Komunitas Klub Buku Medan

  • Whatsapp

Komunitas Buku Medan : Klub Buku Medan – Berangkat dari hobi membaca
anak-anak muda di Kota Medan ini membentuk suatu Komunitas Membaca yang mereka
sebut dengan nama Klub Buku Medan. 

Read More

Komunitas Klub Buku pertama
kali lahir dalam skala nasional – Indonesia, lahir dan bermula dari komunitas di
twitter yang mempunyai minat dan kepedulian terhadap dunia membaca, khususnya
buku serta dunia tulis menulis. Melalui
komunitas ini mereka mencoba
memfasilitasi orang-orang untuk berinteraksi dan berdiskusi tentang topik-topik
yang berkaitan dengan buku.

  

Komunitas Klub Buku Medan

Mengembangkan Potensi Kota Medan
Lewat Buku

Atas
dasar semangat inilah akhirnya para anak muda di Kota Medan ini membentuk Klub
Buku Medan sebagai komunitas baca regional Medan. Berawal dari peran Veri di
tahun 2011 sebagai penggagas pertama dari Klub Buku Medan. Akan tetapi pada
masa jabatan Veri, komunitas ini belum pernah mengadakan kopi darat (kopdar)
bagi para follower-nya. Seiring bertambahnya jumlah follower mereka dan
beberapa permintaan dari follower untuk melakukan kopdar, akhirnya di tahun
2013 Klub Buku Medan melakukan kopdar pertamanya. “Ternyata minat dari para
follower saat kopdar sangat antusias untuk melakukan kopdar berikutnya..
Jadinya, aku dan Veri akhirnya merencanakan untuk sering melakukan kopdar,” ungkap
Putri, ketua Klub Buku Medan 2013.

Apa sih tujuan dibentuknya komunitas
ini?

“Tujuan
kami simpel sih, hanya ingin membentuk wadah baca bagi anak Medan. Yah semacama
mengajak mereka untuk minat dalam membaca dan menulis aja sih, agar tersedia wadah bagi sesama pecinta
buku di Kota Medan. Karena kek yang kita tahu kak, minat baca anak Medan,
khususnya anak mudanya neh. Mereka tuh untuk membaca masih kurang minat. Ini
sih yang membuat kami tertarik dan bersemangat untuk ngebentuk komunitas ini.
Nah karena aku dan teman-teman tahunya ada Klub Buku Indonesia, akhirnya kami
mention mereka dan tanya-tanya bagaimana membentuk untuk regional Medan. Dari
situlah akhirnya komunitas ini kebentuk, dan kami bisa merealisasikan niat
ingin mengajak anak muda Medan untuk gemar membaca,” lugas Putri berusaha untuk
mengajak para anak muda Medan untuk bergabung.

Selain
itu, komunitas ini tidak hanya ngumpul dan ngulik-ngulik buku atau bacaan.
Tetapi komunitas ini juga berusaha ingin melahirkan para penulis muda di Kota
Medan. “Biasanya orang-orang yang suka baca, dia juga nulis kak. Nah itulah
keberadaan Klub Buku Medan ini kak, kami ngumpul kopdar, ngebahas buku, mulai
dari karakter tulisan, konten, dan juga gaya si penulisnya. Jadi kan dengan
begitu kita secara enggak langsung udah melatih diri untuk memulai menulis,”
ungkap Putri, gadis berjilbab dan berkacamata ini. Hal ini tampak dari beberapa
anggota mereka yang juga para penulis, baik media cetak maupun media online
(blog), diantaranya:

  1. Fitria Ningrum, mahasiswi Politeknik Medan, 2012. Buku berjudul “Setiaku”, novel fiksi, penerbit Diva Press.
  2. Andri Tarigan, mahasiswa Sejarah, Universitas Sumatera Utara, 2010. Penulis di beberapa media cetak harian.
  3. Putri Amelia, mahasiswi Ekonomi, Universitas Negeri Medan, 2010. Sudah mengisi beberapa tulisan di media cetak harian.

Profil Komunitas

Nama                           : Klub Buku Regional Medan

Tanggal Berdiri             : 19 Maret 2012

Ketua                           : Putri Fathia (Alumni Politeknik Medan, 2010)

Anggota                       : 15 (lima belas) orang

Tagline                         : Kamu itu gaul kalo kemana-mana membaca buku

Visi                              : Menjadi wadah berbagi sesama pembaca buku

Misi                          

Meningkatkan minat baca anak medan – Menjadi tempat berkumpul dan media sharing berbagai informasi bagi para pencinta buku  khususnya dunia literasi.

Komunitas Klub Buku Medan

Kegiatan yang pernah diselenggarakan:

Kopdar I         :
Sharing Buku dan Tukar Buku (12 Mei 2013)

Kopdar II        : Weekend Seru dengan Membaca (9 Juni 2013)

Kopdar III      : Buka Puasa Bersama (Agustus 2013)

Kopdar IV      : Tukar Buku, di Taman Hutan Beringin Medan (2013)

Kopdar V        :
“OBRAS”, Obrol  Asik di Kopibaba,
Dr.Mansyur – Medan (12 Januari 2014)

Putri mengatakan bahwa mulai tahun 2014
ini Klub Buku Medan akan membuat kopdar rutin setiap bulan, di minggu kedua.
Selain itu Putri juga menyampaikan bahwa target jangka panjang Klub Buku Medan
saat ini adalah ingin menerbitkan buku, seperti yang sudah dilakukan oleh Klub
Buku Indonesia yaitu buku berjudul “Antalogi Rasa” di bawah koordinasi Ayu
Widya.

Bagaimana
sih cara gabungnya?

“Enggak ada sih cara gabung yang
gimana-gimana gitu kak. Cara join-nya gampang aja. Yang penting doyan baca,
suka buku, mau diskusi juga. Terus kalau mau tahu kopdar kita, tinggal cek aja
akun kami @KlubBuku_MDN di situ banyak informasi seputar kegiatan kami,” papar
Putri.

Blog                : www.klubbukumedan.blogspot.com

HP/WA           :
0852 6701 4604 (Putri)

Anak
Medan masih kurang membaca, minatnya rendah, masih cuek dengan bacaan, terus
pengen kumpul-kumpul dan bebagi seputar baca dan nulis? Dengan Klub Buku Medan
kalian bisa kumpul sedikit-sedikit dan bertujuan untuk membanggakan Kota Medan
lewat nulis dan membaca – Klub Buku Medan –

Untuk Ketua Klub Buku Medan, terpilih Pujiasa Noriza, di tahun 2014 tepatnya di tanggal 12 Januari. Sekian! Komunitas Klub Buku Medan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *