Dinas Pendidikan Medan Siap Menggunakan SIAP

  • Whatsapp

Dinas Pendidikan Medan Siap Menggunakan SIAP – Diknas Medan merupakan salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan. Pasalnya struktur organisasi pendidikan dari bawah yaitu sekolahan haruslah ada Dinas Pendidikan yang menaunginya. Dinas Pendidikan untuk setingkat Sekolah Dasar sudah ada cabangnya yang dibagi setiap kecamatan. Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan juga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) struktur organisasinya langsung ke Dinas Pendidikan di kabupaten atau kota tempat sekolah itu berada. 

Sebagai komponen penting dalam dunia pendidikan yang pastinya menyangkut masalah generasi muda ke depan, para pegawainya dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman yang salah satunya adalah kemajuan teknologi yang sangat pesat.

Read More

Dinas Pendidikan Medan Siap Menggunakan SIAP





Diknas Medan Kini Mudah Melakukan Pendataan

Masalah krusial yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan di berbagai wilayah, tak terkecuali Diknas Medan adalah masalah pendataan baik sekolah, siswa maupun tenaga pengajar. Data yang masuk ke kantor Diknas masih belum bisa disatukan dengan rapi sehingga mempersulit pendataan. Sehingga tak heran jika sistem administrasi dunia pendidikan masih belum tertapa dengan rapi. Karena administrasi yang belum tertata rapi inilah sering kali berbagai kendala di dunia pendidikan ditemukan. Mulai dari data siswa yang tidak akurat dan berbagai kendala lainnya. Padahal sistem informasi itu berperan penting dan akan berpengaruh terhadap beberapa hal ke depannya.

Mengatasi masalah yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan termasuk juga Diknas Medan, Telkom sebagai perusahaan milik negara yang membidangi masalah informasi teknologi menawarkan kemudahan dalam hal administrasi yang akan tertata rapi. Pihak Dinas Pendidikan akan mendapatkan formulir yang berisi tentang berbagai hal mengenai sekolah. Data itu akan diisi oleh sekolah dan Dinas Pendidikan tinggal mengolahnya menjadi sebuah file. Ke depannya data sekolah yang terdiri dari daftar murid dan juga tenaga pendidik lebih mudah lagi dikelola. 

Telkom menawarkan program Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan yang disingkat menjadi SIAP. Sistem yang dibangun dengan begitu rapi ini akan disebarluaskan ke seluruh komponen pendidikan baik Diknas maupun sekolahan sebagai induknya. Diknas Medan sendiri saat ini telah memanfaatkan SIAP dengan perlahan. Kita bisa melihat dengan adanya perubahan website Diknas Medan yang pada awalnya beralamatkan di www.disdik.pemkomedan.go.id kini sudah diubah ke www.medan.siap.web.id. Website yang lama sudah tidak bisa dibuka dan kini sudah berpindah ke rumah baru. Meskipun pada tampilan website terbaru belum sepenuhnya sempurna, tapi di bagian database sudah tercantum daftar sekolah baik itu dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTs maupun SMA/SMK/MA. Semua data sekolah sudah bisa tersaji dengan rapi. Inilah yang coba diperbaharui oleh Telkom dengan program SIAP, agar masalah administrasi yang tidak kunjung beres bisa terpecahkan. 

Dengan upaya Diknas Medan menggunakan SIAP tersebut, maka ke depan pendataan baik itu siswa maupun tenaga pendidik akan lebih mudah lagi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *