Temu Teater Mahasiswa Nusantara XI di Kota Medan

  • Whatsapp

Temu Teater Mahasiswa Nusantara XI di Kota Medan. Dimeriahkan dengan Karnaval Budaya dimulai pagi ini dengan pawai ratusan orang mengelilingi Kota Medan dengan memakai pakaian adat dari berbagai provinsi, Senin (21/10). Mereka adalah pemuda-pemudi dari berbagai provinsi yang tergabung dalam berbagai komunitas teater kampus di nusantara. 

Rencananya, rute dari karnaval ini dimulai dari Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU), Stasiun Kereta Api, Lapangan Merdeka, Lonsum, Gedung DPRD Sumatera Utara, Lapangan Benteng, Kantor Walikota dan kembali ke TBSU.

Read More

Di dua titik perhentiannya, yakni Lapangan merdeka dan Gedung DPRD Sumut mereka akan melakukan berbagai macam persembahan teaterikal, tarian dan persembahan seni lainnya.

Pembukaan Temu Teater Mahasiswa Nusantara (Temu TEMAN) XI di Kota Medan akan kita lakukan pada 21 Oktober 2013 di Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) yang juga merupakan titik sentral dari berbagai kegiatan.

Kemeriahan karnaval akan membuka acara ini akan diisi oleh peserta yang berasal dari 500 komunitas dari seluruh nusantara. Panitia yang merupakan pemuda-pemudi Kota Medan, akan membalut acara ini dengan acara workshop  penyutradaraan, penulisan naskah, artistik, keaktoran, manajemen produksi yang akan diadakan di berbagai kampus di Medan. Seperti, USU, UMSU, UNIMED, Panca Budi, ITM, dan IAIN. 

Selain workshop, ada juga acara seminar teater untuk pelajar, pementasan dari para peserta, panggung apresiasi, kunjungan wisata Kota Medan, dan berbagai diskusi. Antara lain diskusi mengenai masalah seni dan budaya yang akan mendatangkan seorang sastrawan Kota Medan. 

Temu Teater Mahasiswa Nusantara XI selama seminggu, 21-27 Oktober 2013 dengan tema Teater Kampus Sebagai Spirit Pertumbuhan Regenerasi Kesenian dan Kebudayaan. Visi; Menumbuhkan Rasa dan Cinta Dalam Memahami Kesenian dan Kebudayaan Dalam Upaya Menimbulkan Regenerasi Perteateran Sebagai Bentuk Cinta Terhadap Negara Indonesia. 

Medan patut berbangga hati karena menerima kehormatan untuk menyambut pemuda-pemudi nusantara dalam perhelatan acara temu teater mahasiswa nusantara XI (Temu Teman XI). Terpilihnya Medan sebagai tuan rumah acara temu teman XI merupakan keputusan di temu teman X di Purwokerto, Jawa Tengah tahun 2012 lalu. 

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap masyarakat lebih mengetahui dan mengenal kembali budayanya yang kini telah terkikis oleh budaya luar dengan menunjukkan tampilan pakaian adat, serta pertunjukan seni lainnya secara langsung kepada masyarakat,” terang Lukman Hakim Siagian selaku Ketua Panitia.

Para peserta dalam kegiatan ini juga mengaku senang ketika tiba di Medan untuk mengikuti kegiatan ini. Zen, salah satunya, peserta asal Madura ini mengaku senang bisa sampai di Medan. Ia melihat, antusiasme yang tinggi dari anak-anak Medan untuk menyambut teman-teman dari luar provinsi dan berusaha keras dalam mempromosikan kembali budaya Indonesia kepada masyarakat.

“Saya sangat senang bisa sampai di sini. Dan akan mendukung kegiatan ini berhasil sampai selesai,” ujar Zein Ramah. Ia juga mengaku sangat tertarik dan berharap bisa berkunjung ke tempat tempat wisata bersejarah di Kota Medan seperti Masjid Raya, Istana maimon dan tempat sejarah lainnya. 

Beda lagi dengan Dendi, meski ia datang dari Aceh namun ia memiliki misi yang sama guna mendukung kegiatan ini. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini bisa mempererat silaturahmi diantara sesama bangsa Indonesia, sebagai komunitas teater khususnya.

“Silaturahmi ini yang perlu dijaga, biar tak ada konflik. Dan budaya Indonesia tetap kita lestarikan lewat penampilan anak-anak teater dari seluruh nusantara ini,” akunya.

Temu teman pertama kali diadakan di Makassar pada tahun 2002 dan bertahan hingga sekarang dan dilakukan secara bergilir. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *