Kumpulan Tips Pola Makan Sehat Saat Puasa

  • Whatsapp

Kumpulan Tips Pola Makan Sehat Saat Puasa – Banyak sekali orang yang belum paham betul bagaimana mengatur pola makan yang baik ketika berpuasa, sehingga sering membuat mereka batal. Kali ini, artikel ini membahas beberapa tips pola makan sehat saat puasa yang bisa Anda lakukan baik ketika sahur dan setelah berbuka. Tips pola makan sehat saat puasa ini tentunya diharapkan dapat membantu Anda dalam memperlancar ibadah puasa Anda.

Kumpulan Tips Pola Makan Sehat Saat Puasa

Read More

3 Tips Pola Makan Sehat Saat Puasa (Saat Sahur)

Sahur merupakan waktu di mana orang-orang mempersiapkan diri untuk memulai berpuasa di hari yang baru. Ternyata Anda tidak perlu mengkonsumsi makanan sebanyak-banyaknya agar Anda mampu menahan rasa lapar. Berikut 3 tips pola makan sehat saat sahur:


1. Jangan Makan Terlalu Banyak

Anda tidak perlu makan terlalu banyak saat sahur hanya untuk membuat Anda lebih kuat dalam menahan rasa lapar. Makan terlalu banyak hanya membuat perut terasa mual sehingga mengganggu kelancaran puasa Anda. Makanlah makanan bergizi dan kaya akan serat seperti sayuran dan daging secukupnya. Atur menu makanan yang bergizi lengkap, maksudnya, dengan kadar karbohidrat, protein, vitamin, lemak, glukosa, dan nutrisi penting lainnya secara seimbang, tidak perlu banyak asal cukup dan seimbang.


2. Konsumsi Air Putih Diperbanyak

Perbanyak konsumsi air putih di malam hari setelah berbuka puasa hingga sahur ketika Anda masih memiliki waktu sebelum mulai berpuasa. Meminum jumlah air yang banyak akan membantu Anda menghindari dehidrasi dan tubuh lemas karena kurang cairan. Di saat berpuasa, tubuh Anda akan kosong sepanjang hari ditambah ketika menjalani aktivitas rutin, yang mebuat tubuh Anda menjadi kurang cairan.


3. Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur

Setelah kandungan gizi dan nutrisi penting Anda sediakan untuk tubuh Anda, jangan langsung kembali ke tempat tidur untuk meneruskan mimpi yang sempat tertunda. Jangan langsung tidak setelah Anda makan saat sahur karena makanan akan sulit dicerna oleh tubuh Anda.



3 Tips Pola Makan Sehat Saat Puasa (Saat Berbuka)

Ketika berpuasa seharian, waktu berbuka merupakan waktu yang sangat ditunggu-tunggu. Di waktu ini, ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan agar tidak ‘sembrono’ memilih makanan untuk disantap setelah sehari penuh mengontrol hawa nafsu:


1. Jangan Minum Air Dingin

Minuman dingin bersoda atau minuman yang ada es di dalamnya memang menggoda untuk segera diteguk, apalagi setelah kerongkongan Anda kering menahan haus sepanjang air. Namun, Anda harus meminum air hangat terlebih dahulu, atau air biasa asalkan tidak dingin, untuk mengawali berbuka puasa Anda. Ada baiknya Anda meminum teh manis hangat dengan kadar gula yang tidak terlalu banyak dan konsumsi air yang juga tidak terlalu banyak.


2. Awali Dengan yang Manis. 

Ya, usahakan memilih makanan yang manis terlebih dahulu. Juga Anda perlu mengontrol diri untuk membuat tahapan-tahapan pada saat berbuka, maksudnya, jangan langsung mengkonsumsi makanan berat seperti nasi ditambah dengan berbagai jenis lauk-pauk. Untuk berbuka, makanan manis seperti kolak sebenarnya sudah cukup untuk mengawali berbuka puasa Anda. Setelah itu secara bertahap barulah bisa mengkonsumsi makanan berat.


3. Kurangi Makanan Pedas. 

Makanan pedas memang sangat menggoda setiap orang yang suka. Namun, ingatlah bahwa perut Anda sudah kosong sepanjang hari. Jangan mengkonsumsi makanan pedas yang banyak karena akan berefek buruk pada dinding lambung Anda. Dinding lambung sangat sensitif dengan kadar pedas pada makanan yang Anda makan, sehingga kurangi atau bahkan hindarilah makanan pedas sesering mungkin selama berpuasa.

Itulah kumpulan tips pola makan sehat saat puasa yang diharapkan dapat berguna untuk memperlancar ibadah puasa Anda. Sekian kumpulan tips pola makan sehat saat puasa, semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *