Yuk Mengenal Perda Kota Medan

  • Whatsapp

Perda kota Medan – Berbicara mengenai pembangunan pemerintahan daerah, salah satu komponen yang tidak akan terlupakan adalah peraturan daerah atau biasa disebut dengan perda. Semua daerah baik itu dari tingkat provinsi, kota ataupun kabupaten memilikinya. 

Begitu juga dengan kota Medan, sebagai kota besar terus menunjukkan perkembangannya yang begitu pesat perda kota Medan menjadi sebuah aturan bagi siapa saja yang tinggal di kota itu. Sebagai mana fungsi dari perda tersebut yaitu untuk mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan pemerintahan, perda menjadi pedoman karena pada hakikatnya masyarakat tinggal di bawah kekuasaan sebuah daerah. Jadi sudah pasti ada peraturan yang ditegakkan agar semuanya berjalan dengan lancar.

Read More

Perda Kota Medan



Fungsi Perda Kota Medan

Ada beberapa fungsi dari adanya perda kota Medan tersebut. Sebenarnya tidak hanya khusus kota Medan saja karena pada hakikatnya semua daerah memiliki perda sendiri-sendiri dan itu memiliki fungsi yang sama satu dengan lainnya. Perbedaannya hanya pada implementasi dari perda tersebut yang disesuaikan dengan kondisi baik alam maupun sosial di daerah di mana perda itu diterapkan.

Menurut pakar hukum Bambang Palasara, peraturan daerah yang sekarang lebih dikenal dengan perda itu memiliki kekuatan hukum yang kuat karena sudah diatur oleh pemerintah pusat yang tertulis jelas dalam Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di dalam pasal ke-18 ayat 6. 

Dari dasar Undang-Undang Dasar tersebut dapat disimpulkan bahwa peraturan daerah memiliki beberapa fungsi. Yang pertama berfungsi sebagai salah satu bagian yang mengatur kebijakan otonomi daerah baik itu masalah perkembangan pembangunan ataupun yang lainnya. Fungsi yang kedua perda membantu mewujudkan kemajuan daerah melalui program otonomi bersifat kedaerahan sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indoesia Tahun 1945. Fungsi yang ketiga perda sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat dalam memajukan daerah tersebut. Akan tetapi aspirasi tersebut tidak boleh bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Negara dan harus berlandaskan Pancasila. Dan fungsi keempat adalah perda kedudukannya sebagai sebuah peraturan pelaksanaan dari peraturan yang lebih tinggi yaitu peraturan pemerintah pusat. 

Secara tidak langsung maka perda kota Medan dan kota-kota lainnya harus sejalan dengan peraturan pemerintah pusat, meskipun bisa disesaikan dengan keadaan di daerah tersebut.

Untuk mengetahui apa saja perda kota Medan, masyarakat kota Medan khususnya bisa langsung mengunjungi di laman situs pemerintah kota Medan www.pemkomedan.go.id. Di dalam situs itu akan ditemukan menu produk hukum. Di sanalah kumpulan perda kota Medan bisa ditemukan. Jika dicermati secara teliti, ada satu kali dikeluarkannya peraturan daerah di kota Medan pada tahun 2013 yang mengatur masalah tarif tol terbaru. 

Perda kota Medan ini menjadi pedoman pemerintah kota Medan dalam menjalankan setiap keputusan di dalamnya yang mana sudah disepakati oleh pemerintah kota dan para anggota DPRD kota Medan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *