Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan – Kita harus tahu cara berhenti merokok, karena aktivitas tersebut merupakan hal buruk banyak dilakukan. Anak-anak, dewasa, tua, laki-laki perempuan hampir semua golongan usia dan jenis kelamin melakukan aktivitas merokok ini. Banyak dari mereka tidak sadar dampak merokok bagi kesehatan tubuh atau pura-pura tidak tahu sehingga mereka terus melakukan aktivitas merokok ini.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Read More

Memiliki badan yang sehat pastinya menjadi dambaan setiap manusia. Dengan badan yang sehat, tentunya semua akan menjadi indah. Harta yang melimpah dan keluarga yang sempurna tidak akan bisa kita nikmati jika kita dalam keadaan sakit. Banyak orang tidak menyadari bahwa merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang akan menyebabkan tubuh kit sakit. Kita memang tidak akan merasakan dampak dari rokok saat ini, namun dampak itu akan terlihat ketika kita terus merokok dalam jangka waktu lama.

Apa Saja Dampak Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Kita?

Dengan berbagai penelitian akibat dampak bahaya merokok bagi kesehatan tubuh, menunjukkan bahwa ada beberapa penyakit berbahaya yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok ini. Dampak bahaya merokok bagi kesehatan tubuh kita adalah:

1. Paru-paru

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).  PPOK adalah penyakit progresif yang membuat seseorang sulit untuk bernapas. Tidak ada obat untuk penyakit ini dan tidak ada cara untuk menyembuhkan kerusakan paru-paru akibat merokok ini. Banyak perokok yang tidak sadar bahwa mereka sudah terkena penyakit ini hingga akhirnya terlambat untuk ditangani.

2. Jantung

Karbon monoksida yang timbul dari aktivitas merokok ini mengambil oksigen dalam darah yang mengakibatkan pengembangan kolesterol dan mengendap di dinding arteri. Akibatnya akan meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

3. Perut

Merokok dapat meningkatkan resiko terkena kanker perut, kanker ginjal, pankreast dan kandung kemih.

4. Reproduksi

Merokok dapat meningkatkan resiko impotensi dan merusak kualitas sperma dan menyebabkan karker testis.

5. Kulit

Merokok dapat mempercepat penuaan dan kulit akan tampak keabu-abuan warnanya karena merokok dapat mengurangi jumlah oksigen dalam kulit.

6. Mulut dan gigi

Merokok juga akan mengakibatkan bau mulut yang tak sedap dan juga gigi akan terlihat kuning. Tentunya akan merusak penampilan kita bukan? Selain itu juga bisa meningkatkan resiko kanker pada lidah, tenggorokan, dan bibir. 

Coba kita perhatikan orang-orang perokok akut. Setiap hari mereka merokok sebanyak 4-5 bungkus. Coba kita hitung, satu bungkus rokok rara-rata harganya adalah 10.000 sampai 15.000. Mereka menghabiskan uang rata-rata 50.000 perhari hanya untuk rokok, padahal pastinya banyak sekali kebutuhan yang harus kita penuhi. 

Selain bahaya merokok bagi kesehatan tubuh, yang pastinya mengancam kesehatan kita, masih ada dampak bahaya lainnya. Jadi buat apa membuang uang hanya untuk merusak kesehatan kita? 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *