Komunitas Di Medan Wujudkan Program Pengembangan Kota Hijau P2KH

  • Whatsapp

Komunitas Di Medan Wujudkan Program Pengembangan Kota Hijau – Mewujudkan Kota Hijau untuk kota yang lebih layak huni dan berkelanjutan adalah tanggung jawab kita semua sebagai Anak Bangsa.

Perwujudan kearah Medan untuk menjadi Kota Hijau telah berada diawal yang baik dengan terbentuknya Forum Komunikasi Komunitas Hijau Kota Medan. Dibentuknya komunitas tersebut setahun lalu sejalan dengan kegiatan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang dicanangkan pemerintah, sedang mempersiapkan rencana Medan Green Festival di Taman Cadika Pramuka, Medan Johor.

Read More

Komunitas Di Medan Wujudkan Program Pengembangan Kota Hijau P2KH

“Ini merupakan rencana aksi untuk menggemakan gerakan Kota Hijau di Medan. Rencananya akan ada happening art, performance dari komunitas-komunitas di Medan, serta acara menarik lainnya yang dikemas dalam tema Green Festival,” ungkap Hajar Suwantoro, Ketua Forum Komunikasi Komunitas Hijau Kota Medan. Yang mana, setelah minggu lalu dibentuk kepanitiaan persiapan Medan Green Festival, besar harapan mudah-mudahan pertemuan selanjutnya guna menyusun langkah dan program untuk terwujudnya acara tersebut dapat berjalan sesuai rencana.

Dengan adanya kegiatan Medan Green Festival 30 November 2013 ini dijadikan pemicu untuk mengajak komunitas lain bergabung. “Kita akan sharing program perwujudan Kota Hijau, setiap komunitas tentu punya program masing-masing untuk itu. Kita akan petakan setiap komunitas dengan program-programnya yang mengarahkan ke perwujudan medan sebagai Kota Hijau,” jelas Hajar Suwantoro, penggiat dan yang juga telah membesarkan Komunitas Medan Berkebun ini dengan gerak semangat yang ada mengajak komunitas di Medan untuk mewujudkan program Kota Hijau.

Harapan Hajar Suwantoro, pada tahun 2014 dan berikutnya, program-program tiap komunitas ini dapat terwujud dan terlaksana. Apalagi kegiatan ini didukung penuh pendanaannya oleh Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) melalui kementerian PU Pusat dengan 3 fokus atribut kota hijau, yaitu green planning and design, green open space dan green community.

P2KH ini adalah program kolaboratif antara pemerintah kota/kabupaten yang merupakan langkah nyata sebagai wujud dan kegiatan yang berorientasi aksi yang inovatif. Adapun Rencana Aksi Kota Hijau (RAKH) yakni melalui penyusunan masterplan ruang terbuka hijau dan peta hijau, pembangunan percontohan taman kota ramah lingkungan, pembentukan komunitas hijau dan kampanye kota hijau, diharapkan dapat dijadikan terobosan yang baik.

“Target besar kita adalah perwujudan ruang terbuka 30% (20% RTH Publik dan 10% RTH Private)

tentu ini terasa agak mustahil, tapi paling tidak di Forum Komunikasi Komunitas Hijau Kota Medan itu kita bisa sharing gagasan untuk mewujudkannya atau paling tidak jangan sampai RTH yang ada sekarang malah berkurang. Kemudian target kedua adalah bagaimana mengaktifkan RTH tersebut, karena taman yang bagus secara fisik saja tidaklah cukup. Karena, jika taman itu pasif, tidak ada yang berkunjung atau memanfaatkannya, ya sama juga tidak berfungsi optimal,” jelas Hajar Suwantoro.

Mengenai penataan taman kota, lanjut Hajar Suwantoro, kita tentunya bersinergi dengan Pemko Medan, karena asetnya itu dari Pemko. Untuk urusan infrastruktur dan fisik tentu jadi tanggung jawab Pemko. “Tanggung jawab kita adalah menjaga dan meramaikannya,” tegas Hajar Suwantoro yang juga kesehariannya sebagai Dosen Arsitektur di Universitas Sumatera Utara.

Hajar Suwantoro Medan Berkebun

Supaya selain taman itu hijau, juga harus manusiawi. Artinya, bagaimana yang muda-muda ini untuk bersikap hijau supaya lebih sadar lingkungan. Karena setiap orang pasti ingin hidup lebih nyaman dan tidak terganggu oleh polusi. Dengan menanamkan gaya hidup sadar lingkungan ini, mudah-mudahan bisa kita wujudkan kota medan yang lebih nyaman untuk tempat tinggal, bekerja dan bermain.

Seperti diketahui, sebelum terbentuknya Komunikasi Komunitas Hijau Kota Medan, masing-masing komunitas yang mempunyai program yang sama, hanya bergerak masing-masing. Oleh karena itu, dibentuklah Forum Komunikasi Komunitas Hijau Kota Medan yang bisa dijadikan wadah untuk mengumpulkan ide dan gagasan tiap komunitas dan membuat kegiatan bersama, sehingga gaungnya lebih kuat.

Kolaborasi dan sinergi dalam pembangunan perkotaan Gerakan Kota Hijau butuh komitmen yang kuat, agar kita mampu mewujudkannya. Kalau bukan kita, siapa lagi? Semoga penjabaran dengan judul Komunitas Di Medan Wujudkan Program Pengembangan Kota Hijau, dapat menjadi sumbu proses dalam pergerakan Kota Hijau di Kota Medan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *