Suku Asli Medan – Apa Saja Sih?

  • Whatsapp

Apa yang ada di pikiranmu jika ada pertanyaan apa suku asli Medan? Pasti kebanyakan orang akan menjawab suku Batak sebagai suku asli Medan. Ketika berkenalan dengan seseorang dan dia mengaku dari Medan, pastinya akan banyak yang bertanya dari marga apa? Kenyataan yang sebenarnya jika menilik dari sejarah, suku asli Medan tidak hanya suku Batak saja. Ada beberapa suku asli Medan lainnya namun kalah pamor dari suku Batak. Batak menjadi terkenal sebagai suku asli Medan karena banyak sekali masyarakat suku Batak yang merantau ke kota lain. Di tanah perantauan inilah anggapan orang Medan merupakan warga suku Batak terbentuk. Padahal masyarakat suku Batak berasal dari daerah Tapanuli yang jaraknya dari Medan sekitar 9 jam perjalanan menggunakan kendaraan darat. Medan juga memiliki terminal yang sangat terkenal yakni terminal Sambu. Di terminal Sambu inilah banyak sekali warga Tapanuli yang mayoritas dari suku Batak yang merantau melewati terminal Sambu ini. Maka jadilah anggapan bahwa suku asli Medan yaitu Batak. Lalu apa saja sebenarnya suku asli Medan itu?


Read More

3 Suku Asli Medan

Suku Asli Medan

Menurut catatan pemerintah, Medan sudah memiliki banyak suku yang sudah tinggal di sana sejak masa penjajahan. Suku Jawa merupakan suku terbesar dari segi jumlahnya di kota Medan. Apakah suku Jawa merupakan suku asli Medan? Bukan, suku Jawa merupakan suku pendatang yang dalam sejarahnya bisa datang ke Medan karena di bawa oleh pemerintah Belanda untuk menjadi pekerja paksa di Medan. 

Suku asli Medan tercatat ada 3 suku. Nah untuk mengetahuinya mari Kita ulas satu persatu. Suku pertama yang merupakan suku asli Medan yakni Batak Karo. Suku Karo tinggal di dataran tinggi Karo yakni Brastagi dan Kabanjahe. Karo menjadi suku pertama asli kota Medan karena Medan didirikan oleh seorang putra Karo yang bernama Guru Patimpus Sembiring Pelawi. Bahasa suku Karosangat berbeda dengan bahasa Batak yang sekarang menjadi ciri khas orang Medan. Bahasa mereka disebut dengan cakap Karo. Kata “Horas” merupakan kata dari suku Batak dan suku Karo tidak memilikinya.  

Melayu menjadi suku asli Medan kedua.Mungkin banyak orang yang tidak mengira bahwa Melayu menjadi suku asli Medan. Untuk memperkuat teori ini, ada beberapa peninggalan sejarah yang masih berdiri kokoh sampai sekarang yang menjadi bukti bahwa Melayu menjadi cikal bakal kota Medan. Peninggalan itu yakni Istana Maimun yang merupakan peninggalan kerajaan Deli.Di kerajaan Maimun, kita bisa melihat betapa kuatnya corak Melayu yang digambarkan dalam seni arsitektur dan juga warna dari bangunan tersebut.

Dan yang ketiga yakni Simalungun. Simalungun merupakan salah satu sub suku marga Batak. Suku inilah yang sekarang menjadi ikon kota Medan baik dari pakaian adat dan juga rumah adatnya. Ketiga suku asli Medan ini biasa disingkat dengan SIMEKAR yang berarti Simalungun, Melayu dan Karo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *