Festival Sinema Prancis 2013 di Kota Medan

  • Whatsapp

Festival Sinema Prancis 2013 di Kota Medan – Alliance française Medan (Yayasan Kerjasama Indonesia Perancis di Sumatera atau AF Medan) bekerjasama dengan Institut Prancis di Jakarta (IFI Jakarta) dengan bangga menghadirkan kembali Festival Sinema Prancis.

Read More

Festival Sinema Prancis Digagas pada tahun 1996, Festival Sinema Prancis adalah festival film asing pertama di Indonesia. Festival ini merupakan ajang bagi masyarakat Indonesia yang ingin mengetahui kualitas dan keberagaman perfilman Prancis.

Festival Sinema Prancis 2013 di Kota Medan

Festival Sinema Prancis tahun ini, bekerja sama dengan Cinema XXI/21 dan acara “Rendez-vous with French Cinema” di Singapura, mempersembahkan delapan film terbaru Prancis yang belum pernah diputar di Indonesia, dari berbagai genre: laga, horor, polisi, drama, fantastis, romantis, komedi dan animasi.

Beberapa sutradara Prancis juga akan hadir di Jakarta untuk memberikan masterclass bagi para sineas muda Indonesia.

Festival Sinema Perancis akan digelar dari tanggal 5 hingga 8 Desember 2013 yang hadir tidak hanya di Jakarta, namun juga beberapa kota besar Indonesia lainnya; Bali, Balikpapan, Bandung, Makasar, Malang, Medan, surabaya dan Yogyakarta.

Sebagaimana biasanya, Festival Sinema Perancis punya tiga program utama, yaitu Panorama, Retrospektif, dan Kompetisi Film Pendek Indonesia.

Panorama:

Panorama adalah program pemutaran film-film Prancis terpilih yang diproduksi dalam jangka waktu dua tahun terakhir dan belum pernah diputar di Indonesia. Tahun ini seleksinya sangat beragam, mencakup komedi, thriller, horor, hingga animasi. Ada delapan film yang ditayangkan di sesi ini dengan highlight adalah L’écume des Jours (Mood Indigo), karya termutakhir dari Michel Gondry (Eternal Sunshine of the Spotless MindBe Kind Rewind) yang dibintangi oleh Audrey Tautou. Jangan lewatkan pula Möbius yang dibintangi pemenang Oscar berkat film The Artist, Jean Dujardin.

Retrospektif:

Tahun lalu Festival Sinema Perancis cukup sukses dengan program Retrospektif film-film Olivier Assayas, maka tahun ini dipersembahkan empat film dari Abdellatif Kechiche, yang memeroleh Palme d’Or di Festival Film Cannes 2013 berkat film terbarunya, Blue Is The Warmest Colour (La vie d’Adèle). Meski film yang tengah diperbincangkan itu kali ini tidak tayang, akan tetapi pastinya akan sangat menarik untuk melihat perkembangan karya Abdellatif Kechiche, terutama bagi yang belum pernah menyaksikan.

Kompetisi Film Pendek Nasional:

Bagi sineas muda Indonesia, Kompetisi Film Pendek ini merupakan batu loncatan yang memungkinkan mereka memperkenalkan karyanya kepada para sineas profesional dan masyarakat luas. Delapan film pendek yang lolos pra seleksi akan diputar di bioskop-bioskop XXI/21 dan sutradara terbaik, seperti tahun lalu, akan dikirim oleh IFI ke ajang festival film pendek internasional paling bergengsi di Clermont-Ferrand, Prancis. Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya tahun ini, penulis skenario terbaik akan mendapatkan pelatihan intensif selama sebulan di sekolah sinematografi l’Ecole Nationale Supérieure Louis-Lumière di Prancis.

Untuk jadwal, sinopsis, dan informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi laman resmi Festival Sinema Perancis di www.festivalsinemaprancis.com atau follow twitternya di www.twitter.com/IF_Indonesia


Trailer Festival Sinema Perancis:

Berikut ini adalah jadwal , lokasi serta program acara Festival Sinema Prancis 2013 di Kota Medan :

Festival Sinema Prancis kategori Panorama

5-8 December

LOCATION

DATE

TIME

TITLE

PRICE

MEDAN

Friday 6th of December

19.15

Love is in the air

Rp 25.000

Hermes XXI

Studio 5 – 112 seats

Saturday 7th of December

15.00

Zarafa

Rp 30.000

17.15

The Nightingale

Rp 30.000

19.30

Dark Touch

Rp 30.000

21.45

The Look-out

Rp 30.000

Sunday 8th of December

15.00

A perfect plan

Rp 30.000

17.15

Mood Indigo

Rp 30.000

19.30

Möbius

Rp 30.000

MEDAN

Saturday 9th of December

17.00

La Graine Rt Le Mulet

Free

Alliance Francaise

Jl. Hasanuddin No 5 B

Monday 16th of December

17.00

L’esquive

free

Alliance Francaise Medan https://www.ceritamedan.com/

Alliance française Medan (AF Medan) merupakan lembaga untuk belajar bahasa Prancis di Medan. AF Medan menyediakan kelas bahasa Prancis dan bertujuan untuk menyebarkan budaya Prancis di Medan, mengorganisir kegiatan-kegiatan berkualitas seperti konser, pameran, pemutaran film dan sebagainya.

Kami menyediakan kelas bahasa Prancis untuk anak-anak, remaja, dewasa, perusahaan dan untuk berbagai permintaan khusus lainnya. Semua kelas tersebut diajari oleh guru Indonesia dan Prancis yang telah dilatih menggunakan metoda terbaru yang telah diakui dan disetujui oleh Kedutaan Besar Prancis.

Kontak:

Agung Solikhin Harahap, Divisi Komunikasi Alliance française Medan

Email: agung.harahap@gmail.com , Hp : 08 12 69 16 88 77

Hélène Lepkowski, Direktur Alliance française Medan

Email: helene.lepkowski@afmedan.org , Hp : 08 12 63 44 22 21

Office: Jl. Hasanuddin N. 5B, Medan 20153 Email: info@afmedan.org Telp:+62 61 4537447

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *