Fakta Unik Tentang Google Yang Belum Anda Ketahui

  • Whatsapp

Fakta Unik Tentang Google – Jutaan kisah jutaan cerita mengenai asal muasal nama Google yang selama ini sudah hampir semua negara mengetahui keberadaannya. Cerita awalnya, Larry dan Sergey memutuskan bahwa mesin telusur BackRub memerlukan nama baru. Setelah bertukar pendapat, mereka akhirnya menggunakan nama Google plesetan kata “googol,” sebuah istilah matematika untuk bilangan yang direpresentasikan dengan angka 1 yang diikuti 100 nol. Penggunaan istilah itu mencerminkan misi mereka untuk mengatur jumlah informasi di web yang terasa tidak terbatas.

Fakta Unik Tentang Google

Read More

Google merupakan salah satu perusahaan digital yang gencar mengakuisisi startup yang berpotensi . Di antaranya, YouTube, Android, Motorola Mobility, Pyra Labs yang mengembangkan Blogger, serta Keyhole Inc yang melahirkan layanan Google Maps dan Google Earth. 

Hingga kini, sudah ada ratusan startup (perusahaan rintisan) yang diakuisisi oleh Google. Sejak 2010, jika dirata-rata, maka Google telah mengakuisisi lebih dari satu perusahaan setiap minggu.

Halaman muka Google tampil bersih sejak kali pertama beroperasi karena dulu kedua pendirinya tidak menguasai HTML. Page dan Brin juga menginginkan mesin pencari dengan antarmuka yang ringkas. Karena itu, pencarian melalui Google dibuat sederhana. Pengguna cukup menekan tombol Enter setelah memasukkan kata kunci pencariannya. 

Hingga kini, tampilan homepage Google yang bersih, hanya menampilkan logo dan kotak pencarian, tetap dipertahankan.

Masih ada fakta-fakta menarik lainnya. Indeks pencarian Google memiliki ukuran raksasa, yakni lebih dari 100 juta gigabyte. Dengan kata lain, butuh lebih dari 100.000 hard disk personal berukuran 1 terabyte untuk menyimpan indeks pencarian itu. 

Untuk menampilkan informasi pada aplikasi Street View yang merupakan bagian dari Google Maps, jika ditotal, maka Google telah memotret jalan sepanjang 5 juta mil atau 8,046 juta km. 

Pada tahun 2012, Google telah menemukan lebih dari 30 triliun URL unik di web. Coba bandingkan dengan jumlah URL unik pada tahun 2008, yang hanya berjumlah 1 triliun! 

Google dikenal sebagai perusahaan digital paling besar dan paling penting di dunia. Namun ternyata, masih ada kesalahan kode di halaman muka Google.

Alasan pertama mengapa halaman utama Google sangat minim untuk ukuran website adalah karena perancangnya kurang menguasai HTML dan menginginkan sebuah halaman yang cepat dan praktis.

Dari homepage yang serba kurang tersebut, banyak orang merasa ada elemen yang belum diloading sehingga mereka menunggu saja. Akhirnya perancang webnya menampilkan pesan copyright untuk menandakan halaman telah diloading seluruhnya.

Google memulai start-nya pada 1996, sebagai sebuah proyek penelitian di Stanford University yang dikerjakan oleh kandidat Ph.D: Larry Page dan Sergey Brin. Saat itu keduanya baru berumur 24 dan 23 tahun.

Nama ‘Google’ adalah sebuah ketidaksengajaan. Hal itu disebabkan karena kesalahan eja yang dilakukan oleh salah satu dari dua orang di atas untuk istilah matematika ‘Googol’.

Googol adalah istilah satuan dalam matematika. 1 Googol = 1.0 x 10^100, atau 1 yang diikuti dengan 100 angka 0 dibelakangnya. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Milton Sirotta, keponakan dari matematikawan Amerika Edward Kasne.

Google memiliki lebih dari 450.000 server, yang terbagi dan tersebar di berbagai data-center di penjuru dunia.

97% dari pendapatan Google berasal dari jasa periklanan/advertising.

Setiap detik, Google mendapatkan penghasilan sekitar 700 dollar. Bayangkan, dalam 1 hari saja sudah berapa uang yang berhasil mereka peroleh.

Apakah Anda familiar dengan tombol “I’m feeling lucky” yang terdapat pada halaman utama Google? Kenyataannya, tombol tersebut sama sekali hampir tidak pernah digunakan. Namun dalam penelitiannya, menghilangkan tombol tersebut berpengaruh banyak terhadap pengunjung Google. User ingin tombol tersebut tetap ‘ada’, karena mereka cukup nyaman dengan keberadaan tombolt tersebut, walaupun tidak pernah digunakan.

620 juta orang mengunjungi Google.com setiap harinya. Dan Google memproses 20 Petabyte data/informasi setiap harinya.

Ruang kerja pertama Google adalah di garasi milik Susan Wojcicki yang terletak di 232 Santa Margarita, Menlo Park.

Craig Silverstein adalah karyawan pertama yang bekerja di Google. Dia juga lulusan ilmu komputer dari Stanford.

Google memiliki lebih dari 3.000 staf bertaraf dunia yang disebut dengan Googlers. Kantor pusat mereka disebut Googleplex.

Tidak ada batasan untuk pakain kerja di setiap kantor Google. Karyawan bahkan diperbolehkan menggunakan piyama atau kostum superhero saat bekerja.

Per 2011, seluruh karyawan Google berjumlah 31,353 dan pada tahun yang sama, Google berhasil mengumpulkan pendapatan sejumlah $7,032,000,000.

Semua huruf yang digunakan untuk setiap kata ‘Google’ merupakan hak paten miliki Google. Menurut berbagai sumber, Google akan membeli beberapa hak paten lagi untuk beberapa huruf lainnya, untuk ‘menambah variasi tulisan Google’ milik mereka.

Pada saat baru berdiri, Google mengindex 25.000 halaman web. Saat ini, Google mengindex miliaran halaman web dan setiap saat selalu meningkat 10% – 25%.

Diakui oleh mereka, perubahan terbesar dan paling berpengaruh adalah ketika mereka memperkenalkan fitur “Did you mean…?” untuk memperbaiki kesalah ketik saat melakukan pencarian. Fitur ini meningkatkan trafik Google hingga dua kali lipat.

Penempatan “Did you mean…?” membutuhkan perdebatan yang sangat panjang, walaupun akhirnya diputuskan bahwa penempatan yang paling ideal adalah dibawah hasil pencarian.

Google memiliki jaringan penerjemah terbesar di dunia.

Google selalu memperhatikan bagaimana cara user menggunakan search enginenya. Jadi, setiap anda menggunakan Google, itu selalu dimonitor oleh Google.

Segala email yang anda kirim ke Google akan dibaca dan direspon, jadi mengirim email ke Google bukanlah mengirim email ke lubang hitam yang tak jelas.

Gmail ternyata telah digunakan secara internal oleh Google sebelum dilaunch ke publik.

Karyawan Google diberi 20% dari waktu kerja mereka untuk mengembangkan proyek mereka sendiri. Google news dan Orkut adalah hasil nyata dari kerja model ini.



Kata Kunci Google Yang Belum Anda Ketahui, mungkin..

Do A Barrel Roll

Ingin merasakan seperti apa rasanya terbang dengan jet tempur sembari mencari sesuatu di internet? Ketik ‘do a barrel roll’ pada bar pencarian Google dan saksikan seluruh laman akan berjumpalitan.

What Is The Loneliest Number?

Jangan takut menanyakan pertanyaan sulit pada Google. Ketik query ‘What is the loneliest number’ dan Google akan menjawab ‘1’. Kalkulator akan memberi jawaban sama saat Anda mengetik query ‘the answer to life, the universe, and everything’ dan ‘the number of horns on a unicorn’.

Askew

Saat mengetik query ini, Google akan mejadi sedikit mabuk.

Google Gravity

Lelah dengan Google yang tak memiliki berat? Masuk ke Google Earth dan masuki ‘Google gravity’ dan klik ‘I’m feeling lucky’. Saat bar pencarian, tombol dan logo jatuh ke bawah laman, Anda bisa melempar-lemparkannya di sekitar laman cukup dengan mengklik, drag dan melepasnya.

Recursion

Anda tahu saat masuk kamar mandi dengan banyak cermin dan saat berbalik, melihat pantulan diri seolah tak terbatas? Ini disebut recursion. Menurut Merriam-Webster, kata ini berarti ‘prosedur yang bisa diulang-ulang’. Pada Google, saat Anda mencari kata ini, Anda akan dibawa kembali dan kembali ke laman baru di mana hal ini seolah tak ada hentinya.

Where Is Chuck Norris?

Google akan memberi Anda laman kosong saat Anda mengklik “I’m Feeling Lucky” untuk mencari query tersebut. Pengguna akan diarahkan pada laman www.NoChuckNorris.com yang menampilkan teks dengan tulisan ‘Google tak akan mencarikan Chuck Norris karena Google tahu Anda tak mencari Chuck Norris, ia yang mencari Anda’. Laman ini juga memberi pengguna pilihan untuk mencari ‘laman dari jenggot Chuck’.

Once In A Blue Moon

Google Calculator juga mengembalikan pertanyaan sulit Anda. Ketik query ‘baker’s dozen’ dan kalkulator Google akan mengembalikannya dengan ‘13’. Mencari ‘once in a blue moon’ akan memberi Anda sejumlah angka komik kecil.

Google sphere 

Ketikkan kata google sphere pada kotak pencarian Google, tapi jangan menggunakan enter, atau klik Search (penelusuran). Tapi gunakan tombol I’m feeling lucky, (Saya lagi beruntung). Goole memberikan tampilan yang mengejutkan,Isi navigasi dan kontent seolah benda yang terbawa terbang berputar oleh angin cumulus.

Investasi Google Paling Aneh Yang Belum Anda Ketahui


Mungkin anda pernah mendengar Google berhasil membeli (akuisisi) Youtube, Blogger, Picnik, dll dan juga sempat berniat untuk membeli Twitter.Hal ini terdengar wajar karena Google memang berkeinginan meningkatkan expansinya di dunia web.

Tapi tahukah anda selain gencar melakukan expansi di dunia internet ternyata Google juga melakukan investasi di bidang bisnis lain. Beberapa memang bisa dimengerti dan menguntungkan Google namun ada juga yang aneh dan unik.

Google bertekad menggunakan sumber energi yang bersih dan ramah lingkungan, dan Google menghabiskan uang US$ 38,8 juta untuk membangun pembangkit tenaga listrik bertenaga kincir angin yang dibangun di North Dakota (169.5 MW) dan Iowa (100 MW) oleh perusahaan energi NextEra.

Meskipun terdengar terlalu mahal, Google ternyata sangat pintar, selain mendapatkan sumber energi yang ramah, dilain pihak Google juga akan potongan intensif pajak karena menggunakan energi yang ramah lingkungan.

Google melakukan penjualan energi yang didapat dari pembangkit kincir angin miliknya di spot market dengan menjual listrik 114 megawatt. Google menjual listrik bertenagakan angin

Pembaca Cerita Medan ungkin heran kenapa Google menjual energi listrik milik mereka dan tidak menggunakannya sendiri untuk data center Google. Ini karena pembangkit listrik Kincir Angin milik Google berlokasi di negara bagian Iowa, sementara Google tidak memiliki data center didaerah tersebut.

Agustus 2010, Google mengumumkan investasi sebesar US$ 86 juta untuk pembangunan perumahan masyarakat menengah kebawah. Disinyalir langkah ini ditempuh untuk menurunkan pajak tahunan yang harus dibayarkan Google (di Amerika akan mendapat potongan pajak bila melakukan kegiatan amal)

Ini kurang bisa disebut investasi, karena memang tidak mahal dan bisa disebut wajar. Google ternyata memperkerjakan seorang karyawan yang bertugas sebagai peternak lebah yang mengurus 4 sarang lebah di kawasan kantor Google. Kepala koki Google beralasan pasokan madu segar sangat penting dalam menu keseharian karyawan.

Investasi Google yang ini sulit dimengerti / sangat gila, Shweeb sebagai perusahaan yang membuat alat transportasi mirip monorail dimana menempatkan orang didalam tabung yang akan bergerak bila orang tersebut menggerakkan kaki mereka seperti saat naik sepeda.

Google mengeluarkan US$ 1 juta ke Shweeb hanya untuk menyelidiki apakah alat tersebut dapat digunakan sebagai sarana transportasi di kawasan kantor Google.

Google membangun jaringan internet super cepat (serat optik) di negara bagian Kansas City. Alasannya ? Perwakilan Google mengatakan investasi itu ditujukan supaya orang-orang dapat menikmati akses internet supercepat.

Google menginvestasikan uang sebesar US$ 500 juta di Clearwire (perusahaan ISP) beberapa tahun kebelakang.

Saat itu Google berkilah Clearwire akan menyediakan konsumen dengan pilihan applikasi, content, dan headset yang mereka inginkan. Entah bagaimana investasi ini bertimbal balik kepada Google, yang pasti Google tidak pernah lagi menginvestasikan uangnya ke Clearwire.

Google serius dalam penerapan sumber energi yang ramah lingkungan, dikabarkan Google berinvestasi US$ 10 juta untuk pembangunan prototype panel sinar matahari (solar panel) yang diharapkan mampu mengurangi biaya energi matahari sampai setengahnya.

Google menggelontorkan uang US$ 30 juta untuk membiayai pengiriman robot ke bulan yang akan berjalan 500 meter di bulan dan mentramisikan gambar dan video ke bumi melalui projek mereka Google Lunar X Prize. Yang satu ini lebih merupakan ambisi pribadi para pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page

Google ternyata tidak beda jauh dengan Indonesia dalam budaya KKN. Google menginvestasikan US$ 3,9 juta ke 23andMe yang merupakan istri dari pendiri Google (Sergey Brin).

Uang tersebut langsung digunakan oleh 23andMe, untuk membayar utang sebesar US$ 2,6 juta yang merupakan pinjaman pribadi dari Sergey Brin.

Fakta Rahasia Tentang Google Earth Yang Belum Anda Ketahui

Google Earth menawarkan lebih banyak hal yang tidak ada di Google Maps. Namun untuk menggunakan Google Earth, diperlukan terlebih dahulu untuk mengunduh aplikasinya dari earth.google.co.uk. 

Google Earth menawarkan user interface (UI) atau desain antarmuka yang lebih ciamik dibandingkan Google Maps. Seperti penampakan tampilan dari satelit, bahkan untuk luar angkasa seperti Bulan dan planet Mars.

Google Maps Street View bisa ditampilkan dalam 3D.

Ada juga simulasi penerbangan di Google Earth. Pilih ‘Enter Flight Simulator’ dari menu Tools, kemudian pilih jenis pesawat dan lokasinya. Klik pula Ctrl-H untuk beralih ke mode Help.

Google Maps juga bisa menelusuri bawah tanah, yakni dua lokasi di gua Akiyoshi-do, Jepang dan juga beberapa bagian hutan hujan Amazon.

Untuk beberapa wilayah di Britania Raya, Google Maps bisa menunjukkan kondisi lalu-lintas. Yang perlu dilakukan hanya mengklik menu Traffic di bagian kanan atas peta, maka akan segera ditampilkan kondisi lalu-lintasnya.

Ada beberapa wilayah yang tidak terjangkau oleh Google Maps, seperti Korea Utara.

Aplikasi Google Maps di perangkat berbasis Android dapat digunakan secara offline. 

Pengguna dapat ikut berkontribusi dalam Google Maps, seperti pemberian koreksi, nama rute, jalan, deskripsi, serta foto wilayah (http://www.google.com/mapmaker)

Pengguna juga dapat menciptakan model 3D di Google Maps atau Google Earth, dengan menggunakan SketchUp atau Building Maker.

Fungsi Rahasia Google Yang Belum Anda Ketahui

Google, Bukan sebagai mesin pencarian saja. Tetapi ternyata google mempunyai fungsi lain. Fungsi rahasia google ini umumnya tidak diketahui banyak orang, namun disini kami akan memberikan fungsi lain dari google selain sebagai mesin pencari saja.

Gunakan Google sebagai kalkulator:

Google telah memiliki built-in calculator, dengan memasukkan kunci perhitungan seperti ini Contoh:

270 * (55 / 5 + 3),

anda akan melihat hasilnya:

270 * ((55 / 5) + 3) = 3 780

komputer anda juga telah dilengkapi calculator,  tetapi jika anda hanya tinggal mengetik perhitungan anda saja ke dalam kotak pencarian browser, maka tentu saja hal ini jauh lebih cepat daripada membuka aplikasi calculator anda.

Gunakan google sebagai alat pemeriksa ejaan.

Jika anda tidak yakin mengenai ejaan suatu kata, cukup masukkan kata ke google, ini adalah cara yang cepat untuk melihat apakah anda memiliki ejaan yang benar. Jika tidak benar, Google akan menyarankan ejaan kata yang benar. Selain itu, jika anda ingin mendapatkan definisi dari suatu kata, anda dapat menggunakan “define:” Hal ini untuk mengfungsikan Google sebagai kamus. Contoh penulisannya:

define: Parasympathetic

Gunakan kata “site:” untuk membatasi pencarian ke situs tertentu.

Banyak situs telah built-in tools pencarian tapi sebagian besar tidak dapat merespon dengan hasil yang sesuai dengan yang anda cari. Misalnya anda mencari Makanan Unik di situs sumpahfakta.blogspot.com, anda dapat mencoba untuk mencari dengan cara ini: Makanan Unik site:sumpahfakta.blogspot.com

Semua posting dengan kata kunci Makanan Unik akan muncul dalam hasil pencarian.

Mengecek waktu pada saat yang bersamaan di wilayah / negara lain.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengecek waktu saat ini suatu negara atau kota lain dimanapun juga, sehingga anda tidak tidak salah waktu ketika anda menelepon seseorang, atau untuk urusan penting lainnya. Untuk mengecek waktu, cukup masukkan “time” diikuti dengan nama kota/wilayah. Sebagai contoh:

time California

Sebagai alat konversi mata uang yang cepat.

Google juga dapat melakukan konversi mata uang, misalnya: 150 pounds in dollars

Menganalisa kata kunci pada situs tertentu

Hal ini dapat berguna jika Anda sedang melakukan suatu pencarian, tapi Anda tidak yakin kata kunci apa yang tepat untuk dimasukkan ke mesin Google. Anda dapat menggunakan kata kunci “site:” Misalnya, Anda bisa mencoba pencarian ini: “creative ideas” site:sumpahfakta.blogspot.com

Memberi pengecualian khusus pada kata yang diberi tanda ‘ – ‘

Anda dapat mempersempit pencarian Anda dengan menggunakan tanda tersebut. Misalnya, jika Anda mencari informasi tentang David Beckham tetapi tidak ingin tahu apa-apa tentang Victoria, Anda dapat mencoba: “david beckham” –victoria

Mencari dokumen yang spesifik

Google dapat mencari di web untuk jenis file-file tertentu dengan menambahkan tanda “:” Jika Anda sedang mencari file PowerPoint tentang Make Money Online, misalnya, Anda dapat mencoba:

Make money online filetype:PPT

Mencari dalam rentang numerik tertentu dengan menggunakan tanda “..”

Jika Anda ingin mencari informasi tentang Piala Dunia Sepak Bola peristiwa yang terjadi di tahun 1980-an, Anda bisa menggunakan pencarian ini:

World cup soccer 1980..1990

Mencari kode area telepon

Pengen tahu kode area telepon tertentu? Google bisa memberitahu Anda dan bahkan juga bisa menunjukkan peta wilayah tersebut. Sebagai contoh, ketikkan: 415

Orang Paling Dihormati Oleh Google Yang Belum Anda Ketahui

Sejak tahun 2002, Google International telah memberi penghormatan kepada 26 orang bersejarah dengan mengubah versi logo Google, dan ditampilkan seharian pada homepage Google di seluruh dunia. Berikut daftar 10 orang terkenal yang kelahirannya dirayakan oleh Google.

1. Samuel Morse

(1791 – 1872) Seorang pembuat enkoding listrik yang sangat terkenal karena penemuanya.

Gambarnya Ditampilkan di homepage Google pada tanggal 27 April 2009

2. René Magritte

(1898-1967) Seniman surrealist Belgia, terkenal dengan gambar-gambarnya yang pintar, jenaka dan menghibur.

Gambarnya Ditampikan di homepage Google pada tanggal 21 Nopember 2008.

3. Marc Chagall

(1887-1985) Seniman Yahudi moderen Rusia. Ia adalah pelopor seni moderen dan salah satu dari seniman-seniman paling berhasil di abad 20.

Gambarnya Ditampikan di homepage Google pada tanggal 7 Juli 2008.

4. Diego Velázquez

(1599-1660) Seniman pelukis dan potret asal Spanyol, banyak dari lukisan terkenalnya diabadikan dari makna budaya dan sejarah, raja-raja serta figur-figur orang Eropa terkemuka sepanjang waktu.

Gambarnya Ditampikan di homepage Google pada tanggal 6 Juni 2008.

5. Walter Gropius

(1883-1969) Arsitek Jerman, pendiri dari Bauhaus dan pelopor arsitektur modern.

Gambarnya Ditampikan di homepage Google pada tanggal 18 Mei 2008.

6. Alexander Graham Bell

(1847-1922) Ilmuwan dan penemu terkenal, diantaranya menemukan telepon.

Gambarnya Ditampikan di homepage Google pada tanggal 3 Maret 2008.

7. Luciano Pavarotti

(1935-2007) Penyanyi opera Italia, bagian dari “The Three Tenors” dan salah satu penyanyi paling terkenal di dunia.

Gambarnya Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 Oktober 2007.

8. Yuri Gagarin

(1934-1968) Cosmonaut Soviet yang merupakan manusia pertama di ruang angkasa dan orbit bumi

Gambarnya Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 April 2007.

9. Edvard Munch

(1863-1944) Pelukis symbolist dari Norwegia, yang dikenal dengan seni expressionisticnya. Lukisannya “The Scream” adalah karya yang paling dapat dikenal di dalam semua aliran seni (dan inilah alasan bagi Google menggunakannya sebagai thema logo ).

Gambarnya Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 Desember 2006.

10. Sir Arthur Conan Doyle

(1859-1930) Pengarang Inggris yang terkenal dengan roman-romannya tentang Sherlock Holmes, salah satu dari tokoh-tokoh imaginasi yang paling terkenal sepanjang waktu.

Gambarnya Ditampikan di homepage Google pada tanggal 22 Mei 2006.

Demikianlah artikel Fakta Unik Tentang Google yang disadur dari beberapa sumber seperti ghoezt, sumpahfakta, kompas, dan lainnya. Semoga dengan sajian yang diberikan dapat menambah ilmu pengetahuan para pembaca Portal Cerita Medan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *