2014, Domain .ID Bisa Digunakan

  • Whatsapp

2014, Domain ID Bisa Digunakan – Forum Nama Domain Indonesia telah menyetujui penggunaan “Domain .id” sebagai top level domain, bukan lagi Domain Tingkat Dua (DTD) seperti co.id, biz.id, web.id, my.id, or.id, sch.id, ac.id, desa.id, net.id, go.id, dan mil.id. Namun, bisa langsung menggunakan .id untuk penggunaan domain.

2014, Domain ID Bisa Digunakan

Read More

Pemakaian 2014, Domain ID Bisa Digunakan, hal tersebut seperti dilansir dari Kompas.com, bahwa perusahaan atau perorangan bisa mendaftarkan entitas dan nama yang diinginkan mulai 20 Januari 2014 dalam sejumlah tahapan. Tahap pertama adalah Sunrise, di mana pemegang merek (yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM) berhak membeli domain .id sesuai merek yang mereka miliki. Tahapan ini berlangsung selama 3 bulan setelah tanggal 20 Januari 2014.

Setelah itu berlaku tahapan Grandfather di mana pemilik Domain Tingkat Dua .id bisa mendaftarkan domain .id-nya, misalnya pemilik teknologi.co.id mendaftarkan kepemilikan untuk teknologi.id. Tahapan ini berlangsung dua bulan. Setelah memasuki tahap Landrush, konsumen bisa berebut nama domain yang diinginkan.

Jika dua atau lebih pihak yang memenuhi syarat berebut suatu nama domain tertentu, PANDI akan melakukan pelelangan dengan pihak-pihak yang terkait. Setelah tahapan-tahapan tersebut usai, konsumen bisa mendaftarkan domain .id-nya secara reguler dengan prinsip First Come First Serve.

Banyak pihak bertanya-tanya apakah memiliki domain .id lebih baik ketimbang domain .com yang lebih murah dan lebih umum. Sebagai domain premium, tentu saja peruntukan .id ini tidak untuk semua pihak. Selain sebagai lahan pendapatan baru, domain .id ini diharapkan meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia akan domainnya sendiri, sebagaimana yang ditunjukkan oleh masyarakat di Jerman, Kanada, atau bahkan Singapura yang bangga menggunakan entitas nasionalnya.

Suatu bisnis bisa saja memiliki kepemilikan baik untuk domain .id dan domain .com, di mana entitas .com digunakan secara internasional dan .id bisa digunakan untuk melayani konsumen lokal dengan hosting di server lokal pula.

Semoga makin banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan domain .id dalam hal pemakaian merek dagang atau usaha serta bisnisnya ataupun domain personalnya diakhiri .id. Kita tunggu agar 2014, Domain ID Bisa Digunakan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *