World Heritage Day (Hari Pusaka Dunia)

  • Whatsapp

World Heritage Day (Hari Pusaka Dunia) – Seperti yang telah diketahui bahwa tanggal 18 April ditetapkannya sebagai hari pusaka sedunia, di mana setiap negara di seluruh penjuru dunia berhak dan bisa mengajukan proposal untuk mendapatkan ‘lisensi’ dan sertifikasi ke UNESCO untuk mendapatkan kucuran dana operasional, rehabilitasi dan pemeliharaan benda, bangunan, atau apa pun  yang dianggap sebagai warisan dunia.

Read More

Warisan dunia di Indonesia tersebar dan merata di setiap propinsi dari sabang sampai Merauke. Mulai dari bangunan, adat istiadat, budaya, bahasa, tempat wisata sebagai keindahan alam semuanya ada dan lengkap.

Warisan-warisan Sumber daya alam di Indonesia pun begitu melimpah. Sampai beberapa kali upaya dan usaha negara-negara imperialisme memaksa mengambil dan memindahkan harta kekayaan bumi dan seisinya dibawa kenegaranya.

Tidak ada yang kurang dengan potensi alam dan kekayaan budaya Indonesia. Namun kenapa, bangsa kita tidak juga mampu bersaing dengan bangsa lain dalam membangun peradaban dunia. Saat ini masih miskin kabar tentang bagai mana pengaruhnya Indonesia di kancah internasional dalam menyikapi berbagai persoalan umat manusia. Kalau melihat warisan tidak ada yang kurang bahkan surplus. Atau mungkin karena tidak diwariskan mental-mental petarung, petualang, pejuang dan pelaut yang sangat identik dengan nenek moyang kita.

Badan Warisan Sumatra
Badan Warisan Sumatra

Pada perayaan hari Pusaka Dunia tanggal 18 April Badan warisan sumatra (BWS), akan mengadakan Open House dan pameran foto heritage untuk anak-anak sekolah dan Masyarakat Umum. Dengan melibatkan generasi muda di kota Medan sehingga usaha pelestarian juga  dapat meyentuh kalangan muda yang proaktif dan dinamis. Diharapkan kegiatan ini disambut positif  dan mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Agenda Kegiatan

Hari/Tanggal : Jumat, 18 April 2014

Waktu : 15.00 – 18.00 WIB

Lokasi : Sekretariat Badan Warisan Sumatra (BWS), Jl. Nusantara No. 14/Jl. Amaliun

Tujuan Kegiatan

  • Membangkitkan minat dan kesadaran generasi muda terhadap usaha pelestarian warisan sejarah
  • Melestarikan warisan sejarah, seni dan budaya kota Medan
  • Meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pelestarian warisan sejarah, seni dan budaya.
  • Diversifikasi produk pariwisata di kota Medan

 

Sasaran Kegiatan

  • Menambah wawasan guru-guru sekolah
  • Menambah wawasan anak-anak sekolah
  • Menjalin kerja sama antar sekolah-sekolah di Medan

 

Rundown

Kegiatan open house direncana satu hari pada tanggal 18 April 2014, sedangkan pamerannya berlangsung sampai tanggal 30 April 2014, dengan uraian kegiatan  sebagai berikut:

  • 18 April 2014 Nonton film Medan Tempo Dulu “dikemas masa kini” pukul 15.00 – 15.30 (Registrasi) dengan peserta; guru, anak Sekolah dan masyarakat umum. Dilanjutkan dengan Pembukaan oleh MC, Kata sambutan dari BWS, Kata sambutan perwakilan dari peserta, Nonton film Medan Tempo Dulu”dikemas masa kini”, Penjelasan tentang film  Medan Tempo Dulu”dikemas masa kini” oleh Debby Lafina Produser.
  • Seminar; pukul 16.10 – 16. 25 dengan Pemaparan Sejarah Pembangunan kota Medan oleh Dirk Buis Kool Sejarawan dari Belanda. Dilanjutkan Pemaparan Gedung bersejarah untuk kepenting Pariwisata kota Medan oleh Dr. Asmyta Surbakti, M.Si. Badan Pengurus BWS, Dosen di Fakultas Ilmu Budaya, dan Pasca Sarjana USU. Ada tanya jawab serta Lucky Draw.
  • Penampilan Main suling tradisional Karo pukul 17.00  – 17.15 oleh Mahasiswa UNIMED
  • 18- 30 April Ada Pameran foto Heritage, pukul 09.00 – 18.00WIB terbuka untuk umum

 

Ayo tunggu apalagi kawan.. Segera datang dan meriahkan perayaan World Heritage Day (Hari Pusaka Dunia), dan tularkan wawasanmu agar generasi muda mengenal budaya & melestarikannya. Save Our Heritage! Info Lebih Lanjut, Hubungi Hairul (0813 6154 1976).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *