KTP Lama Berlaku Hingga Akhir 2014

  • Whatsapp

KTP Lama Berlaku Hingga Akhir 2014 – Kartu Tanda Penduduk (KTP) lama masih berlaku hingga tahun 2014 akhir. Adapun alasan Kementerian Dalam Negeri menyatakan masih berlaku KTP dikarenakan masih penduduk Indonesia masih ada yang belum terekam datanya.

KTP Lama Berlaku Akhir 2014

Read More

Seperti yang dikatakan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, bahwa pemerintah telah mengalokasikan sejumlah dana untuk biaya pencetakan data penduduk serta rekam data pada 2014.

Hal tersebut berangkat dari perubahan Undang-undang Adminduk (Nomor 24 Tahun 2013) yang mulai memberlakukan 1 Januari, tapi dananya baru akan masuk di APBN Perubahan sementara orang yang ingin membuat KTP terus bertambah.

Sementara anggaran penyelenggaraan program dan kegiatan administrasi kependudukan di kabupaten-kota, terkait pencetakan KTP elektronik, masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan Tahun 2014. Sehingga pada awal 2014, sebelum APBN-P tersedia, pencetakan KTP elektronik di daerah belum bisa dilaksanakan.

Mengenai perpanjangan masa berlaku KTP lama tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2013 tentang Perubahan Keempat Atas Perpres Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penerapan Kartu Tanpa Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional.

Selain itu, Kemendagri juga mempertimbangkan adanya 19 juta dari 191 juta penduduk berpotensi memiliki KTP elektronik yang belum memungkinkan memperoleh fisik kartu hingga akhir 2013.

Setiap tahunnya terdapat sekira empat juta warga yang memerlukan pembuatan KTP elektronik, sehingga Kemendagri belum bisa mencetak seluruhnya terutama bagi warga yang baru merekam data kependudukan.

Selain itu, masih terdapat pula 27 juta penduduk yang datanya belum terekam dalam jaringan (daring) atau online di Pusat, sehingga Kemendagri belum mencetak data penduduk tersebut. KTP Lama Berlaku Akhir 2014.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *