Rasikal ART : Berawal Dari Pergelaran Drama Musikal

  • Whatsapp

Rasikal ART : Berawal Dari Pergelaran Drama Musikal – Ngobrolin masalah seni pasti tidak ada matinya, sebab seni akan menyentuh semua lapisan masyarakat khususnya kalangan anak muda. Banyaknya minat anak muda pada seni membuat mereka ingin berkumpul dan mengapresiasikan bakat dengan teman-teman yang memiliki bakat yang sama pula. sebut saja Komunitas Rasikal ART. Komunitas ini memiliki ceritanya sendiri bagi penggagasnya. Mereka terdiri dari beberapa mahasiswa/i dari berbagai jurusan dan universitas ternama di Kota Medan.

Rasikal ART berdiri pada tanggal 09 Februari 2012, “Pengukuhannya dilakukan bersamaan dengan ulang tahun salah satu anggota kami,” ungkap Nugra, Ketua dari Komunitas Rasikal ART.

Read More

Rasikal ART


Komunitas ini terbentuk berdasarkan keinginan setiap anggotanya yang ingin memiliki wadah untuk berekspersi. Mereka berawal dari anak-anak muda yang tergabung dari salah satu komunitas drama musikal di Universitas Sumatera Utara. Dulunya komunitas drama musikal ini hanya berkumpul pada saat pergelaran dibuat, setelah itu masing-masing kembali pada aktifitasnya sendiri dan tidak tahu mau ngapain dan tidak ada gabung-gabung lagi. 


“Yah kegiatannya hanya pada saat pergelaran drama mau dibuat saja. Dan itu juga sistem rekrut orang-orang baru, jadi anggotanya berubah-ubah,” tegas Nugra.


Bang Odo, adalah penggagas dari Komunitas Rasikal ART ini. Beliau merupakan otak di balik kreatifitas para mahasiswa kreatif ini. Nugra mengakui bahwa berkat Bang Odo lah akhirnya mereka memiliki wadah dalam berkreasi, sebab tanpa Rasikal ART mungkin kreatifitas mereka  tidak akan terpublikasi seperti saat ini. 


Sejarah Rasikal ART

Rasikal ART memiliki kepanjangan yaitu Drama Musikal dan ART yang berarti seni, bahwa komunitas ini berisikan anak-anak muda yang memiliki kreatifitas di bidang seni. Awalnya Rasikal Art ini berassal dari anak-anak lepasan Drama Musikal Universitas Sumatera Utara yang beranggotakan 25 orang. Dari situ hanya 18 orang yang tergabung dalam Rasikal ART, hal ini dikarenakan beberapa lainnya sudah wisuda dan bekerja. Rasikal ART beranggotakan 21 orang, dan yang aktif berkisar 15 orang. Selain drama musikal, Rasikal ART juga memiliki beberapa talent di bidang seni lainnya. 


“Ini karena setiap dari anggota ada yang memilki bakat tersendiri sehingga kami mengembangkan komunitas ini menjadi lebih luas lagi. Lagian drama musikal itu kan juga butuh musik, vokal, dan pemain dramanya,” Jelas Nugra. 


Pada akhirnya Rasikal ART memiliki beberapa talent seperti teatrikal, vokalis, musisi, dancer, puisi, Master Ceremony (MC) dan standup comedy. Keberagaman ini dikarenakan setiap anggota dahulunya merupakan beberapa lepasan dari komunitas seni juga.


Kepengurusan Rasikal ART

Ketua        : Nugra (Fisip Universitas Sumatera Utara, 2011)

Sekretaris   : Devi (FKM Universitas Sumatera Utara, 2010)

Bendahara  : Modissa (Politeknik Negeri Medan, 2011)

Manager     : Meliza (FKM Universitas Sumatera Utara, 2011)


Beberapa Kegiatan Rasikal ART

Komunitas Rasikal ART sejak satu tahun terakhir ini sudah melakukan kegiatan kurang lebih 13 kegiatan. Berikut beberapa kegiatan besar yang pernah diikuti oleh Komunitas Rasikal ART :

Rasikal ART

Rasikal ART

Rasikal ART


Nugra menyampaikan bahwa untuk menjadi anggota Komunitas Rasikal ART sangatlah mudah, hanya butuh komitmen dan aktif di setiap kegiatan. Sedangkan untuk jadwal kumpul rutinnya, tidak ditentukan. “Biasanya kami latihan dan ngumpul kalau ada kegiatan,” tutur Nugra menjelaskan. Tahun 2014, Komunitas Rasikal ART berencana untuk membuat kegiatan dalam rangka merayakan 1th Anniversary. Konten kegiatan yang mereka persiapkan berupa perlombaan Rapper dan Modern Dance, yang mana kegiatan berlangsung satu hari dan akan diadakan di Merdeka Walk Medan,  pada tanggal 03 Maret 2013. 

Temukan bakat yang kita punya, lalu kembangkan diri -Rasikal ART-

Contact Rasikal ART:

PIC      : 0831 9866 1126 (Nugra)

Twitter : @RasikalART

FB       : Komunitas Rasikal ART

Email   : komunitasrasikalart@gmail.com 


Demikianlah artikel mengenai Komunitas Rasikal ART. Semoga pembaca Portal Cerita Medan mendapatkan informasi dari komunitas anak Medan ini dan lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *