Facebook Akuisisi WhatsApp Rp209 Triliun

  • Whatsapp

Facebook Akuisisi WhatsApp – Facebook telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi WhatsApp, aplikasi messaging populer, sebesar $16 miliar dalam bentuk tunai dan saham ditambah $3 miliar unit saham terbatas pada pendiri dan karyawan WhatsApp sebagai bagian dari kesepakatan, yang akan membawa total kesepakatan harga sekitar $ 19000000000 atau senilai Rp 209 triliun (USD 1 = Rp 11.000).

Facebook Akuisisi WhatsApp
netzwelt.de

Menurut pengajuan, seperti dilansir dari Mashable bahwa Facebook telah setuju untuk membayar $12 miliar dalam bentuk saham dan $4 miliar dalam bentuk tunai bagi perusahaan. 

Read More

Kesepakatan itu adalah akuisisi terbesar Facebook hingga saat ini dan datang setelah rumor pada akhir 2012 dan awal 2013 yang Facebook dan Google sedang berlomba-lomba untuk membeli layanan pesan.

Diketahui bahwa WhatsApp, didirikan pada tahun 2009 oleh mantan insinyur Yahoo Jan Koum dan Brian Acton, adalah yang paling populer dari serangkaian aplikasi mobile messaging bahwa beberapa berpendapat menimbulkan ancaman bagi bisnis Facebook. Aplikasi ini menjabat sebagai alternatif untuk SMS dengan membiarkan pengguna mengirim pesan secara gratis di seluruh platform smartphone. Saat ini memiliki lebih dari 450 juta orang yang menggunakan aplikasi setiap hari.

“WhatsApp adalah jalan untuk menghubungkan 1 miliar orang. Layanan yang mencapai tonggak itu semua sangat berharga,” Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook, mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Aku sudah tahu Jan untuk waktu yang lama dan saya gembira untuk bermitra dengan dia dan timnya untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung.”

Tidak seperti Facebook, WhatsApp tidak membuat uang melalui iklan. Sebaliknya, WhatsApp bebas digunakan untuk tahun pertama dan kemudian biaya $ 0,99 per tahun untuk berlangganan setelah itu. Para pendiri telah teguh tidak ingin memperkenalkan iklan.

“Kami berpikir bahwa untuk produk kami, iklan belum tentu cara yang tepat,” kata Koum. “Kami pikir kami memiliki sistem monetisasi yang sangat padat di tempat.”

Jika kesepakatan tidak melewati, Facebook akan membayar biaya perpisahan sebesar $1 miliar untuk WhatsApp, yang masih lebih dari jumlah total Facebook akhirnya membayar untuk mendapatkan Instagram.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *