Satu Dolar Setara Rp12.000

  • Whatsapp

Satu Dolar Setara Rp12.000 – Anjloknya harga rupiah hingga level 12 ribu per dolar AS, salah satu penyebabnya dikarenakan keraguan para investor bahwa pemerintah Indonesia mampu merampingkan jumlah defisit transaksi berlajan dan perdagangan negara.

Lelang Surat Utang Negara (SUN) yang hanya mampu menyerap dana US$ 190 juta dari target US$ 450 juta juga menjadi pemicu keterpurukan rupiah. Lemahnya rupiah hingga menyentuh level 12.000 per dolar AS merupakan peringatan awal bagi pemerintah Indonesia.

Read More

Satu Dolar Setara Rp12.000

Seperti dikutip dari data Valuta Asing (Valas) Bloomberg, Kamis (28/11/2013), rupiah tercatat menembus level 12.013 per dolar AS pada perdagangan pukul 14:26 WIB. Sebelumnya, rupiah sempat menyentuh level 12.025 per dolar AS pada perdagangan pukul 14:05 WIB.

“Level 12.000 merupakan level psikologis yang sangat penting yang bisa membuat negara semakin gugup dan cemas,” ungkap pakar strategi valuta asing di Australia & New Zealand Banking Group Ltd., Irene Cheung.

Hal senada juga diungkapkan Chief Economist Danareksa Research Institute, Purbaya Yudho Sadewa yang menyatakan para importir bisa ketar-ketir kalau rupiah sampai kebablasan. Purbaya yakin anjloknya nilai tukar rupiah ke level 12 ribu per dolar AS dapat merugikan banyak sektor.

Timbulnya anggapan bahwa rupiah dan ekonomi Indonesia hancur merupakan yang paling ditakuti Purbaya mengingat para eksportir tak akan bisa lagi menikmati keuntungan dari menguatnya dolar AS.

Dengan segala kekhawatiran ini, Purbaya mengimbau pemerintah dan Bank Indonesia untuk segera membuat kebijakan yang tepat. Nilai tukar rupiah seharusnya dijaga agar tidak jauh dari nilai fundamentalnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *