Nge-W’dank Bareng, Bayar Suka-Suka

  • Whatsapp

Heritage adalah pusaka/warisan budaya berupa peninggalan bersejarah bagi suatu bangsa. Heritage ditulis sebagai sejarah, tradisi, dan nilai-nilai yang dimiliki suatu bangsa atau negara selama bertahun-tahun dan diangap sebagai bagian penting dari karakter mereka. Biasa dikenal dengan istilah budaya. Kebudayaan yang ada meliputi aspek seni tari, lukis, tata krama, busana, hingga kuliner. Keberagaman budaya di kota Medan menjadikannya sebagai kota yang multietnis. Hal ini pula yang menjadikan kota Medan sebagai wisata kuliner terunik di Indonesia. Ini yang mendasari Medan Heritage Tour meramu event Pasar Seni & Kuliner. 

Read More

Pasar Seni & Kuliner adalah suatu bentuk acara yang akan menampilkan beberapa bentuk pertunjukan budaya, seperti seni tari, seni musik, puisi, teaterikal, dan bentuk penampilan lainnya. Sedangkan kuliner yang dijajakan adalah beragam jenis jajanan pasar yang jarang didapat pada kalangan masyarakat menengah atas. Kuliner yang terdapat di kota Medan pada saat ini mulai mengalami asimilasi. Jika hal ini dibiarkan, kemungkinan besar generasi muda tidak lagi mengenal budaya kuliner aslinya. Alasan ini yang mendasari pemilihan menu “Jajanan Pasar”, agar kita tetap melestarikan kuliner pasar yang hampir mulai musnah dikalangan masyarakat. 

Bentuk kegiatan yang kami kemas berupa pergelaran seni, parade, dan booth kuliner khas kota Medan. Kami menyebut Pasar Seni karena pertunjukkan yang akan kami tampilkan sangat beragam. Komunitas-komunitas yang terlibat dalam event ini juga akan berkegiatan seni di taman kota. Mengapa pemilihan tempat di taman kota? Ruang Terbuka Hijau (RTH) juga merupakan salah satu bagian dari Heritage Kota, sebab RTH merupakan paru-paru kota. 

Medan Heritage Tour memilih Taman Ahmad Yani karena taman ini termasuk salah satu Heritage Kawasan Komplek Polonia. Harapannya dengan kami mengajak Sahabat Komunitas Kota Medan berkegiatan di taman kota, bisa mengedukasi mereka dalam pelestarian serta pemanfaatan kawasan hijau. Setiap kegiatan yang ditampilkan dalam event ini merupakan bentuk penggalangan dana yang nantinya bertujuan untuk melakukan “restorasi” pada satu cagar budaya di Kota Medan. Hal ini dilakukan sebagai soft action bahwa anak muda kota Medan (dalam hal ini komunitas) memiliki keperdulian akan pelestarian Heritage.

Berangkat dari keyakinan dan komitmen yang terus ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi kota. Tim Medan Heritage Tour senantiasa mengajak Komunitas Kota Medan saling bersinergi untuk perubahan yang berarti. Kuatnya suatu perubahan berawal dari kekuatan kita untuk saling bersinergi melakukan pergerakkan. Sebab jati diri suatu bangsa terbentuk dari generasi yang mengenal sejarah. Mari kita mudakan warisan budaya pada generasi muda. Berwisata Heritage bersama Sahabat Komunitas Kota Medan. Save Our Heritage!

Mempersembahkan
– Opening Ceremony
– Parade Sepeda Vespa dan Astuti
– Booth Kuliner Medan
– Green Action by Komunitas Taman
– Photo Booth
– Community Gathering
– Live Acoustic
– Tari Tradisional
– Pagelaran Teatrikal & Monolog
– Paduan Suara & Musik Etno
– Aransemen Musik Tradisional
– Lomba Twitpic “#MedanFood”
– Games Area & Quiz
– Pameran Seni Lukis by Lindi Gallery
– Gowes Display by Mesac & Low Rider

Tema : Pasar Seni & Kuliner
Tagline : Nge-w’dank Bareng, Bayar Suka-suka
Organized by : Medan Heritage Tour & Nutrisari W’dank
Tempat         : Taman Ahmad Yani
Hari/Tanggal : Sabtu, 19 Oktober 2013
Waktu : 15.00-21.00 WIB

Contact Person : Adis (0819637198) Anka (085761126434)
Email: heritagetourmedan@gmail.com
Twitter: @MedanHeritage
IG: MedanHeritage

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *