Kumpulan Tips Berbuka Puasa

  • Whatsapp

Berbuka puasa merupakan saat yang paling ditunggu oleh umat muslim setelah seharian berjuang menahan rasa lapar dan haus sepanang hari. Tips berbuka puasa yang baik umumnya mengarah pada konsumsi makanan yang ringan dan yang manis terlebih dahulu. Selain itu menghindari makanan yang pedas juga menjadi salah satu tips berbuka puasa yang baik untuk kesehatan.

Kumpulan Tips Berbuka Puasa

Read More

Ketika berpuasa, tubuh umumnya minim mendapatkan asupan makanan, karena hanya didapat saat sahur di hari yang baru sesaat sebelum memulai ibadah puasa. Asupan makanan saat sahur memang cukup banyak, namun prosesnya tentu tidak bertahan lama sepanjang hari. Untuk itu pola makan saat sahur juga harus dikontrol. Selain karena perut mendapat asupan makanan yang kecil ketik berpuasa, saat berbuka kita harus memilih pola dan menu makan yang baik agar kondisi kesehatan tubuh dapat terus terjaga, sehingga bisa memperlancar ibadah puasa.

Nah, dari sekian banyak tips berbuka puasa yang sudah ada, berikut kumpulan tips berbuka puasa:

1. Minum Air Putih Hangat/Teh Manis Hangat

Setelah mendengar suara bedug tanda masa puasa di satu hari telah berakhir, artinya buka puasa sudah tiba, maka upayakan agar Anda langsung meminum teh manis hangat terlebih dahulu. Jika tidak ada tersedia teh manis hangat di sekitar Anda, maka boleh juga air hangat, yang penting sebelum menerima asupan makanan ke dalam perut Anda, air hangat berguna untuk membasahi dinding usus dan lambung sehingga akan dengan mudah mencerna dan melintaskan makanan yang masuk ke dalam lambung.

2. Utamakan Makanan Manis

Awalilah dengan makanan yang manis, seperti kolak. Makanan yang manis berguna untuk meningkatkan tenaga dan meredam asam gula karena perut kita sudah kosong seharian. Jangan pilih makanan yang mengandung gula tinggi karena bisa jadi nantinya Anda justru mengidap diabetes. Pilihlah makanan yang manis setiap berbuka dengan kadar gula yang tidak tinggi, dan konsumsi secukupnya saja untuk sekedar memulihkan tenaga Anda kembali.

3. Istirahat Dari Aktivitas Sesaat

Setelah meminum dan memakan makanan yang manis, maka ada baiknya Anda beristirahat dari segala aktivitas Anda untuk sementara. Setidaknya ini berguna sambil mengumpulkan kembali tenaga Anda agar tidak terlalu lelah karena tidak ada cukup energi ketika berpuasa. Sambil beristirahat, lakukanlah berbagai shalat demi kelancaran ibadah puasa Anda.

4. Makanlah Secara Bertahap

Setelah makan ‘makanan pembuka’, maka sudah waktunya Anda memakan makanan berat secara bertahap. Maksudnya disini secara bertahap adalah, Anda jangan langsung menyantap makanan yang banyak sekaligus ketika berbuka. Hal ini justru dapat merusak lambung Anda, yang bisa mengakibatkan sakit perut nantinya. Makanlah sedikit demi sedikit secara bertahap, dan jika Anda masih lapar makanlah makanan yang mengandung lemak, protein, karbohidrat, dan nutrisi yang lengkap sembari tetap sehat dengan kandungan gizi yang seimbang.

5. Kondisikan Jam Tidur

Setelah serangkaian  aktivitas di siang hari dengan energi yang terbatas karena berpuasa, setelah berbuka puasa, kondisikan jam tidur Anda menjadi lebih cepat dari biasanya. Hal ini berguna untuk mengumpulkan energi secara maksimal agar bisa mengikuti rangkaian shalat Tarawih, persiapan sahur, dan siap beraktivitas kembali nantinya.

Itulah kumpulan tips berbuka puasa yang bisa Anda praktekkan selama beribadah puasa di bulan Ramadhan ini. Semoga tips berbuka puasa di atas bermanfaat bagi kelancaran puasa Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *