Tips Trik Stage Photography

  • Whatsapp

Tips Trik Stage Photography – Pernah dengar istilah stage photography? Apa sih sebenarnya stage photography itu yang disebut foto panggung? 

Mungkin tak banyak dari kita yang pernah mendengar istilah ini. Untuk itu, praktisi stage photography di Medan akan memberikan ulasan dibawah ini.

Read More

Tips Trik Stage Photography
Stage Photography

Stage photography atau foto panggung adalah salah satu bidang fotografi yang mendokumentasikan segala bentuk aktivitas di atas panggung, baik itu konser musik, drama, ataupun teatrikal, yang mengandalkan kemampuan fotografer untuk dengan jeli melihat berbagai kesempatan serta menguasai cahaya dan gerakan di atas panggung. Namun tentunya bukan hanya figur di atas panggungnya saja, namun juga panggung dan penontonnya. Tertarik? Simak terus ya!

“Stage photography itu gampang-gampang susah lah,” tutur Nadya Vristissya, seorang praktisi stage photography di Kota Medan. Ia berkata, awalnya memang sulit ketika memulainya. Namun kalau sudah mengetahui triknya, maka sebenarnya gampang saja. 

Nah bagi kalian yang tertarik untuk terjun langsung di bidang stage photography, di sini Nadya akan berbagi tips dan trik untuk melakukan stage photography. 

1. Jangan pernah takut mencoba. 

Kalaupun passion kalian bukan di foto konser, jangan takut untuk mencobanya. Nadya berkata ketertarikan awalnya juga bukanlah di bidang foto konser ini. Malah ia mengaku, perkenalannya dengan foto konser ini karena ketidaksengajaan semata.

2. Gunakan alat seadanya.

Menurut Nadya, kamera ponsel ataupun kamera digital juga sebenarnya sudah cukup. Malah ia sendiri pertama sekali memotret konser hanya dengan menggunakan ponsel. Oleh karena itu, jangan memaksakan harus menggunakan kamera professional.

3. Jangan mudah menyerah

Segala sesuatu itu pastinya perlu latihan. Jangan merasa kapok hanya karena kualitas foto yang kalian ambil kurang bagus. Jangan pula merasa minder karena alat yang kalian gunakan hanya seadanya saja. Sebaliknya, teruslah menabung agar kalian juga bisa membeli kamera professional suatu saat nanti.

4. Jangan memilih-milih event

Terjun di dunia foto konser bukan berarti event yang diabadikan haruslah event-event besar. Menurut Nadya, malah event-event kecil lah yang akan menjadi ladang latihan yang baik untuk mencari pengalaman.

5. Publikasikan hasil foto yang kalian ambil

Jangan menyimpan hasil foto untuk pribadi saja. Publikasikan-lah melalui media-media sosial seperti Twitter atau Instagram. Dengan begitu, kalian juga akan mengetahui bagaimana tanggapan orang lain mengenai foto-foto yang kalian ambil. Kalau hasil fotonya bagus, bisa-bisa malah promotor acara akan menghubungi kalian dan menawarkan kalian job.

6. Berpikiran terbuka dan mau menerima kritik serta saran dari manapun

Kritik dan saran dari luar sangatlah penting, apalagi jika kalian baru terjun di dunia foto konser. Masukan dari orang lain ini akan menunjukkan dimana letak kelebihan dan juga kekurangan kalian. Namun perlu diingat juga, jangan sampai kritik dari orang lain ini menjatuhkan kalian ya!

7. Jangan mengharapkan akses dari promotor acara 

Tidak setiap saat promotor acara akan menghubungi kalian dan menawarkan pekerjaan, apalagi bagi kalian yang baru akan terjun di dunia foto konser ini. Cukup yakinkan diri kalian bahwa tanpa akses dari promotor acara sekalipun, kalian akan bisa dan tetap memotret.

Nah itu dia beberapa tips trik stage photography dari Nadya Vristissya, seorang praktisi stage photography yang juga mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara. Cukup mudah bukan? Pastinya bisa dong langsung dipraktekkan. Ingat dicatat ya jadwal konser di kota-mu. Semoga bermanfaat! [Universal Publishing]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *