Cara Atasi Bau Mulut Saat Puasa

  • Whatsapp

Cara Atasi Bau Mulut Saat Puasa – Penyebab timbulnya bau mulut saat puasa dipengaruhi beberapa faktor penting termasuk kebersihan mulut. Bau mulut itu berasal dari kondisi rongga mulut sekitar 80% dan masalah pencernaan hanya 20% saja.

Baca : Jadwal Buka Puasa Medan

Read More

Banyaknya bakteri di mulut hasil dari sisa makanan yang tidak langsung dibersihkan seperti menyikat gigi termasuk dalam kategori penyebab munculnya bau mulut, apalagi keluhan itu pada saat melaksanakan ibadah puasa.

Cara Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Hal tersebut disebabkan adanya pengaruh produksi saliva (cairan ludah) yang berkurang disaat puasa. Yang mana, fungsi saliva adalah secara tidak langsung mencegah bakteri berkembang biak dengan cepat sehingga terhindar dari munculnya bau mulut yang tidak sedap. Kondisi dimana saliva berkurang, maka bakteri yang berada di dalam mulut semakin banyak dan terjadilah bau mulut yang tidak diharapkan.

Faktor bau mulut juga terjadi akibat mengkonsumsi makanan yang khas baunya seperti jengkol, petai, durian dan lainnya serta tak kalah pentingnya faktor kesehatan gigi seperti adanya infeksi pada gusi serta gigi berlubang. 

Bagi yang menderita penyakit maag, tentunya sangat mengganggu kegiatan berpuasa. Namun tak perlu khawatir, dikarenakan sakit maag bisa diatasi dengan melakukan puasa. Sakit maag terjadi apabila pola makan tidak teratur. 

Oleh sebab itu, perlu konsultasikan ke dokter bila kondisi maag Anda sudah dalam kondisi parah. Untuk Anda yang menderita penyakit maag perlu diperhatikan konsumsi makanan disaat sahur dan berbuka. Cobalah berbuka dengan makanan manis yang mudah dicerna dan hindari dari mengkonsumsi makanan berat, tapi mulailah dengan makanan ringan agar lambung Anda tidak terkejut makanan yang masuk kedalam lambung saat mau berbuka puasa. Namun perlu diingat, bahwa puasa bukan musuh untuk penyakit maag.

Untuk itulah cara mengatasi bau mulut ini perlu kita ketahui bersama guna kelangsungan dialog kepada kerabat agar tidak menjauh karena aroma yang tidak sedap.

Keringnya mulut menjadi faktor penyebab bau mulut selama puasa. Oleh karena itu, mari jaga nafas Anda agar terhindar dari bau yang mengganggu ibadah puasa, yakni dengan tetap menyikat gigi secara rutin setelah makan sahur dan sebelum tidur. Bersihkan juga lidah.

Kemudian, usahakan meminum air sekurang-kurangnya 3-8 gelas, sebab dapat menghindarkan dari bau mulut selama melaksanakan ibadah puasa.

Perbanyak konsumsi makanan berserat, sebab, kondisi gigi yang mengunyah makanan yang berserat memberi faktor penting mengurangi timbulnya bau mulut. Itu dikarenakan makanan berserat tentunya akan memberi gerak pada rongga mulut Anda dan gigi pun akan banyak mengunyah yang berefek pada kurangnya faktor bau mulut yang timbul.

Kurangi mengkonsumsi makanan yang sulit dibersihkan. Serta perlu adanya tambahan upaya seperti menggunakan obat kumur guna hasil mulut yang lebih bersih dan kalau bisa jangan merokok, karena merokok salah satu faktor penyumbang besar dari bau mulut saat puasa 

Demikianlah tips mencegah bau mulut saat puasa, semoga dapat menjadi informasi yang berguna bagi Anda yang ingin terhindar dari bau mulut saat puasa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *