Kamus Lengkap Internet

  • Whatsapp

Kamus Lengkap Internet – Istilah dalam dunia internet perlu dibaca ulang bagi kita yang sudah paham namun untuk mengartikan secara benar kadang agak sulit. Berikut disampaikan beberapa istilah internet yang termasuk dalam kamus wajib untuk pemula bisnis internet.

Newbie
Istilah bagi pengguna internet yang masih pemula.

Read More

Internet
Sistem komputer global yang dihubungkan secara bersamaan untuk saling berkomunikasi.

Kamus Lengkap Internet

Web Browser
Bagian dari Internet yang dapat diakses dengan software. software web browser yang sering digunakan antara lain Microsoft Internet Explorer, Mozilla dan Opera.

World Wide Web atau www
Adalah browser web pertama di dunia. Singkatnya web, terdiri dari jutaan situs web (web site) dan setiap web site terdiri banyak halaman web (web page). Halaman-halaman web ini tersebar di seluruh dunia di komputer-komputer server yang terhubung dengan internet.

Halaman Web
Halaman yang tampak dari sebuah software web browser. Halaman ini seperti file dokumen word-processing, tapi didalamnya dapat terkandung text, gambar bahkan animasi.

Situs Web
Terdiri dari beberapa halaman web yang saling terkait (linked) antara yang satu dengan yang lain dengan satu cara tertentu.

Chatting
Atau chat adalah sebuah alat untuk berkomunikasi langsung melalui pengetikkan pesan. Chat mirip seperti juga sms, software yang paling sering digunakan oleh umum adalah Yahoo Messenger, Google Talk atau Windows Live Messenger.

Blog
Singkatan dari ‘weblog’. Sebuah web page yang fungsinya mirip dengan diary. Terdapat pengarsipan per bulan sehingga Anda dapat melihat tulisan – tulisan Anda sebelumnya. Software blogging yang umum digunakan adalah WordPress, Blogger, dll…

Blogwalking
Sebuah aktivitas yang dilakukan oleh seorang blogger dengan melakukan kunjungan ke blog milik orang lain.

Login
Proses untuk masuk kedalam sebuah layanan online yang berisi nama/username dan password.

E-book
singkatan dari electronic book. E-book tidak berbeda dengan buku yang beredar di toko buku. Hanya saja, isi dari tulisan-tulisannya diubah menjadi digital sehingga untuk membacanya harus menggunakan komputer.

E-commerce/Ecommerce (Electronic Commerce)
Istilah yang digunakan untuk menjual atau membeli barang atau jasa melalui internet.

Traffic
Pengunjung yang datang ke website Anda. Anda harus mencari, meningkatkan, mempertahankan, dan “merawat” para pengunjung website yang telah datang ke website Anda.

Link
Sebuah link adalah beberapa text pada satu web page yang akan membawa Anda pada halaman lain jika Anda mengkliknya.

ISP
Internet Service Provider. Perusahaan yang menyediakan akses ke dalam Internet, biasanya dengan pembayaran bulanan.

IP Address
Sebuah IP atau alamat Internet Protocol adalah sebuah alamat unik yang digunakan komputer untuk mengidentifikasikan dan berkomunikasi satu dengan yang lain. Terdiri dari nomor unik, dibagi dalam 4 bagian yang dipisahkan oleh titik, contoh 115.115.105.2. Setiap mesin di internet memiliki IP address yang unik.

Domain
Sebuah halaman website di internet dikenali dengan sederetan angka yang disebut IP Address. Tapi untuk lebih memudahkan mengenali IP Addres, maka dibuatlah sebuah nama pengganti dalam bentuk huruf agar lebih mudah diingat dari pada deretan angka. Nama “pengganti” inilah yang disebut dengan Nama Domain (Domain Name). Nama Domain digunakan untuk mengidentifikasi alamat sebuah website, misalnya: nama domain dari web CeritaMedan adalah www.ceritamedan.com.

DNS (Domain Name Server)
Mesin yang menerjemahkan nama domain internet menjadi IP yang lebih dikenal oleh komputer, seperti www.google.com ke internet protocol (IP) dengan alamat berupa nomor seperti, misalnya: 216.239.51.100.

Top Level Domain
Top Level Domain Name adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti:
.com (dotcommercial) = Komersil
.net (dotnetwork) = Network
.org (dotorganization) = Organisasi
.edu (doteducation) = Pendidikan
.gov (dotgoverment) = Pemerintahan
.mil (dotmilitary) = Militer
Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang diungkapkan diatas, seperti : .com, .net, dll. Sedangkan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg). Top Level Domain ini secara umumnya sering di sebut dengan istilah Extension’ Domain.

Uniform Resource Locator (URL)
Adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber, seperti dokumen dan gambar di Internet. Contoh URL: http://www.melindahospital.com/melindahospital/modul/user/baby_name.php

HTML
Hypertext Markup Language. Adalah bahasa dengan apa web page ditulis.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Protocol yang digunakan oleh web servers untuk mengirim dan menerima informasi. Digunakan juga untuk menukar teks, gambar grafik, suara, video, dan file multimedia lainnya di web. Semua URL halaman web diawali dengan “http”, meskipun penggunaannya bersifat bebas-pilih.

HTTPS (Secure Hypertext Transfer Protocol)
Sistem yang dirancang oleh Netscape Communications Corporation untuk membuat komunikasi yang tersamar dan secara luas digunakan pada World Wide Web untuk komunikasi yang sensitive  seperti transaksi pembayaran dan tanda pengenal perusahaan. Contoh: setiap kali kita membayar barang yang kita beli dengan kartu kredit di internet, HTTPS akan melindungi rincian kartu kredit kita.

Link
Link yang akan membawa Anda pada halaman lain jika Anda mengkliknya.

Bandwidth
Bandwidth adalah jumlah dari traffic internet yang melewati website Anda. Jika Anda memiliki e-book, file audio, atau video yang didownload customer anda, anda akan perlu menyediakan bandwith yang cukup besar.

Demikian istilah dalam dunia Internet yang dapat dipaparkan dalam postingan Kamus Lengkap Internet ini, bila ada lebih dan kurang bisa disampaikan melalui komentar dibawah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *