Manfaat Bermain Game

  • Whatsapp

Manfaat Bermain Game – Bermain games seringkali dianggap sebagai salah satu kegiatan yang tidak bermanfaat. Kegiatan ini selalu identik dengan hal-hal negatif. Bahkan banyak artikel atau pemberitaan yang justru menyudutkan kegiatan yang menurut anak-anak menyenangkan ini. Namun tidak sedikit pula yang menilai bahwa bermain games juga memiliki efek yang baik. Benarkah? Hal tersebut ternyata benar adanya. Lalu apa saja manfaat bermain game?

Manfaat Bermain Game

Read More



Fisik yang Terlatih 

Games sering identik dengan sebuah kegiatan yang tidak memaksimalkan penggunaan tubuh. Games lebih banyak membuat badan diam. Hal tersebut sebenarnya tidaklah salah dan juga tidaklah benar. Beberapa games modern ternyata malah menuntut pergerakan badan. Bahkan ada konsol games yang cara bermainnya lebih banyak mengharuskan pengguna untuk bergerak. Pergerakan badan ini tentunya cukup bagus untuk kesehatan.

Games-games seperti menari, bermain gitar, atau bermain drum merupakan games-games yang memang mengharuskan untuk menggerakan badan.  Jika sering bermain games dengan jenis-jenis yang disebutkan tadi. Tentunya pandangan orang akan games tidak membuat sehat akan sedikit bergeser.

Ketangkasan yang Meningkat

Manfaat bermain game lainnya adalah menjadikan pemain lebih tangkas. Ketangkasan merupakan salah satu kemampuan yang bisa dilatih dengan bermain video games. Tidak sedikit  games-games yang mengharuskan pemain untuk tetap konsentrasi, jeli, dan melatih koordinasi.  Jika sering bermain games ini, maka bukan hal mustahil ketangkasan perlahan akan terlatih.

Belajar dan Berpikir Kreatif

Banyak games saat ini yang dibangun secara dengan konsep yang rumit. Bahkan tidak sedikit games yang membutuhkan latihan nalar dan keterampilan kognitif. Bahkan game berjenis action pun sering menyediakan mini games lain berupa teka-teki atau pemecahan misteri. Ada games juga yang mengharuskan pemainnya untuk berpikir cukup keras jika ingin menyelesaikan suatu misi. Dampak positif bermain games jenis ini tentunya adalah kesabaran dan daya kreatif yang semakin meningkat.

Menghargai Sportivitas

Tidak dipungkuri lagi bahwa dalam bermain, sportivitas merupakan hal yang utama. Sportivitas merupakan sesuatu yang perlu dijunjung tinggi. Sayangnya  tidak semua orang bisa mengenal sportivitas dengan baik. Namun justru dengan mekanisme games seperti sepakbola, tinju, dan olahraga lainnya, pemain akan lebih tahu tentang peraturan dan sportivitas. Apalagi jika games-games tersebut dimainkan secara bersama dengan teman.

Refreshing Otak

Dampak positif bermain games lainnya adalah berkurangnya stres. Tidak bisa dipungkiri, kegiatan belajar yang padat, terlibat kegiatan ekskul, tuntutan belajar di tempat bimbingan belajar bisa membuat otak terbebani jika tidak ada hiburan. Dan bermain games merupakan salah satu alternatif untuk meredakan tekanan yang ada.  Hal ini tentunya cukup bagus dibandingkan jika tekanan dilarikan pada sesuatu lain yang negatif dan merusak moral.

Pengalihan Rasa  Sakit

Dampak positif bermain games yang  ini mungkin agak sedikit aneh. Namun ternyata cukup terbukti. Games diklaim mampu menawarkan pengalaman dan hiburan bagi orang yang terkena sakit baik fisik maupun emosional. Meskipun nantinya pengalihan ini cukup sementara, efek yang dihadirkan cukup baik. Setidaknya pemain akan sedikit lupa dengan penat dan sakit yang dideritanya.

Membangun Kerjasama

Selanjutnya, dampak positif bermain games adalah terbangunnya kerjasama tim. Hal ini dapat dibangun dan dibina jika pemain banyak menggeluti permainan dalam jaringan atau games online. Mengapa? Karena dalam games online, pemain harus berinteraksi dengan pemain lain di seluruh dunia yang terhubung lewat internet. Kerjasama ini dapat terlatih dengan cara seringnya berpetualang secara bersamaan dalam mennyelesaikan misi atau mengalahkan musuh untuk mencapai kemenangan.

Rasa Bahagia

Dampak postif bermain games yang lainnya adalah perasaaan bahagia. Banyak games yang tidak menuntut untuk berpikir berat melainkan untuk kesenangan belaka. Tentu games ini dihadirkan bukan semata-mata untuk mengisi waktu luang, melainkan juga untuk memberikan kenyamanan bagi pemainnya. Terutama setidaknya untuk memberikan senyuman. Karena senyuman merupakan proses pertama menuju kebahagiaan.

Demikianlah penjelasan tentang dampak postif bermain games. Penjelasan ini tentunya sebagai suatu jawaban bagi merka yang merasa skeptis dengan kegiatan bermain games. Namun tentu saja meskipun games memiliki dampak positif, bukan berarti harus terus bemain dan lupa waktu. Manajemen waktu tentu harus diprioritaskan juga. Hal ini tentunya untuk menghindari kecanduan berlebihan. Mengingat sesuatu yang berlebihan itu sangat tidak baik. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *