Tips Ampuh Hilangkan Stres

  • Whatsapp

Stres merupakan keadaan dimana seorang individu dihadapkan akan hasrat yang diluar kemampuannya mencapai peluang hasil dari tujuannya. Bukan merupakan hal yang mudah dalam bertahan terhadap dampak negatif akibat stres.

Stres tentunya terjadi pada hampir semua tingkatan umur, dimana kondisi tersebut sudah menjadi masalah utama bagi banyak orang baik.  Seperti halnya stres di lingkungan pekerjaan karena banyaknya tekanan, tanggung jawab yang harus diterima dan masalah-masalah apapun yang tak seharusnya menjadi beban hidup. Layaknya stres karena masalah rumah tangga, baik itu karena hubungan yang kurang harmonis, masalah belanja rumah atau mungkin masalah dalam mengurusi anak.

Read More

“Stres adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat”.

Jika hidup Anda diliputi perasaan stres maka ada baiknya hal tersebut jangan sampai berpengaruh pada diri dan kehidupan sehari-hari. Karena, berdampak pada frustrasi dan sering marah dan merasa selalu tertekan.

Oleh karena itu, Anda harus mampu mengontrol diri dan fikiran untuk menjadikan masalah tersebut bukan suatu beban. Adapun Tips Ampuh Hilangkan Stres, dapat dijabarkan dibawah ini:

Cari Tahu Penyebab Stres

Penyebab stres bisa dari bermacam sumber, pelajari apa yang paling membuat Anda merasa tertekan. Seperti yang diterangkan diatas, kadang-kadang sumber-sumber luar seperti lingkungan kerja, beban pikiran terlalu banyak atau masalah pasangan dan keluarga yang jadi sebab utama. Bisa jadi karena kekhawatiran diri Anda yang terlalu tinggi dalam menyikapi suatu hal baru yang mungkin langsung merasa itu suatu beban baru.


Relaksasi Diri

Perlunya relaksasi, karena stres mengakibatkan seseorang menarik nafas atau menahan napasnya. Latihan napas sederhana yang perlahan dan dalam menolong seseorang tetap rileks dan meredakan stres.

Mengembalikan diri ke alam akan dapat memperlambat waktu dan memungkinkan Anda hidup dalam waktu kini, Bukan hidup dalam waktu dahulu atau waktu depan, di mana Anda terkejar-kejar dengan impian demi impian dan dilambatkan pula dengan kisah-kisah sedih dan penyesalan demi penyesalan tentang apa yang sudah terjadi.

Cobalah untuk bersantai. Menghabiskan beberapa waktu dengan keluarga Anda, membaca buku atau menonton film favorit, bermain olahraga favorit tiap sore atau menikmati keindahan alam bersama teman, akan benar-benar menenangkan pikiran Anda dan melepaskan semua ketegangan dan pikiran stres.

Dekatlah dengan Musik. Artinya Musik bekerja seperti sihir untuk menenangkan pikiran Anda dan memberikan efek rileks dari semua ketegangan dan stres. Jadi mendengarkan musik favorit Anda atau memainkan gitar atau piano ketika Anda merasa stres sangatlah baik untuk dicoba.

Jangan lupa tertawa. Dikatakan bahwa tertawa adalah obat yang baik. Jika Anda memiliki rasa humor yang baik, Anda kurang rentan terhadap stres, depresi dan kecemasan. Jika Anda menghadapi beberapa fase sulit dalam hidup, jangan kehilangan senyum di wajah Anda dan hadapilah sebagai seorang pejuang yang tidak pernah mengutuk takdir.

Bicara dengan kawan. Saat ini tampaknya mengirim pesan singkat atau menggunakan aplikasi chatting adalah hal yang biasa dilakukan untuk ngobrol. Tapi cobalah untuk menelepon teman Anda. Berbicara dengan orang yang Anda sayangi bisa membantu tubuh memberikan respon positif.

Perlu diperhatikan yaitu, stres bisa dikurangi dengan cukup tidur. Tidur selama minimal 6 sampai 8 jam setiap hari karena meremajakan tubuh kita dan membuatnya siap untuk hari berikutnya. Jika kita tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh kita tetap lelah, tidak memiliki energi yang cukup untuk berkonsentrasi dan bekerja dengan baik yang selanjutnya mengarah ke stres.

Tetap senang dan menikmati melakukan sesuatu adalah cara terbaik tetap merasa rileks. Merencanakan aktivitas yang menyenangkan, menikmati hobi, dan mengerjakan sesuatu di luar pekerjaan bisa membatu meredakan stres.

Redam Emosi

Bila perilaku seseorang yang mengganggu membuat Anda stres. Berbicara sopan dengannya dan ceritakan tentang hal itu. Kuasailah pikiran dan emosi, jangan sampai amarah membuat keadaan menjadi tanbah rumit.

Bergaul dengan orang-orang positif ataupun menghabiskan beberapa waktu dengan mereka, setidaknya memperkuat mental anda untuk bertahan menghadapi stres. sangat dianjurkan bagi anda bertukar pikiran dan membagi keluh kesah pada orang yang selalu bersikap positif. Jangan terpaku pada kelemahan diri. Kumpulkanlah hal-hal yang positif dari diri kita dan berbahagialah dengan kelebihan kita tersebut.

Jangan simpan permasalahan Anda. Jika Anda memiliki kekasih atau seseorang yang penting dalam hidup Anda, curhatlah masalah Anda dengan mereka. Mendengar masalah orang lain juga dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah Anda sendiri. Terkadang kita tidak sadar tentang sesuatu yang lebih baik sebagai solusi. Dengarlah dan berbicaralah dengan hati dan pikiran yang terbuka.

Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur, dapat meningkatkan kerja sistem daya tahan tubuh. Pola makan buruk mengakibatkan tubuh stres dan melemahkan daya tahan. Akibatnya seseorang lebih mudah terinfeksi penyakit.

Lakukan Pendekatan Kepada Pencipta (Menurut Kepercayaan Masing-Masing)

Jika Anda seorang yang beragama Islam, mengambil wudhu bisa menenangkan pikiran. Ibarat kita membasuh wajah, itu faktor yang dapat menenangkan diri dari resah gelisah. Seperti fitrah manusia, air yang bersih bisa mengembalikan kita kepada fitrah kejadian. Air yang segar dapat memberi energi dan fokus yang dibutuhkan dan wajah akan pasti kembali ceria. 

Ambil wudhu bagi yang muslim, lakukan dzikir dan berdo’a, memohonlah kepada-Nya agar diberikan jalan keluar terbaik dari masalah yang kita hadapi. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *