Tips Makan Durian Medan

  • Whatsapp

Tips Makan Durian Medan – Suka Durian? Kebiasaan makan durian tergolong biasa, karena memang dagingnya luar biasa lunak diselingi aroma yang luar biasa nikmat. Buah yang paling disukai oleh banyak orang ini, selain rasanya yang super lezat durian juga memiliki aroma dan khasiat bagi kesehatan tubuh. 

Walaupun begitu, banyak orang yang tidak menyukai buah durian ini dikarenakan aromanya yang wangi nan menyengat. Apalagi bagi penderita darah tinggi, sangat menghindari makan durian. Durian memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga akan menaikkan tekanan darah. Jika Anda makan durian tidak terlalu banyak, jangan terlalu khawatir akan hal itu. 

Read More

Dalam 100 g salut biji durian mengandung 67 g air, 28,3 g karbohidrat, 2,5 g lemak, 2,5 g protein, 1,4 g serat; serta memiliki nilai energi sebesar 520 kJ. Durian juga banyak mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C; serta kalium, kalsium dan fosfor.

Durian yang biasanya enak tergantung jenisnya juga, untuk itu perlu dipilih durian yang bulat penuh karena daging durian di setiap ruas ada dan tidak kopong.

Dari segi tangkai durian, jika tangkainya bekas potongan pisau karena terlihat halus, maka itu tidak matang di pohon. Jika matang, ujung tangkainya terlihat kasar, dan jika tangkai itu dipotong lalu dijilat, terasa manis. Tentu saja aroma durian yang menyengat juga sebagai tanda buah itu matang. Pilihlah yang durian yang kulitnya jarang-jarang, karena itu pertanda daging durian telah padat. 

Tips Makan Durian Medan

Cara Makan Durian Medan

Memilih durian

Sebelum anda makan durian, anda sebaiknya memilih durian yang tidak terlalu masak, karena durian yang terlalu masak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi sehingga membuat Anda cepat pusing dan hipertensi. Pilihlah durian yang masak tetapi masih berwarna hijau, karena kandungan kolesterolnya lebih sedikit. 

Makan durian

Dalam konsumsi durian, sebaiknya Anda tidak berlebihan karena durian mengandung lemak yang cukup tinggi. Kelebihan makan durian akan membuat suhu badan anda naik, karena tekanan darah akan meningkat. Jika anda makan durian, cukup makan 3-5 biji saja agar tidak menyebabkan darah tinggi dan pusing. Durian memiliki sifat yang panas, sehingga bagi anda yang sedang hamil dan penderita diabetes sebaiknya tidak makan durian. 

Setelah makan durian

Sebaiknya Anda tidak minum minuman beralkohol atau minuman bersoda karena sangat berbahaya. Alkohol dan soda mengandung gas dan bersifat panas, jika bercampur durian dalam tubuh maka akan membuat suhu tubuh Anda semakin panas dan merusak organ-organ tubuh anda. Durian bersifat panas dan bisa memabukkan. Hal ini bisa menyebabkan kematian. 

Menetralisir durian

Banyak orang yang percaya, jika setelah makan durian sebaiknya makan buah manggis agar tubuh menjadi netral. Pada dasarnya, durian adalah buah yang panas karena mengandung lemak cukup tinggi sehingga tubuh akan terasa panas setelah makan durian. Sedangkan manggis adalah buah yang bersifat dingin, sehingga buah manggis dapat mentralisir panas durian dalam tubuh. 

Manfaatkan getah durian

Setelah makan durian Anda bisa melakukan hal ini untuk membuat perut anda nyaman dan menghilangkan aroma durian yang menyengat. Caramya adalah dengan menuangkan air putih ke dalam kulit durian bagian dalam yang berisi da­ging durian yang telah dimakan. Kemudi­an, minum air putih tadi. Ge­tah pada kulit durian yang su­dah dibelah itu memiliki zat yang disebut anti-dotum. Zat inilah yang bermanfaat membuat pe­rut tetap nyaman serta meng­hilangkan aroma durian. 

Meskipun durian tidak bersahabat dengan ibu hamil dan penderita diabetes, tetapi durian juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Jangan takut makan durian, asalkan anda bisa mengontrol diri Anda dan cobalah tips-tips di atas agar tetap sehat setelah makan durian. 

Konsumsi manggis

Anda bisa mengkonsumsi manggis sehabis makan durian, karena secara ilmiah vitamin yang terkandung pada manggis bisa menjadi penetralisir atau semacam zat penawar dari efek setelah mengkonsumsi buah durian.

Efek Makan Durian

  • Bersendawa rasa durian. 
  • Biji buah durian yang masih muda berbahaya untuk di konsumsi karena mengandung asam lemak siklopropena (cyclopropene) yang bisa menjadi racun bagi tubuh.
  • Buah durian bersifat panas sehingga pasien diabetes atau ibu hamil sangat tidak dianjurkan makan durian.
  • Durian paling banyak mengandung karbohidrat, lemak dan protein. Tak cuma itu, zat-zat lain seperti serat, kalsium, asam folat, magnesium, zinc dan besi juga ada di dalamnya.
  • Durian  banyak mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.
  • Dalam 100 gram durian terkandung 147 Kkal. Itu artinya ketika seseorang makan 1 kg durian, jumlah kalori yang ia dapatkan 1.470 Kkal atau sebanding dengan porsi makan  satu hari.
  • Gangguan pencernaan juga bisa terjadi jika durian dikonsumsi bersama dengan minuman beralkohol.
  • Penelitian di University of Tsukuba, Jepang bahkan membuktikan kandungan sulfur pada durian bisa menghambat metabolisme alkohol dan bisa memicu kematian.
  • Efek panas pada tubuh seusai melahap durian atau duren, bisa di atasi dengan cara; Ambil sisa kulit duren dan pada ruas bekas buahnya beri air tawar lalu di minum. Bisa juga di tangkal  dengan mengkonsumsi buah manggis yang biasanya masa buahnya bersamaan dengan masa buah  durian. Dimana ada Durian penyebab panas, ada manggis yang  menjadi pendinginnya.
  • Buah durian juga bisa dikembangkan menjadi beberapa makanan lain seperti dodol, tempoyak, permen, eskrim, dan yang paling menghebohkan adalah Pancake Durian Medan.
  • Kulitnya sering di keringkan dan di jadikan untuk obat nyamuk dan bau kulitnya yang menyengat bisa menangkal tikus.
  • Akarnya dimanfaatkan sebagai obat demam. Daunnya, dicampur dengan jeringau (Acorus calamus), digunakan untuk menyembuhkan cantengan (infeksi pada kuku).
  • Kulit buahnya untuk mengobati ruam pada kulit (sakit kurap) dan susah buang air besar (sembelit). Kulit buah ini pun biasa dibakar dan abunya digunakan dalam ramuan untuk melancarkan haid dan menggugurkan kandungan. Abu dan air rendaman abu ini juga digunakan sebagai campuran pewarna tradisional.



Khasiat Buah Durian

  • Menjaga kesehatan kulit karena mengandung Vitamin C yang berfungsi sebagai anti oksidan dan anti penuaan.
  • Mengandung senyawa tembaga yang bisa menjaga kesehatan kelenjar tiroid.
  • Mengatasi anemia karena mengandung folat atau Vitamin B9 yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah.
  • Meredakan stres dan mengatasi depresi karena mengandung Vitamin B6 atau piridoksin.
  • Mengatasi sembelit karena banyak mengandung serat.
  • Mengatasi migrain karena mengandung senyawa riboflavin atau Vitamin B2.
  • Mengandung banyak potasium atau kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang dan persendian.
  • Asal tidak dimakan berlebihan, kandungan mangan dalam durian bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil.
  • Menjaga nafsu makan karena banyak mengandung thiamin atau Vitamin B1Menjaga kesehatan gigi dan mulut karena mengandung posphor.


Wisata Kuliner Durian Medan

Anda dapat berkunjung ke Pelawi Durian di Jalan Sunggal dan juga Ucok Durian di Jl. Wahid Hasyim, Medan.

Demikianlah artikel mengenai Tips Makan Durian Medan, semoga dapat membantu dalam hal mengedukasi Anda sebelum dan sesuah makan durian.

Baca Juga :
Pancake Durian Medan
Maidaniipancakedurian.com Distributor Resmi Pancake Durian, Oleh Oleh Khas Medan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *