Makanan Khas Batak

  • Whatsapp

Makanan Khas Batak – Anda suku Batak? Wajib mencoba kuliner khas batak yang unik. Masakan khas batak memang mempunyai keunikan tersendiri bila dilihat dari segi penggunaan bumbu dan rempah serta masakan khas Batak juga memiliki macam bumbu yang unik.

Makanan Khas Batak
Makanan Khas Batak

Masakan Khas Batak biasanya sering menggunakan bumbu dalam racikan kuliner khas Batak adalah Andaliman. Bumbu masakan khas Asia yaitu Andaliman berasal dari kulit luar buah beberapa jenis tumbuhan dari marga Zanthoxylum yakni suku jeruk-jerukan, Rutaceae.

Read More

Andaliman merupakan bumbu yang digunakan hanya untuk masakan Batak, sehingga dikenal orang luar daerah sebagai merica batak.

Berikut ini beberapa pilihan makanan khas batak yang pastinya layak dijadikan pilihan Anda bila menginginkan berbagai macam kuliner khas Batak disaat mengunjungi Medan dan Sumatera Utara:

1. Dengke Mas na Niura

Dengke Mas na Niura atau Ikan Mas Na Niura adalah makanan tradisional khas Batak yang berasal dari Tapanuli. Dahulu bahwa masakan na niura dikhususkan untuk raja saja, namun karena rasanya yang enak sehingga semua orang Batak ingin menyantap makanan khas batak ini.

Ikan Mas Na Niura dalam bahasa Batak artinya ikan yang tidak dimasak, ikan mas mentah disajikan dengan bumbu lengkap sehingga tanpa dimasak saja ikan sudah terasa enak. Ini termasuk dalam kategori makanan enak di Medan.


2. Manuk Napinadar

Manuk Napinadar atau Ayam Napinadar adalah masakan khas Batak yang biasanya dihidangkan pada pesta adat tertentu. Proses memasak hidangan yang satu ini agak sedikit rumit, membutuhkan waktu dan juga kesabaran. Pastinya inti dari masakan ini ada di saus darah ayamnya, yang jadi bumbu utama.

Langkah awal memasak masakan Manuk Napinadar adalah ayam harus dipanggang terlebih dahulu, setelah itu ayam disiram dengan saos spesial yakni darah ayamnya dan dicampur dengan Andaliman, bawang putih bubuk (yang sudah digiling sampai halus). Proses penyiraman saos tersebut sama seperti penuangan saos ke atas ayam panggang.

3. Arsik

Arsik adalah salah satu masakan khas kawasan Tapanuli yang populer. Masakan ini dikenal pula sebagai ikan mas bumbu kuning. Ikan mas adalah bahan utama hidangan arsik. Yang menarik, sisik ikan tidak dibersihkan terlebih dahulu dalam penyajiannya.

Bumbu arsik sangat khas, mengandung beberapa komponen yang khas dari wilayah pegunungan Sumatera Utara, seperti Andaliman dan asam cikala, selain bumbu khas Nusantara yang umum, seperti lengkuas dan serai. Bumbu-bumbu yang dihaluskan dilumuri pada tubuh ikan beberapa saat. Ikan kemudian dimasak dengan sedikit minyak dan api kecil hingga agak mengering.

Demikianlah artikel mengenai Makanan Khas Batak di Medan Sumatera Utara, bila ada tambahan yang lain, bisa isi di kolom komentar agar bisa kita tambahkan didalam artikel Kuliner Medan, Sumatera Utara ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *