Komunitas Vespa Medan : Kreatifitas Tidak Mengenal Usia

  • Whatsapp

Komunitas Vespa Medan – Kamu pecinta vespa? Punya vespa tapi belum ada komunitas dan tidak tahu nyalurin hobinya kemana? Yuk kenalan sama salah satu komunitas vespa yang ada di Medan. Medan MODs Generation (MMG), begitu mereka memberi nama bagi komunitasnya. Berdiri pada tanggal 21 Juli 2013, berawal dari ngumpul-ngumpul bareng dan saling berbagi pengalaman seputar vespa. Akhirnya empat orang cowok ini membentuk Medan MODs Generation, diantaranya Imam Geds, Luffy Faraby, Wahyu Darmono, dan Tengku M. Faritzi.

Sejarah  Medan MODs Generation

Read More

MODs berawal dari kata Modernis, sub kultur yang berkembang di Inggris sekitar tahun 1950 – 1960. Pada masa ini vespa atau scooter menjadi fashion dan lifestyle di Negara tersebut. Sedangkan kata Medan, karena komunitas ini berdomisili di kota Medan. Oleh karena itu para penggagas ingin menjadikan komunitas vespa di kota Medan sebagai generasi vespa Inggris yang sangat klasik, terbentuklah Medan MODs Generation. Tagline: Vespa and Fashion.

Medan MODs Generation

Kepengurusan Inti Medan MODs Generation

Ketua : Luffy Faraby

Wakil Ketua: Tengku M. Faritzi

Sekretaris: Soni Wiguna

Wakil Sekretaris: Hadi Humanjaya

Bendahara: Tri Utari

Wakil Bendahara: An’gara Buchares

Humas: Dimas Agung Santoso

Total kepengurusan terdiri dari 20 orang, yang mana satu diantaranya seorang cewek yaitu bendahara mereka. Wow! Ada peluang dong bagi kamu para cewek pecinta otomotif klasik untuk bergabung. Selain kepengurusan, MMG juga memiliki anggota aktif sekitar 15 orang. “Yang biasanya ikut partisipasi di setiap event, yah yang 15 orang ini. Mereka yang selalu siap sedia meluncur ke TKP”, tutur Soni. Ada satu komunitas vespa juga di bawah asuhan MMG yaitu Komunitas Vespa Polmed, yang beranggotakan 3 orang. 

Komunitas Vespa Medan

“Kami sih belum tercatat di nasional, yah karena kami masih terbilang komunitas baru. Tapi rencana ke arah sana sudah ada, soalnya sudah terbentuk juga struktur organisasinya”, timpal Soni lagi. Hal ini yang melandasi mereka memiliki keinginan kuat untuk tercatat di lembaga nasional, biasa dikenal Ikatan Motor Indonesia (IMI). Harapannya, agar MMG diakui sebagai komunitas motor yang resmi. Selain itu, mereka juga berharap bisa terlibat dalam kegiatan skala nasional.

Bagaimana sih syarat untuk bergabung?

“Syaratnya sih enggak rumit. Cukup punya vespa, loyal ngumpul kopdar, dan ikut partisipasi dalam setiap kegiatan. Pastinya juga punya visi dan misi yang sama dengan Medan MODs Generation”, ungkap Faritzi secara lugas. Komunitas mereka sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung, kalaupun kamu belum bisa bergabung karena tidak memiliki vespa. Kamu bisa datang setiap kopi darat (kopdar) yang mereka gelar setiap satu minggu sekali. Pada hari Jumat, pukul 20.00 WIB, bertempat di pelataran Kantor Wilayah I Mandiri, Medan.

Beberapa kegiatan yang pernah dilakukan


Peduli Gempa Gayo

Kegiatan ini berbentuk aksi penggalangan dana untuk Gayo, yang pada saat itu bertepatan pada tragedi benca gempa di Gayo, Aceh-Sumatera Utara. MMG melakukan aksinya di Bundaran SIB kota Medan, yang dilakukan selama satu hari. Selasa, 2 Juli 2013. 

Komunitas Vespa Medan

Sahur on the Road

Kegiatan ini berlangsung pada bulan ramadhan, tanggal 3 Agustus 2013. Di hadiri lebih dari 200 unit vespa di kota Medan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Motor Plus Club (MPC) dan MMG turut andil dalam kepanitiaan. Titik kumpul di pelataran Kantor Wilayah I Mandiri, Medan. Adapun isi kegiatannya yaitu konvoi vespa sambil berbagi makan sahur ke panti asuhan dan beberapa pos polisi yang menjaga arus mudik.

Komunitas Vespa Medan

Parade Vespa at “Medan Heritage Tour” Event

Medan MODs Generation adalah bagian dari komunitas yang peduli warisan budaya (heritage). “Kami mengakui pentingnya melestarikan warisan budaya, karena itu bagian dari sejarah. Yah sama dengan vespa ini, dia ini heritage juga. Tapi lebih ke otomotif tuanya, atau klasik lah”, kata Wahyu sambil tertawa. Hal ini yang melandasi MMG menjadi salah satu komunitas yang terlibat dalam kegiatan ini. MMG sudah terlibat dua kali dalam kegiatan ini, yaitu:

Launching Medan Heritage Tour, 31 Agustus 2013 di Pelataran Kantor Pos Medan


Komunitas Vespa Medan

Pasar Seni & Kuliner, 19 Oktober 2013 di Taman Ahmad Yani Medan


Komunitas Vespa Medan

Road Race Vespa

Ini kegiatan terbesar yang dilakukan MMG, karena mereka mendapat kesempatan sebagai salah satu komunitas yang dipercaya di kota Medan untuk mengelola kegiatan tingkat nasional. Road Race Vespa diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI), yang dimandatkan kepada Motor Plus Club, dan untuk kesekian kalinya MMG dipercaya sebagai bagian dari pelaksana kegiatan. Acara berlangsung di sirkuit IMI, Pancing, Medan – Sumatera Utara. Diselenggarakan dua kali, dimana Putaran I pada tanggal 8 Agustus 2013 dan Putaran II pada tanggal 20 Oktober 2013, masing-masing 15 peserta. Pemenang Putaran I dari kota Medan yaitu Medan Scooter Club, sedangkan Putaran II dari Aceh.

Komunitas Vespa Medan

Medan MODS Generation telah membuktikan bahwa usia tidak menjadikan kreatifitas mereka kalah dengan para seniornya. Wow! Anak muda yang sangat inspiratif. Apakah kamu tertarik untuk bergabung? Jika iya, informasi lebih lanjut bisa menghubungi MMG ke kontak di bawah ini:

Faritzi (0852 9688 4040)

Soni (0852 6145 3221)

Wahyu (0852 6151 7168)

Twitter: @RetroScoot  @VespaMedan | Komunitas Vespa Medan : Kreatifitas Tidak Mengenal Usia


Semoga dengan adanya artikel ini, Komunitas Vespa Indonesia baik itu di Jakarta Bandung Jepara Makassar Malang Surabaya Bogor Yogyakarta Solo Semarang Palembang semakin kreatif bersatu dan juga komunitas unik vespa gembel. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *