Medan Terima Piala Wahana Tata Nugraha Kategori Lalu Lintas 2013

  • Whatsapp

Medan Terima Piala Wahana Tata Nugraha Kategori Lalu Lintas 2013 – Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori Lalu Liintas tahun 2013 untuk Kota Metropolitan  dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesia di Shangri-la Hotel Surabaya, Kamis (3/10/2013).

Prestasi ini tentunya sangat membanggakan sekali, sebab piala ini merupakan bentuk penghargaan Presiden Republik Indonesia kepada kapala daerah kabupaten/kota dalam penilaian kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan dengan indikator paling baik.

Read More

Medan Terima Piala Wahana Tata Nugraha Kategori Lalu Lintas 2013

Yang lebih membanggakan lagi, Kota Medan berhasil menempati peringkat pertama untuk kota metropolitan di Indonesia mengalahkan Kota Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan yang menempati peringkat kedua. Ditambah lagi sudah hampir Sembilan tahun ibukota provinsi Sumatera Utara ini tidak pernah mendapatkan Piala WTN.  Sebab, terakhir kali Kota Medan mendapatkan Piala WTN adalah tahun 2004. Setelah itu Kota Medan gagal mempertahankan prestasi itu dan hanya mampu mendapatkan Plakat WTN saja.

Penyerahan Piala WTN kategori Lalu Lintas tahun 2013 diserahkan Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Republik Indoensia Suroyo Alimoeso disela-sela acara Rapat Koordinasi teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Darat. Saat menerima penghargaan tersebut, Eldin turut didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Renward Parapat ATD MT dan Kasatlantas Polresta Medan Kompol M  Budi  Hendrawan  SIK  MSi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia EE Mangindaan dalam sambutan singkatnya, mengajak seluruh peserta yang hadir untuk melakukan pembahasan serius terkait banyaknya kecelakaan yang terjadi belakangan ini. Dia berharap masalah ini  menjadi pembahasan serius dalam Rakornis Bidang Perhubungan Darat ini.

“Jadi mari kita pecahkan bersama-sama masalah kecelakaan dalam Rakornis ini. Langkah-langkah apa yang perlu kita ambil guna  mengatasinya. Namun dalam mengambil langkah-langkah tersebut harus disesuaikan dengan karakter daerah masing-masing. Untuk itu saya akan tunggu hasilnya,” kata Menhub.

Agar Rakornis ini memberikan hasil yang baik dalam meningkatkan mutu perlalulintasan di Indonesia, Menhub minta agar sistemnya harus diubah. Artinya, tidak menggunakan lagi sistem top down dimana peserta yang hadir terus diberi materi dan ceramah dari level atas saja. Sebaliknya level atas harus menggali  sebanyak-banyak apa yang menjadi keluhan dan masukan dari bawahan. Selanjutnya seluruh keluhan dan masukan itu dipecahkan untuk dibuat solusi. “Untuk itu saya minta kepada seluruh peserta agar tidak segan-segan untuk memberikan masukan-masukan” harapnya.

Selanjutnya kepada provinsi, kabupaten dan kota yang berhasil mendapatkan Piala WTN, Menhub mengucapkan terima kasih. Sebab, penilaian yang dilakukan selama satu tahun ini menunjukkan peningkatan. Tentunya ini akan menimbulkan semangat bagi semua untuk berbuat yang lebih baik di bidang perhubungan darat, sebab semua ini  pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengucapkan terima kasihnya atas penilaian yang telah dilakukan pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan sehingga Kota Medan berhasil mendapatkan Piala WTN kategori Lalu Lintas tahun 2013 untuk Kota Metropolitan. Menurutnya, keberhasilan ini diperoleh berkat kerja keras yang telah dilakukan Dinas Perhubungan Kota Medan dengan Satlantas Polresta Medan, para stakeholder serta dukungan penuh seluruh warga Kota Medan.

Eldin menyakini, keberhasilan ini tentunya akan memotivasi semua untuk lebih meningkatkan kesediplinan berlalulintas di jalan raya. Sebab, menjaga ketertiban di jalan raya bukan semata tanggung jawab Dishub maupun Satlantas semata tetapi harus mendapat dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat. Artinya, masyarakat sebagai pengguna jalan harus mematuhi seluruh rambu maupun peraturan perlalulintasan yang ada.

“Keberhasilan ini kita raih karena pemerintah pusat telah melihat bagaimana komitmen dan keseriusan kita dalam menangani masalah perlalulintasan di Kota Medan. Untuk itu prestasi ini harus kita pertahankan dan tingkatkan lagi sehingga Kota Medan kembali mendapatkan Piala WTN dengan kategori yang lebih membanggakan lagi,” ungkap Eldin.

Guna mewujudkannya, Eldin mengingatkan kepada seluruh jajaran Dishub Kota Medan agar tidak cepat puas dengan keberhasilan yang diraih ini. Justru keberhasilan tersebut  dijadikan motivasi dan momentum untuk meningkatkan kinerja dan tersu bersinergi dengan Satlantas Polresta Medan, sehingga perlalulintasan di Kota Medan menjadi lebih  bai lagi. Namun dia sadar hal itu tak mungkin dapat diwujudkan jika tak mendapat dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat. “Jadi saya mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban lalu lintas,” harapnya.

Di tempat yang sama Kasatlantas Polresta Medan Kompol M  Budi  Hendrawan  SIK  MSi mengatakan, perlalulintasan di Kota Medan semakin tahun terus mengalami peningkatan kearah yang lebih baik lagi. Justru itu dengan keberhasilan mendapatkan Piala WTN ini, dia berharap kesaran masyarakat berlalulintas akan semakin baik lagi.

“Lalu lintas kita  saja sudah diakui secara nasional. Untuk itu bagi pengguna jalan yang sudah menyadari perlunya ketertiban dalam berlalulintas agar dipertahankan, sedangkan bagi pengguna jalan yang belum menyadarinya akan terus dilakukan upaya sehingga menyadarinya. Untuk itu kita akan terus  melakukan sosialisasi dan penegakan hukum bekerjasama dengan Dishub Medan,” jelas Kasatlantas.

Sedangkan menurut Kadishub Medan Renward Parapat ATD MT, keberhasilan meraih Piala WTN kategori Lalu Lintas untuk Kota Metropolitan harus disyukuri. Sebab, sudah hampir Sembilan tahun Kota Medan tidak mendapatkan Piala WTN. Dengan kerja keras dan dukungan penuh seluruh masyarakat, maka Kota Medan tahun ini berhasil kembali mendapatkan Piala WTN.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Medan atas dukungan yang telah diberikan selama ini. Saya berharap dukungan ini terus ditingkatkan lagi dengan selalu tertib dan mentaati seluruh  rambu-rambu dan peraturan perlalulintasan yang ada saat berada di jalan raya.  Jika ini dapat diwujudkan, Insya Allah kita akan mampu meraih kembali Piala WTN tahun depan,” pesan Renward.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *