Tips Ampuh Agar Baterai Android Awet

  • Whatsapp

Tips Ampuh Agar Baterai Android Awet – Kondisi baterai bagi pengguna smartphone Android sangat menjadi perhatian penuh dalam hal pemakaiannya. Kecanggihan yang ditawarkan smartphone Android akan kurang sempurna bila baterainya tidak tahan lama.

Oleh karena itu, untuk menjaga performa dari eksistensi pengguna smartphone Android, maka berikut akan disajikan tips ampuh agar baterai android awet seperti dilansir dari Zdnet. Dapat Anda simak dalam artikel ini.

Read More

Tips Ampuh Agar Baterai Android Awet

Jaga Suhu Ponsel Tetap Dingin

Jika ponsel terkena suhu panas, ada kemungkinan baterai melemah daya tahannya dan juga lebih cepat rusak. 

Karenanya, jangan biarkan ponsel terpapar suhu panas berlebihan atau terkena sinar matahari secara langsung. Baterai akan lebih awet jika ponsel digunakan dalam suhu kamar. 

Jika berada di luar ruangan, lebih baik jika ponsel ditaruh saja di dalam tas dan jangan terlalu banyak dikeluarkan.

Turunkan Brigthness Layar & Screen Timeout

Tips ini tampaknya sudah sering disampaikan, namun tetap perlu ditegaskan lagi. Layar memang komponen utama yang paling banyak menghabiskan daya tahan baterai.

Karenanya, penting untuk menurunkan tingkat brigthness atau kecerahan layar. Perlakuan ini dipastikan akan menambah daya tahan baterai.

Tentunya penurunan tingkat brigthness tidak perlu dilakukan sampai total seluruhnya. Turunkan sampai tingkat di mana mata masih dapat melihat layar dengan nyaman.

Selain tingkat brigthness, setting screen time out juga perlu diperhatikan. Setting ini mengatur berapa lama layar akan menyala jika tidak lagi disentuh.

Ada baiknya untuk mempersingkat waktu screen timeout. Sehingga layar akan segera mati jika tidak dipakai dan memperpanjang umur baterai.

Gunakan Power Saving Mode & Matikan Vibrasi

Sebagian ponsel Android punya power saving mode yang bisa diakses dalam setting. Sesuai namanya, power saving mode ditujukan untuk menghemat penggunaan baterai.

Jika power saving mode diaktifkan, ia akan melakukan beberapa teknik untuk menghemat baterai. Misalnya mematikan koneksi seperti Wi Fi atau Bluetooth, dan menurunkan kecerahan layar.

Power saving mode memiliki pengaruh cukup signifikan dalam performa ponsel. Jadi disarankan agar mengaktifkannya saat baterai terindikasi mulai melemah.

Mengaktirkan mode getaran atau vibrasi untuk mengingatkan panggilan atau notifikasi lain juga cukup haus baterai. Jika tidak diperlukan, sebaiknya mode vibrasi tidak dipergunakan.

Matikan Koneksi yang Tidak Perlu

Ponsel Android biasanya penuh dengan konektivitas. Termasuk Wi Fi, Bluetooth ataupun GPS. Ketiganya menurunkan daya tahan baterai yang tidak sedikit.

Maka jika tidak digunakan, ada baiknya ketiga fitur tersebut dimatikan saja. Misalnya Bluetooth digunakan hanya saat akan mentransfer data atau memakai bluetooth headset.

Dan GPS hanya perlu diaktifkan jika akan mencari arah. Dan Wi Fi hanya dinyalakan jika sudah berada di tempat yang dipastikan punya sinyal Wi Fi.

Perhatikan Penggunaan Flash & Wallpaper

Penggunaan flash di kamera memakan daya tahan baterai cukup besar. Karenanya, jangan terlalu keasyikan memakainya untuk memperpanjang daya baterai.

Demikian juga wallpaper animasi. Memang memakai wallpaper animasi terasa lebih keren dan lebih menarik dibandingkan wallpaper statis.

Namun wallpaper bergerak mengahbiskan baterai lebih cepat ketimbang wallpaper statis. Gunakan hanya saat dibutuhkan, untuk kasus ini mungkin hanya pada saat ingin dipamerkan ke teman.

Stop Mencari Sinyal

Ada kalanya pengguna smartphone berada di area yang susah sinyal. Dalam keadaan ini, ponsel tetap akan secara aktif mencari sinyal.

Proses pencarian sinyal tersebut memakan daya tahan baterai yang tidak sedikit. Sehingga jika tidak benar-benar dibutuhkan, ponsel dimatikan saja atau dipindah ke flight mode sehingga proses pencarian sinyal dihentikan.

Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaru 

Easy Baettery Saver

Anda dapat menyimpan baterai dan memperpanjang masa pakai baterai Android.

Menunjukkan informasi lengkap tentang baterai termasuk tenaga baterai yang tersisa, kapasitas baterai yang tersisa, waktu bicara, web surfing dan banyak lagi.

Menyediakan, pelacak konsumsi pilihan, yang memberitahu tingkat konsumsi, besar.

Menyediakan, tutorial, yang menggambarkan semua, rekomendasi untuk menghemat baterai.

Muncul dengan modus penghemat daya yang beragam yang meliputi modus normal, modus hemat daya umum, kekuasaan cerdas mode hemat dan modus hemat daya super.

Anda bahkan dapat beralih ke “mode disesuaikan Advanced” di mana Anda dapat menyesuaikan mode daya hemat dengan pilihan Anda.

JuiceDefender – Battery Saver

5 Preset Profil (dari mode default untuk kustomisasi penuh)

Antarmuka Pengguna yang Mudah dan intuitif

2G/3G beralih secara otomatisasi

WiFi otomatisasi beralih + Auto-Menonaktifkan opsi

Lokasi-sadar WiFi Kontrol (misalnya memungkinkan WiFi hanya di rumah / kerja, menonaktifkannya lain)

Konsumsi Baterai Optimization (misalnya ketika layar off, baterai di bawah ambang, dll)

Konektivitas Control untuk Aplikasi Spesifik dengan modus Pelatihan Interaktif

CPU scaling saat ponsel idle

Brightness kontrol cerdas

Bluetooth kontrol otomatis.

Battery Dr saver + a Task Killer

Tampilkan info baterai, temperatur, waktu bicara dll.

Otomatis enyesuaikan kecerahan layar (volume), matikan wifi, gps, bluetooth, Auto-sync dll.

Membantu Anda untuk meningkatkan masa pakai baterai.

Manajemen Power (Baterai Manajemen), Baterai Notifier, Baterai Monitor, Power Control.

Menampilkan Penggunaan Baterai

Indikator baterai

Reset Ulang Profil Baterai.

One Touch Battery Saver

Baterai Monitor, menunjukkan status baterai dan penggunaannya secara rinci.

Switching & mengelola Wifi, bluetooth, GPS, latar belakang cahaya, suara, sinkronisasi dalam satu sentuhan, menghemat baterai dengan efisiensi.

Self-Customized Saving Mode, pengguna dapat menyesuaikan pengaturan hemat baterai secara bebas sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Battery Usage Setting, akan menyesuaikan status penggunaan baterai secara otomatis untuk memonitor masa pakai baterai agar lebih akurat.

Tersedia 3 mode baterai yang berbeda untuk memilih

Tab widget: dilengkapi dengan 2 gaya (1×1, 2×1),memungkinkan Anda untuk mengaktifkan aplikasi dengan satu sentuhan! Mudah dan cepat.

Battery Defender-Battery Saver

Otomatis, hanya tinggal mengaktifkannya.

Menunjukkan persen baterai di bar pemberitahuan.

Switch wifi / gps / data / bluetooth secara cepat.

Demikianlah Tips Ampuh Agar Baterai Android Awet, semoga dengan sajian informasi yang ada, mampu memaksimalkan peran dalam berselancar menggunakan smartphone Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *