Nadya Vristissya : Tampil Beda? Siapa Takut!

  • Whatsapp

Nadya Vristissya : Tampil Beda? Siapa Takut! – Apa yang akan muncul dalam pikiran Anda ketika mendengar kata fotografer wanita? Penampilan yang tomboy dengan kemeja dan jeans?  Penampilan yang acak-acakan? Nah nampaknya Anda perlu membuang jauh-jauh stereotype seperti itu.

Adalah Nadya Vristissya, sesosok wanita berhijab yang mendalami dunia fotografi. Tidak tanggung-tanggung, dunia fotografi yang digelutinya adalah stage photography, atau yang sering pula disebut dengan foto konser.

Read More

Berkecimpung di dunia fotografi, khususnya di bidang foto konser, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Nadya. Konser yang seringkali diadakan pada malam hari menuntut ia untuk selalu berhati-hati. Belum lagi ia diharuskan untuk berada di tengah-tengah kerumunan penonton ataupun fotografer lain yang didominasi oleh kaum pria. Maka tak heran, Nadya dulunya lebih nyaman berpenampilan tomboy.

Namun tekadnya untuk berhijab sejak tahun 2013 ternyata tidak menghentikan hobinya yang satu ini. Nadya masih tetap eksis mendokumentasikan konser-konser akbar di Kota Medan meski penampilannya kini sudah berubah. Malah ia mengaku, sejak berhijab ia semakin banyak mendapatkan tawaran pekerjaan maupun kesempatan lainnya. 

“Awalnya agak minder juga, karena penampilan seperti ini kan masih nggak biasa di kalangan fotografer. Malahan pernah disangka teroris gitu, sok alim gara-gara berhijab gini,” tutur Nadya. 

Namun, penampilannya yang unik ini ternyata malah menjadi identitas tersendiri baginya. Saat ini, Nadya yang lebih dikenal sebagai “andemedan” lewat akun jejaring sosialnya, banyak dikenal orang sebagai fotografer konser yang berhijab besar.

Ketika ditanya apa yang menjadi motivasi terbesarnya dalam dunia fotografi, dengan gamblang Nadya menjawab “keadaan”. Nadya mengaku awal mula masuknya ia ke dunia foto konser ini sebenarnya tidaklah disengaja. 

“Awalnya sih niatnya ke broadcasting. Akhirnya karena nggak kesampaian, larinya ke jurnalistik. Perkenalan ke foto konser sendiri sebenarnya ketika diajak ke suatu konser. Hasil foto yang diambil hanya dengan kamera ponsel ternyata bagus. Dari sana mulai dapat chemistry-nya sama stage  photography,” demikian aku Nadya.

Ketidaksengajaan tersebut akhirnya mengantarkan wanita kelahiran 14 Oktober dua puluh dua tahun silam ini berada di tempatnya saat ini. Sebelum stage photography sendiri, Nadya juga pernah mendalami bidang fotografi jurnalistik, wedding photography dan juga bidang fotografi lainnya. Namun ia mengaku tidak mendapatkan chemistry yang sama dengan saat ia mendalami fotografi konser. Apalagi dengan adanya dukungan dan apresiasi dari teman-teman, artis, serta manajemen artis via akun instagram-nya. 

Dukungan dan apresiasi yang ia terima tersebut menjadi bukti potensi Nadya di bidang fotografi konser. Bakat yang dimilikinya pun sudah diakui oleh beberapa bintang besar berskala nasional. Dovie Farrel, salah satu manager artis, pernah memberikan kesempatan pada Nadya untuk mendokumentasikan aksi panggung artisnya di salah satu event Jazz di kota Medan. Bagi kalian para wanita yang ingin terjun langsung ke dunia foto konser, Nadya berkata kuncinya adalah jangan pernah takut untuk mencoba. Kamera yang digunakan juga tidak harus kamera profesional yang mahal. “Aku sendiri juga mulainya menggunakan kamera ponsel kok,” kata Nadya sembari tersenyum.

Jadi apa yang telah Nadya pelajari dari pengalaman hidupnya selama ini? “Menjalani sesuatu yang bukan passion kita mungkin memang kedengarannya menyeramkan. Tapi sebenarnya nggak juga kok. Ada sisi lain dimana sesuatu yang sebenarnya bukan passion kita, tapi bisa membuat kita happy menjalaninya,” tutur Nadya. [Universal Publishing]

Nadya Vristissya

Berikut adalah biodata Nadya:

Nama : Nadya Vristissya 

Tempat/Tgl Lahir : Medan, 14 Oktober 1992

Agama : Islam

Nama Ayah : Ir. Ferry Haryono 

Nama Ibu : dra. Siti Rohaini 

Anak ke : 1 dari 2 bersaudara 

Hobi : Fotografi, Traveling, Wisata Kuliner 

Riwayat Pendidikan : 1. SDN 060924 tahun 1999-2005 

 2. SMPN 15 Medan tahun 2005-2008

 3. SMA Swasta Eria tahun 2008-2011

    4. S1 Ilmu Komunikasi USU tahun 2011-sekarang

Spesifikasi Keahlian : Fotografi khususnya di bidang musik 

Pengalaman Bekerja : Fotografer wedding freelance tahun 2012-2013

Fotografer Event : 2013-sekarang

Instagram : instagram.com/andemedan 

Email  : tukangfoto.konser@gmail.com

No.HP  : 082168981621

Sekian! Nadya Vristissya : Fotografer Medan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *