Dampak Buruk Pergaulan Bebas, Antara Tren dan Realita

  • Whatsapp

Dampak Buruk Pergaulan Bebas, Antara Tren dan Realita – Seperti kita tahu bahwa dunia terus saja berkembang, mulai dari tekhnologi hingga yang paling actual adalah gaya hidup (sosialita). Banyak sekali kaula muda yang terjerumus ke dalam gaya hidup ala kebarat-baratan sehingga orang menyebutnya pergaulan bebas. 

Pergaulan bebas ini memang sudah di trendmark sebagai salah satu momok negatif di kalangan masyarakat mengingat memang lebih banyak dampak buruk yang ditumbulkan saat bergaul dengan bebasnya tanpa memilih-milih teman. 

Dampak Buruk Pergaulan Bebas

Akibat Pergaulan Bebas

  • Penyakit HIV/AIDS
  • Hamil di luar nikah
  • Ketergantungan obat-obatan
  • Tawuran
  • Pemerkosaan

Beberapa contoh akibat pergaulan bebas diatas, menggambarkan hal-hal negatif yang sangat merugikan anak muda zaman sekarang ini.

Mungkin saat ini memilih-milih teman bisa dikatakan perlu, pasalnya jika berteman dengan sembarangan orang dampak buruknya lebih banyak, terlebih lagi kita tidak tahu latar belakang orang tersebuat apakah pecandu, pemabuk, preman dan sebagainya kita harus lebih selektif.

Memilih-milih teman bukan mengarah pada diskriminasi strata sosialnya, namun lebih pada perilaku social seseorang, apabila perilakukanya baik walaupun dari kalangan orang tidak berada tentu saja itu bukan sebuah persoalan dan sebaliknya meskipun ia orang kaya tetapi sikapnya kurang baik tidak harus bagi kita untuk mendekati atau berteman dengannya. Carilah teman yang benar-benar bisa memberikan pengaruh positif pada kehidupan social kita. Banyak sekali remaja masa kini yang mengidahkan peringatan orang tua saat mengarahkan dalam bergaul alhasil ia terjerumus dan hanya bisa pasrah menghadapai masalah yang dialami, hal ini tentu saja membuat orang tua hanya bisa terdiam dan kebingungan pula.

Kasus yang tengah marak saat ini seperti berbagai tindak pelecehan dan berbagai macam kejahatan lainnya dikarenakan sembarangan dalam bergaul, terlalu bebas memilih teman dengan tanpa mengedepankan dampak buruk atau baiknya. Padahal jika kita sudah mengantisipasi sejak awal berbagai macam kemungkinan bisa ditanggulangi, namun apabila arogansi tinggi, tidak mau mendengar apa yang dikatakan orang sekitar, orang tua maka dampak buruk siap menanti. 

Maka dari itu bagi para remaja sebaiknya jangan pernah meninggalkan nasehat-nasehat dari orang tua, tetap jalin komunikasi yang hangat dengan mereka agar terhindar dari dampak buruk pergaulan bebas dan berbagai macam kemungkinan buruk dikemudian hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *