Jalan Bogor Menjadi Jalan Tjong Yong Hian

  • Whatsapp

Jalan Bogor Menjadi Jalan Tjong Yong Hian – Pergantian nama jalan tersebut diresmikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan, Dzulmi Eldin, Sabtu (16/11).

Peresmian itu dilakukan, setelah Pemko Medan dan DPRD Medan bersama-sama menyetujui penabalan nama Jalan Tjong Yong Hian yang semula bernama Jalan Bogor dalam bentuk Keputusan Walikota Medan Nomor 620/1580.K/X/2013 tentang perubahan dan penabalan jalan di Kota Medan.

Read More

Dalam surat keputusan yang ditetapkan Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan, Dzulmi Eldin, tanggal 2 Oktober 2013 disebutkan, Jalan Bogor mulai simpang Jalan Palangkaraya hingga simpang Jalan Sutomo menjadi Jalan Tjong Yong Hian.

Jalan Bogor Menjadi Jalan Tjong Yong Hian https://www.ceritamedan.com/

Menurut Eldin, berdasarkan catatan sejarah maupun biografi, ketokohan almarhum Tjong Yong Hian, sangat mengundang simpati dan kekaguman. Sebab, dia dengan tulus tanpa memandang suku, agama dan etnis membantu kemajuan di bidang pendidikan, kesehatan dan budaya di Kota Medan.

Dari ketokohannya itulah diharapkan bisa dijadikan teladan bagi para generasi muda guna membangun dan memajukan Kota Medan. Dia berharap, moment peresmian penabalan Jalan Tjong Yong Hian ini, dapat dijadikan sebagai sarana untuk saling bergenggam tangan dan bahu membahu membangun kota yang lebih maju dan sejahtera dalam bingkai keberagaman.

Selanjutnya kepada keluarga besar Tjong Yong Hian, Plt Walikota Medan berharap dapat meneruskan perjuangan yang telah dilakukan almarhum semasa hidupnya, terutama dalam membangun Kota Medan bersama-sama dengan Pemko Medan. Dia yakin dengan dukungan dan bantuan penuh seluruh masyarakat, Kota Medan akan lebih maju dan berkembang pada masa yang akan datang.

Selain penabalan Jalan Bogor menjadi Jalan Tjong Yong Hian, Eldin menambahkan, sejumlah jalan di Medan juga akan diubah namanya. Di antaranya Jalan Gagak Hitam (ring road) menjadi Jalan Soekarno Hatta.

Ucapkan Terimakasih

Sebelumnya Budihardjo Chandra selaku cicit almarhum Tjong Yong Hian mengatakan, atas nama seluruh keturunan almarhum Tjong Yong Hian, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan dan seluruh anggota DPRD Medan, termasuk segenap masyarakat Kota Medan, khususnya warga Jalan Bogor yang telah memberikan dukungan penuh sehingga Jalan Bogor dapat dikembalikan menjadi Jalan Tjong Yong Hian kembali. “Harapan keluarga dengan diresmikannya Jalan Bogor menjadi Jalan Tjong Yong Hian kembali, merupakan suatu semangat dari Pemko Medan dan seluruh masyarakat Kota Medan dalam memperkukuh semangat kemajemukan etnik dan budaya untuk penguatan kebudayaan bangsa Indonesia,” ungkap Budihardjo.

Inisiator

Ketua PSMTI Sumut, Eddy Djuandi didampingi mantan Ketua Umum PSMTI Pusat, Brigjen Pol (Purn) Teddy Yusuf, Sekjen PSMTI Sumut, Joko Dharmanadi, Penasehat PSMTI Sumut, Kwik Sam Ho, dr Sofyan Tan dan Ketua PSMTI Medan, Halim Loe beserta pengurus PSMTI lainnya yang hadir pada acara tersebut mengatakan PSMTI sebagai inisiator pencetusan nama Tjong Yong Hian menjadi nama jalan menggantikan Jalan Bogor, telah memulainya sejak tahun 2007.

Untuk itu katanya, PSMTI beserta jajaran pengurus lainnya didukung elemen masyarakat lainnya sangat mendukung perubahan kembalinya Jalan Bogor, menjadi Jalan Tjong Yong Hian.

Hal senada juga disampaikan Ketua PSMTI Medan, Halim Loe. Dijelaskannya, proses pergantian nama dari Jalan Bogor menjadi Jalan Tjong Yong Hian sebenarnya tanpa disengaja dari 2006. PSMTI saat itu ingin menggelar acara 17- an di gedung Tjong A Fie, namun belum diberi izin. Kemudian pada 2007, keluarga besar PSMTI berziarah ke makam Tjong A Fie dan, dari situ terus menerus kita ekspos ke media massa. Kemudian datanglah keluarga Budihardjo Chandra, beliau menjelaskan kalau Tjong Yong Hian adalah abang dari Tjong A Fie dan dari situlah kita tahu.

Kemudian setiap tahun, kita selalu berziarah ke makam Tjong A Fie dan Tjong Yong Hian, dan pada 2009, kenang Halim, keluarga Tjong Yong Hian mengatakan pada 2011 Tjong Yong Hian akan berulang tahun ke-100 tahun. Dan PSMTI dipercaya keluarga besar untuk mengurus semua acaranya. Setelah itu diadakan seminar-seminar dan hingga hari ini penabalan nama dari Jalan Bogor menjadi Tjong Yong Hian terlaksana. “PSMTI kini a sedang memperjuangkan Tjong A Fie menjadi nama sebuah jalan,sama seperti Tjong Yong Hian,” ungkapnya

Sementara Ketua INTI Kota Medan, Dra Lily MBA, MH memberikan apresiasi tinggi kepada Pemko Medan karena telah menabalkan kembali Jalan Bogor menjadi Jalan Tjong Yong Hian.

Dia sangat mendukug, sebab Tjong Yong Hian merupakan seorang negarawan sehingga dikenang oleh generasi yang akan datang. Apalagi sumbangsih yang telah diberikan almarhum semasa hidupnya dulu sangat besar untuk pembangunan Kota Medan.

Dijelaskannya, sumbangsih almarhum dapat dilihat dengan ikut membangun Masjid Raya Al Mahsun bersama adiknya Tjong A Fie. Kemudian pembangunan Masjid Lama Gang Bengkok, Rumah Sakit Kusta di Belawan dan sejumlah vihara seperti Vihara Setia Budi Jalan Irian Barat, Vihara Kwan Im Jalan Kol L Yos Sudarso serta Vihara Tian Hou Jalan Pandu. Itu menunjukkan almarhum merupakan tokoh pluralis.

“Sebenarnya Jalan Bogor ini dulunya Jalan Tjong Yong Hian. Pada tahun 1904, Pemerintah Hindia Belanda memberikan penghargaan kepada beliau atas jasa-jasa yang telah dilakukan dengan membuat Jalan Tjong Yong Hian. Namun tahun 1960, Jalan Tjong Yong Hian diganti menjadi Jalan Bogor. Sekarang pada hari yang bersejarah ini, Pemko Medan kembali menabalkan Jalan Bogor dikembalikan menjadi Jalan Tjong Yong Hian,” jelas Lily yang juga anggota DPRD Kota Medan.

Semoga dengan adanya pergantian Jalan Bogor Menjadi Jalan Tjong Yong Hian mengingatkan kita pada pejuang tempo dulu akan arti perjuangan mereka terhadap tanah air. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *