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto merupakan sebuah sarana perwujudan kepedulian terhadap sesama untuk mengatasi kemiskinan dengan usaha meningkatkan kesempatan memperoleh pendidikan yang berkualitas, memberikan kesempatan pemberdayaan, dan menyediakan sarana utama untuk meningkatan kualitas hidup masyarakat. 

Tanoto Foundation bertujuan untuk menjadi acuan utama dalam mengembangkan dan mengarahkan tata cara pengurangan kemiskinan, serta membagi pencapaian kesuksesan program-programnya agar dapat diterapkan kepada masyarakat luas.

Tanoto Foundation berupaya menjadi pusat unggulan dalam penanggulangan kemiskinan melalui Pendidikan, Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas Hidup. Bekerja bersama masyarakat dan mitra untuk mencari solusi terhadap akar permasalahan kemiskinan dengan cara: Mengembangkan dan menerapkan program-program inovatif. Membangun kapasitas dan memberdayakan penerima manfaat. Bekerja bersama mitra dan mendukung program-program yang dilaksanakan oleh mitra. Mendokumentasikan dan berbagi praktek-praktek terbaik kepada masyarakat.

Untuk lebih lengkapnya mengenai Tanoto Foundation, kunjungi www.tanotofoundation.org dan twitter @tanotoeducation serta facebook Tanoto Foundation.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *