Pantangan Setelah Makan

  • Whatsapp

Pantangan Setelah Makan – Pengetahuan akan hal yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh, seharusnya dipatuhi untuk kesehatan serta kelangsungan kebugaran tubuh Anda. Seperti artikel kali ini, akan dijabarkan beberapa pantangan setelah makan.

Anda diharapkan melihat beberapa pantangan setelah makan dibawah ini dengan pemikiran untuk kesehatan tubuh, walaupun pantangan setelah makan berikut sangat sering Anda perbuat.

Read More

Pantangan Setelah Makan





Jangan Minum Air dingin
Tanpa disadari kenikmatan minum air dingin setelah makan sangatlah sering dilakukan. Suhu dingin dari es yang berkondensasi dengan air menyebabkan pembekuan pada makanan, apalagi yang mengandung minyak yang akan menjadikan lemak akan terbekukan. Selanjutnya, lemak akan tertimbun dalam usus hingga menyebabkan penyempitan saluran daripada pencernaan hingga berujung pada kegemukan. Baiknya, gantilah air dingin/es dengan air hangat.

Jangan Makan Buah
Biasanya kita setelah makan, lalu menyantap buah-buahan sebagai santapan penutup. Ketahuilah bahwa setelah makanan yang Anda makan masuk ke lambung, makan lambung membutuhkan proses 1-2 jam untuk mencernanya. Nah, bila setelah makan dan Anda menyantap buah-buahan maka buah tersebut akan terhambat oleh makanan yang telah disantap terlebih dahulu. Berakibat buah-buahan tersebut tidak dapat dicerna secara normal. Proses tersebut bila berlangsung lama akan menyebabkan gejala sakit perut kembung, diare maupun susah untuk buang air besar serta asam lampung.

Jangan Minum Teh
Minum teh setelah makan termasuk dalam pantangan yang tidak boleh dilakukan karena dapat mengencerkan getah lambung. Akibatnya dapat mempengaruhi dalam hal pencernaan makanan dan juga daun teh tersebut banyak mengandung tanin/asam tanat yang jika meminum teh sehabis makan dapat membuat protein yang tadinya belum sempat dicerna lambung akan menyatu dengan asam tanat hingga membentuk sedimen yang sangat tidak mudah untuk dicerna. Hal tersebut dapat mempengaruhi serapan protein bagi tubuh Anda. Selain itu teh dapat menghambat serapan berupa zat besi, bila hal tersebut terjadi dalam waktu yang lama akan menimbulkan gejala anemia disebabkan kekurangan zat besi dalam tubuh.

Jangan Merokok
Ternyata bukan hanya larangan merokok saja yang berbahaya, namun bila merokok setelah makan menjadi sangat berbahaya sepuluh kali lipat. Hal tersebut dikarenakan adanya peningkatan peredaran darah pada pencernaah sehabis makan yang berakibat kandungan dalam rokok yang tidak baik untuk kesehatan akhirnya diserap. Masuknya kandungan di dalam rokok tersebut dapat merusak hati, otak besar serta pembuluh darah jantung juga dapat menyebabkan penyakit jantung.

Jangan Mengendorkan Ikat Pinggang
Perasaan nyaman disaat mengendorkan ikat pinggang ternyata dapat mengakibatkan turunnya tekanan dalam rongga perut Anda yang dapat memaksa lambung turun. Apabila hal tersebut sering dilakukan, maka itu dapat menyebabkan penyakit lambung turun dan atau usus terbelit.

Jangan Mandi
Setelah makan, pantangan yang perlu diperhatikan adalah langsung mandi. Ini terjadi disaat bangun pagi sebelum pergi beraktivitas. Ketahui bahwa volume aliran darah yang terdapat pada permukaan tubuh Anda dapat meningkat serta aliran darah pada saluran usus dan lambung akan berkurang. Hal tersebut berakibat pada fungsi pencernaan usus pada lambung Anda melemah, sehingga pencernaan memburuk.

Jangan Olahraga
Pantangan setelah makan selanjutnya adalah olahraga. Meningkatnya volume gerak tubuh disaat olahraga dapat mempengaruhi saluran dari pencernaan terhadap serapan gizi setelah makan. Apalagi pada manula, yang mengalami fungsi jantung melemah, penyempitan pembuluh darah serta banyak berjalan setelah makan akan menimbulkan gejala tekanan darah menurun.

Jangan Berkaraoke
Ketahui bahwa setelah makan maka isi dari lambung kita membesar dan dinding lambung Anda menipis, volume aliran darah akan meningkat. Disaat Anda bernyanyi, hal tersebut membuat sekat ronga badan pindah ke bawah, dan pada beban rongga perut Anda bertambah.

Jangan Mengemudi
Kondisi setelah makan, organ otak besar akan mengalami kekurangan darang untuk sementara waktu. Bila Anda memaksa untuk mengemudikan kendaraan, dikhawatirkan terjadi kecelakaan. Biasanya sehabis makan lambung dan usus membutuhkan sejumlah besar darah dalam mencerna makanan, yang mana organ otak besar akan mengalami kekurangan darah yang mengakibatkan kesalahan operasional dalam berkendara.

Jangan Langsung Tidur
Banyak orang tua yang sering mengatakan kalau Anda selesai makan, jangan langsung tidur nanti tidak baik bagi pencernaan. Namun, hal tersebut sering dilanggar apalagi kondisi kantuk setelah makan dan kenyang menjadikan proses mengantuk lebih dominan mempengaruhi keinginan tubuh untuk memejamkan mata. Untuk lebih sehatnya, Anda sebaiknya jangan langsung tidur setelah makan dikarenakan dapat membuat makanan tidak dapat dicerna secara baik dan mengakibatkan usus mengalami kembung hingga terjadi peradangan.

Demikianlah artikel mengenai Pantangan Setelah Makan, semoga para pembaca Portal Cerita Medan dapat mematuhi pantangan diatas demi kesehatan diri Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *