Tata Kota Menjadi Penyebab Banjir di Medan

  • Whatsapp

Berita Banjir di Medan – Beberapa minggu yang lalu memang telah hilang dari berbagai media baik itu online maupun cetak. Tapi bukan berarti masalah itu selesai baik air yang menguap karena terkena terik matahari. 

Pemerintah khususnya dan masyarakat pada umumnya harus memikirkan dampak dari banjir besar itu dan juga bagaimana menanganinya ke depan. Jika terus dianggap remeh dan tidak diperhatikan secara seksama, bisa saja terjadi banjir besar di kemudian hari. 

Read More

Pemerintah dan Masyarakat Harus Bekerjasama Menangani Banjir di Medan

Pemerintah dan masyarakat perkotaan di Medan yang kini mulai cuek dengan lingkungan harus duduk bersama memecahkan masalah pelik ini. Jika tidak ada dukungan dari semua pihak, masalah tersebut mustahil akan selesai. Bisa jadi banjir akan menjadi bencana tahunan di Medan, padahal dalam kenyataannya selama lima tahun ini Medan terus dilanda banjir.

Tata Kota Penyebab Banjir di Medan https://www.ceritamedan.com/

Tata Kota Menjadi Penyebab Banjir di Medan 

Menurut beberapa pakar musibah banjir di Medan yang terjadi terus menerus selama kurun waktu 5 tahun ini disebabkan oleh tata kota yang sangat kacau. pemerintah dirasa kurang begitu tegas menindak oknum-oknum yang berbuat nakal seperti mendirikan bangunan di atas parit. Akibatnya banyak saluran mampet dan akhirnya membuat air dari hujan tidak bisa mengalir dengan lancar. Belum lagi masalah bangunan liar yang makin hari makin bertambah saja di bantaran sungai membuat lebar sungai semakin menyempit. Keadaan sungai yang terus memprihatinkan ini diperparah dengan kebiasaan masyarakat membuang sampah secara sembarangan. Akibatnya sungai semakin sempit dan alirannya terhambat karena volume sampah yang terus meningkat.

Keadaan tersebut diperparah dengan buruknya kondisi perbukitan di sekitar kota Medan seperti di daerah Deli Serdang dan juga Tanah Karo. Pohon yang menjadi pelindung utama agar air bisa terserap dengan baik ke tanah kini sudah hilang entah ke mana. Bukit menjadi gundul dan airpun kini tak bisa diserap oleh tanah dengan sempurna. Akibatnya hujan satu hari saja, kawasan Medan bisa terjadi banjir yang cukup besar. 

Masalah banjir di Medan sebenarnya bisa diatasi dengan mudah jika semua orang memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungannya. Pemerintah bisa dengan tegas menindak masyarakat yang melanggar dengan tegas. 

Untuk apa peraturan dibuat kalau tidak untuk ditegakkan? 

Jadi pemerintah harus tegas dengan memberikan sangsi bagi siapa saja yang membangun bangunan di dekat sungai. Selain itu perlu juga diberikan sangsi kepada siapa saja yang membuang sampah sembarangan seperti di sungai. Untuk memperkuat pemerintah kota Medan bisa membuat peraturan daerah sehingga memiliki kekuatan hukum. 

Jika pemerintah bisa bertindak tegas, maka masyarakat lambat laun akan sadar dengan sendirinya sehingga lingkungan yang bersih serta terhindar dari banjir akan terwujud dengan sendirinya. Dengan begitu agenda banjir di Medan yang terjadi setiap musim penghujan tidak akan terulang lagi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *