Car Free Day Medan

  • Whatsapp

Car Free Day Medan – Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau kita lebih mengenalnya sebagai Car Free Day (CFD). Tujuan dicanangkannya program ini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini biasanya didorong oleh para aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi.

Read More

Tema yang selalu dikampanyekan dalam CFD, adalah tinggalkan kendaraan bermotor dirumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor ataupun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang. Selain itu, program ini dicanangkan atas dasar pembentukkan budaya baru bagi masyarakat sebagai ajang bersosialisasi dengan teman ataupun keluarga serta sarana kesehatan jasmani yang bebas dari polusi.

Kegiatan dalam CFD berupaya mengurangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh asap kendaraan bermotor. Berdasarkan beberapa penelitian ahli lingkungan, terukur setelah kegiatan CFD bahwa gas polutan turun secara signifikan diantaranya CO berkurang 67%, NO berkurang 80% dan debu berkurang 34%. Disamping kampanye lingkungan sehat bebas polusi ternyata CFD mempunyai tujuan khusus yaitu “Memasyarakatkan Olahraga.” Banyak aktifitas olahraga yang di gelar dalam kegiatan CFD, seperti bersepeda, bersepatu roda, sepak bola, skate board, senam pagi, jogging, dan lain-lain.

Car Free Day Medan
Foto: kienviet.net





Sejarah Car Free Day

International CFD dimulai awal zaman krisis minyak di tahun 70an di Amerika. CFD diterapkan di beberapa kota di Negara Eropa pada awal 90an, dan mulai rutin diselenggarakan pada tahun 1999 yang merupakan proyek percontohan kampanye Uni Eropa ”Kota tanpa Mobil” (”In Town Without My Car”) kampanye ini terus berlanjut hingga kini dalam bentuk Pekan Mobilitas Eropa (European Mobility Week). CFD telah dilaksanakan di lebih dari 1500 kota di 40 negara dengan menutup salah satu kawasan jalan dan kemudian diisi dengan berbagai kegiatan seperti festival jalanan, bazar, parade sepeda, dan kegiatan lainnya. Aktifitas ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk kembali berjalan kaki di jalan-jalan yang biasanya penuh dengan lalu-lalang kendaraan pribadi.

CFD di Indonesia, CFD dicanagkan pertama kali di Surabaya pada tahun 2000. kegiatan tersebut merupakan bagian dari kampanye peningkatan kualitas udara kota yang bertema “Segar Suroboyoku Rek”. Sedangkan pada tahun 2002, Jakarta turut menyelenggarakan CFD 2002 – 2006. Kegiatan tersebut pertama kali dilaksanakan oleh koalisi LSM Lingkungan sebagai wadah penampung aspirasi masyarakat dalam pembuatan kebijakan publik. CFD selalu melakukan ritual kampanye yaitu promosi penggunaan alat transportasi alternatif untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi seperti angkutan umum, sepeda, dan fasilitas pejalan kaki. Oleh karena itu mengapa setiap kegiatan CFD diselenggarakan, lintasan transportasi umum tidak pernah ditutup.

Lokasi CFD Beberapa Kota di Indonesia

Car Free Day Surakarta

Solo di bawah pemerintahan Joko Widodo adalah walikota yang pertama yang menggagas CFD, yaitu di sepanjang Jalan Slamet Riyadi pada setiap hari Minggu, mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB. Setelah CFD sukses di terapkan pada kawasan Slamet Riyadi selama beberapa tahun, kemudian diterapkan lagi pada satu ruas jalan, yaitu kawasan Juanda.

Car Free Day Jakarta

Di Jakarta, CFD pertama kali digelar sejak tahun 2002. Digagas oleh Koalisi LSM Lingkungan. Dilaksanakan hari minggu terakhir setiap bulan pada dua kawasan yaitu Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin. CFD di Jakarta berlangsung selama 8 jam dari pukul 06.00 – 14.00 WIB, namun karena banyak keluhan dari masyarakat, akhirnya pada hari Minggu, 26 April 2009 dipersingkat 2 jam.

Car Free Day Bandung

Di Bandung, kegiatan CFD dipusatkan pada kawasan Jalan Dago dan Jalan Merdeka. Jembatan Layang Pasopati – Simpang Dago. Hari Minggu, pukul 06.00 – 10.00 WIB.

Car Free Day Semarang

Di Semarang, CFD dipusatkan pada kawasan Simpang Lima, Jalan Pahlawan dan Jalan Pemuda, sedangkan di Kabupaten Semarang dipusatkan di Jalan Ahmad Yani, Ungaran. Dilakukan pada hari Minggu.

Car Free Day Surabaya

Di Surabaya, CFD dipusatkan pada kawasan Jalan Raya Bungur dan Jalan Kertajaya. Setelah menetapkan Jalan Raya Darmo dan Jalan Kertajaya, mulai 5 Februari 2012, CFD juga akan digelar di sepanjang Jalan Tunjungan.

Car Free Day Malang

CFD Malang diluncurkan pada 18 Desember 2011 oleh Walikota Malang. CFD dipusatkan pada kawasan Jalan Ijen. Selain jalan-jalan dan naik sepeda, masyarakat juga disuguhkan dengan Pasar Minggu yang menyediakan jajanan khas di pagi hari.

Car Free Day Medan

CFD Medan dilaksanakan pertama kali pada tahun 2010 oleh Walikota Medan. CFD tidak terpusat pada satu kawasan saja, setiap pelaksanaannya dilakukan pada kawasan yang berbeda seperti kawasan Jalan Sudirman, Diponegoro, Gatot Subroto, dan pada 01 Desember 2013 kemarin, CFD dilakukan di kawasan Lapangan Benteng Medan.

Inilah sejarah dicanangkannya Car Free Day di belahan dunia dan beberapa lokasi pelaksanaannya di Indonesia. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi bagi masyarakat dan pemerintah Kota Medan untuk lebih komit dalam menerapkan program Car Free Day di Medan ini. “Medan Sehat, Medan Bebas Polusi”




Car Free Day : Sudahkah Efektif Program CFD?

Saat ini, Car Free Day (CFD) telah dilaksanakan di lebih dari 1500 kota di 40 negara dengan menutup ruas jalan dan mengisi berbagai kegiatan seperti olahraga, festival, bazaar, parade sepeda dan kegiatan lainnya. Tindakan ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi polusi serta maraknya kemacetan yang terjadi. Kegiatan utama CFD adalah penutupan ruas jalan selama beberapa waktu dari arus lalu lintas kendaraan. Namun untuk kendaraan angkutan umum masih bisa melintasi jalan tersebut. Setiap pelaksanaannya, kegiatan CFD diisi oleh para talen dari berbagai komunitas. Hal ini bertujuan sebagai ajang unjuk kreatifitas bagi para komunitas.

Bagaimana Efek yang Ditimbulkan Program CFD?

Umumnya program yang dicanangkan oleh lembaga pemerintah, mengandung manfaat yang sangat berpengaruh, selain efek utama  yaitu mengurangi polusi gas polutan dan kemacetan, dapat bersosialisasi dengan warga yang lain sambil menjaga kesehatan. Kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai media promosi usaha bagi para produsen kepada para konsumen yag berada disana.

Dalam pelaksanaannya, CFD dilakukan pada hari Minggu. Namun pada penentuanya, tergantung pada pemerintah, apakah jadi kegiatan rutin akhir pekan atau berkala pada setiap bulan. di Tarakan misalnya, kegiatan ini dilaksanakan sebulan sekali. Akan tetapi berbeda dengan kota Medan, kegiatan ini sempat vakum beberapa bulan.

Berdasarkan beberapa penelitian oleh ahli lingkungan, gas polutan berkurang secara drastis diantaranya CO berkurang 67%, NO berkurang 80% dan debu berkurang 34%. Data ini menunjukkan bahwa kegiatan CFD mampu mengurangi dampak negatif kendaraan bermotor terhadap lingkungan kota.

Namun kegiatan ini juga memliki efek negatif. Sebagian masyarakat menilai bahwa kegiatan ini sama saja tidak mengurangi polusi dan kemacetan, malah meningkatkan. Hali ini dikarenakan oleh mereka yang akan pergi ke suatu tempat yang harusnya melalui kawasan CFD, pasti akan memilih memutar daripada menunda kepergian mereka ke lokasi CFD. Jadi, kemacetan itu tidak dihentikan, melainkan dialihkan.

Selain itu, masyrakat juga menilai bahwa  CFD hanya membuang-buang waktu serta kesempatan, mereka tidak perlu pergi ke kawasan CFD untuk sekedar berolahraga. Mereka pergi ke taman atau lingkungan rumah terdekat pun bisa melakukan olahraga pagi. Banyak pihak yang menilai kalau program ini tidak berhasil, bahkan gagal.

Kegiatan CFD Beberapa Kota di Indonesia

Car Free Day di Surabaya

Surabaya merupakan kota pertama dicanangkannya Car Free Day di Indonesia, pada tahun 2000, dengan tema “Segar Suroboyoku Rek”

Car Free Day di Jakarta

Awalnya, CFD hanya diadakan dua kali sebulan di Jakarta. Namun kini sudah setiap minggu dengan menutup kawasan jalan Bundaran Senayan sampai Monas. Tidak ada kendaraan yang boleh masuk, kecuali TransJakarta.

Car Free Day di Bandung

BaladKuring merupakan sebuah gerakan lingkungan yang dipelopori Forum Hijau Bandung dan BPLH Jabar dan mereka merupakan penggagas CFD di Bandung. Berbagai macam komunitas bertumpah ruah di sepanjang Jalan Dago. Oleh karena itu, Bandung disebut sebagai “Bandung Emerging Creative City“

Car Free Day di Banda Aceh

Di Banda Aceh telah dimulai sejak September 2012 hingga kini. CFD merupakan acara mingguan bagi masyarakat Aceh serta sebagai wadah menampung kreativitas seni hingga tempat olahraga baru di Banda Aceh. Dimulai pukul 07.00 – 10.00 WIB, di sepanjang kawasan Jalan T. Daud Beureuh.

Bagaimana Program Car Free Day di Medan? 

Menurut Anda, Berhasil atau Gagal Program Ini? 

Berikut Beberapa Opini Masyarakat Kota Medan:

“Menurut aku Car Free Day di kota Medan belum efektif, karena pemerintah kota tidak konsisten dalam mencanangkan kegiatan ini. sebentar diterapkan sebentar tidak. Sebaiknya penerapan program ini dibarengi dengan adanya kebijakan yang mengatur kuota pengguna kendaraan di kota Medan. Contohnya Jakarta, mereka punya kawasan khusus daerah 3 in 1, yang maksudnya setiap mobil yang masuk kawasan ini harus berisikan minimal 3 orang penumpang dalam 1 mobil. Selain itu juga ada ketetapan 1 kepala keluarga maksimal mempunyai 3 kendaraan, dan juga dibuat jalur khusus untuk transportasi umum. Sehingga program ini efektif penerapannya. karena makna car free day itu tidak sekedar hari bebas dari berkendara, melainkan bagaimana kita bisa berkendara secara efektif dan efesien sehingga ramah lingkungan. Mindset ini yang belum terbentuk di kalangan masyarakat kota Medan saat ini. Makanya CFD hanya sebagai ajang menikmati hari tanpa kendaraan saja. Tapi tidak mungkinkan zaman maju seperti ini kita tidak menggunakan kendaraan sebagai transpportasi? Nah itulah sebabnya CFD dicanangkan, bagaimana kita bisa berkendara, baik secara kuota penggunaan kendaraan ataupun tatib lalu lintasnya. Soalnya menurut aku, perilaku akn berubah ketika ada reinforcement yang mendukung perilaku untuk berubah. Nah CFD sebagai aspek penyadar pola pikir dan sikap masyarakat pengguna kendaraan, sedangkan kebijakannya sebagai reinforce untuk merubah prilaku mereka. Mungkin untuk kegiatannya harus melibatkan komunitas deh, yah agar memberdayakan orang-orang muda juga sehingga kegiatannya pun lebih kreatif dan menarik, seperti CFD-nya kota Bandung. Efektif deh programnya,”, tutur Rizky Nasution salah seorang penggagas Medan Heritage. (@NasutionRizky)

Car Free Day Medan - @NasutionRizky
Car Free Day Medan – @NasutionRizky

Notes: kegiatan ini perlu di lengkapi dengan pengukuran kualitas udara dan kualitas suara serta lalu lintas kendaraan selama dan sesudah pelaksanaan CFD, guna mengetahui hasil yang lebih nyata. Hasil pengukuran akan menjadikan advokasi kebijakan dan kampanye pentingnya mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

“Medan Sehat, Medan Bebas Polusi”

Car Free Day Medan - @CutAndyna
Car Free Day Medan – @CutAndyna

“Yang Icut tau, Car Free Day Medan, kurang aja gaung-gaungnya, jadi masih banyak yang tidak tau acara tersebut. Kebanyakan yang update atas info begitu bagi mereka yang tergabung dalam komunitas. Media yang dipakai masih sebagas spanduk. Itupun Icut tau karena spanduknya dekat kantor di Palladium. Padahal seharusnya Car Free Day ini disambut antusias oleh anakmuda, bukan sebatas ‘Bapak-Bapak’ yang notabene udah tergabung di komunitas gowes. Seperti di Bandung, Car Free Day justru jadi ajang kreatifitas anak Bandung, bukanhanya sebatas area sepedaan aja, tapi ada juga yang jualan, Live Show, ntah itu sekedar nyanyi, fashion, donor darah. Di Kambang Iwak Palembang juga ajib itu acaranya. Kalau Medan masih disambut ‘dingin’,” ungkap Cut Andyna, Marketing Supervisor NusaGPS. (@CutAndyna)



Car Free Day Medan - @Harioriox
Car Free Day Medan – @Harioriox

“Car free day di Medan sebenarnya sangat baik untuk memupuk rasa kebersamaan dan meningkatkan kesadaran berolahraga. Namun akan lebih baik jika dilaksanakan secara konsisten seminggu sekali di lokasi yang menetap. Saya pribadi cukup kehilangan moment menikmati Medan tanpa asap. Ada baiknya program ini dilakukan kembali, kalaupun tidak dilakukan oleh pihak pemerintah kota, jika Komunitas-komunitas di Medan ingin bersatu pasti event ini akan dapat dilaksanakan kembali. Saran saya, sebulan sekali terdapat tema-tema tertentu yang diusung untuk menambah atmosfir acara dan mengundang komunitas atau perkumpulan yang lebih luas,” kata Hario F. Hirawan, sang penikmat CFD – @Harioriox)

“Car Free Day Medan” Bagaimana dengan tanggapan Anda?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *