Komunitas Parkour Medan

  • Whatsapp

Komunitas Parkour Medan – Parkour adalah seni bergerak dan metode latihan natural yang bertujuan untuk membantu manusia bergerak dengan cepat dan efisien, dimana bertumpu pada kemampuan badan. Gerakan yang digunakan seperti berlari, memanjat, meloncat untuk melatih kemampuan manusia untuk melewati segala bentuk rintangan di berbagai situasi dan kondisi di lingkungan urban atau rural.

Komunitas Parkour Medan
Komunitas Parkour Medan

Read More

Parkour juga tidak termasuk cabang olahraga sebab sifatnya tidak dikompetisikan. Parkour juga bukan seni tari sebab ia bukan seni murni yang selalu mengedepankan keindahan atau juga sama halnya dengan capoeira. Parkour hanya mengedepankan  tentang bagaimana cara kita bergerak dari satu titik ke titik lainnya, sedangkan keindahan adalah bonus.

Parkour sebenarnya sudah ada semenjak zaman sebelum masehi. Akan tetapi, pertama kali dikenal dengan sebutan parkour oleh David Belle dari Prancis. Parkour terus berkembang hingga ke Indonesia. Tidak diketahui pasti tanggal terbentuknya, tetapi awal terbentuknya dari hasil obrolan anak-anak Indonesia yang tergabung dalam Parkour.net.  Ini salah satu situs terpercaya tentang parkour, dan merupakan salah satu binaan David Belle. Dari situs Parkour Bogor terlihat data bahwa pada tahun 2006 beberapa orang sudah tergabung dalam Parkour.net. Jadi bisa dikatakan Parkour masuk ke Indonesia sekitar tahun 2006.


Nah, kapan sih Parkour masuk di Kota Medan?

Tarmizi, selaku Humas Komunitas Parkour Medan menceritakan bahwa Sejarah Parkour Medan berawal dari Zaidil yang bermain-main Parkour (Pk) di auditorium Universitas Sumatera Utara. “Saat itu yang latihan hanya tiga orang. Karna Zaidil sering latihan di Auditorium, aksi-aksinya dilihat Uta, yang saat ini menjadi ketua Pk,” jelas Tarmizi. 

Hal ini yang lambat laun membuat Parkour diminati anak-anak Medan. Disamping itu juga karena sudah banyak film-film Parkour yang tanyangkan di bioskop dan televisi, serta pemberitaan di media massa. Oleh sebab itu, Komunitas Parkour Medan resmi terbentuk pada 28 Desember 2008. “Sejak itulah dimulai perjuangan untuk berlatih dan menyebarluaskan Olah raga Parkour & Freerun ini,” lugas Tarmizi.

Siapa saja sih orang-orang di Komunitas Parkour Medan?

Kepengurusan :

1. Utha/ReMo (Ketua) 

2. Roby/Aero (Sekjen)

3. Ihsan (Bendahara)

4. Tarmizi (Humas)

5. Ghani (Divisi Kontrol Pelatihan)

Misi : 

1. Menyebarluaskan seni Parkour 

2. Memasyarakatkan Parkour 

3. Mem-Parkour-kan masyarakat Kota Medan dan sekitarnya


Keanggotaan Komunitas Parkour Medan:

M. Budi Perkasa, Abuhalid Saifullah, Hutomo, Birong, Ocol, Bayu, Fuad, Arie, Salim, Arie, Robi, Bambang, Bayu, Roy aja, DJ, Opi, “dan beberapa lainnya yang masih belum aktif berlatih. Jadi aku kelupaan orangnya,” jelas Tarmizi sambil tertawa. Tarmizi juga menceritakan kalau anggota Komunitas Parkour Medan terdiri dari para pekerja, mahasiswa dan anak-anak sekolah.


Kapan sih jadwal latihannya dan bagaimana caranya bergabung?

Komunitas Parkour Medan latihan pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Mulai pukul 16.30 – 18.00 WIB, bertempat di Auditorium dan perpustakaan Universitas Sumatera Utara.

Syarat bergabung : 

1. Sehat 

2. Dianjurkan memakai training panjang dan sepatu sport 

3. Lelaki dan wanita


Apa saja sih kegiatan Komunitas Parkour Medan?

Tarmizi menjelaskan kalau untuk prestasi, saat ini belum ada, sebab Parkour memang terbentuk bukan untuk di kompetisikan. Akan tetapi, hal ini masih menjadi perdebatan antar komunitas di seluruh dunia ataupun dunia.

“Kalau mengisi acara banyak, seperti Ulang Tahun Bisnis USU, SaHIVa Drama Musikal I dan II, Medan Community Festival di Taman Hutan Beringin, Kompas TV Event di Polmed,” lugas Tarmizi. Berikut beberapa foto kegiatan harian Komunitas Parkour Medan :

     

Parkour Medan

Parkour Medan di Auditorium USU

Parkour Medan di Gedung FKG USU

Parkour Medan di Pantai Cermin

Parkour Medan di Pulau Berhala

Wah keren ya aktifitas mereka.. Yuk bagi kamu yang tertarik dan ingin berlatih, dan pastinya tambah sehat. Tunggu apalagi, segera daftar ke kontak di bawah ini.

Parkour adalah cara hidup, cara belajar untuk menguasai kemampuan diri kita dan terus berkembang ke level fisik yang lebih sehat – Komunitas Parkour Medan – 

Contact :

Phone : 082142589218 (Utha) /  087867160020 (Tarmizi)

Twitter : @parkourmedan

Facebook : Parkour Medan

Sekian! Komunitas Parkour Medan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *