Tips Menjadi Siswa Teladan

  • Whatsapp

Tips Menjadi Siswa Teladan – Tips menjadi siswa teladan tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu menjadi dirimu sendiri dan mengikuti aturan yang ada dan bersikap yang baik dan menghindar dari sikap yang buruk. Di bawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai tips menjadi siswa teladan:

Tips Menjadi Siswa Teladan

Menjadi Siswa Teladan dengan Mudah di Sekolah

Untuk menjadi siswa teladan tentunya kamu perlu mengetahui aturan sekolah dan juga ekspektasi sekolah terhadapmu. Ekspektasi merupakan apa yang sekolah harapkan pada kamu agar kamu bisa mencapainya. Setiap sekolah pasti memiliki aturan dan ekspektasi yang kurang lebih sama tapi juga terdapat bebedapa ekspektasi dan aturan yang memang berbeda.

Misalnya, di beberapa sekolah seorang siswa diharapkan dapat berperan aktif di kelas seperti dengan cara bertanya, memberikan pendapat, mengambil tanggung jawab yang bisa dilakukannya di kelas dan lain sebagainya. Nah, kamu perlu belajar secara perlahan untuk dapat memenuhi ekspektasi tersebut agar kamu bisa menjadi siswa teladan.

Selain itu, jika diaturan yang tertulis kamu perlu mengenakan pakaian yang sopan seperti rok di bawah lutut bagi perempuan, maka kenakanlah pakaian yang sesuai dengan syarat tersebut. Selain bisa menjadikanmu siswa yang baik dan taat aturan di sekolah, aturan pakaian tersebut juga bisa menyelamatkanmu dari kasus pelecehan seksual yang tidak diharapkan terjadi.

Tips menjadi siswa teladan yang selanjutnya adalah bangun hubungan yang baik dengan para guru. Hormati para guru dan juga sering-seringlah menyapa mereka. Apabila kamu menyukai cara mengajar gurumu maka sampaikanlah kepadanya, jika kamu mengalami kesulitan di pelajaran yang diajarkan guru tersebut maka sampaikanlah dengan baik. Bangun komunikasi yang baik sehingga guru bisa mengenalimu dan juga menyayangi murid yang sopan dan ramah sepertimu. Bukan berarti kamu sok kenal dan sok dekat dengan guru, tapi kamu sedang mengapresiasi kerja keras gurumu dalam mengajarkanmu berbagai ilmu pengetahuan.

Disamping menjalin hubungan yang baik dengan guru, kamu juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan teman-temanmu. Jika kamu memiliki kelebihan, maka jangan jadikan kelebihanmu itu menjadi kesombonganmu, tapi jadikan itu kesempatanmu untuk berbuat baik kepada teman. Misalnya jika temanmu meminta bantuan dan kamu bisa melakukannya, kenapa tidak membantu mereka. Siapa tahu nantinya kita membutuhkan bantuan mereka, bukan? Dengan berbagi banyak hal bersama teman dan bersyukur karenanya, kamu bisa menjadi siswa teladan di mata teman-temanmu.

Kunci dari menjadi siswa teladan bukan hanya melulu soal prestasi, tapi juga soal attitude atau sikapmu terhadap orang lain. Seringlah mengucapkan kata mutiara yakni kata syukur, terima kasih, permohonan maaf, kata apresiasi selamat dan senyuman kepada orang lain adalah inti dari tips Menjadi Siswa Teladan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *