Jangan Sembarangan Mencet Jerawat

  • Whatsapp

Jangan pernah sembarangan mencet jerawat. Memang sih kadang susah banget menahan diri untuk nggak mencet jerawat yang ngemesin di wajah. Apalagi kalau jerawatnya udah kelihatan mateng, rasanya pengen aja langsung mencet-mencet jerawat yang ngeganggu penampilan. Tapi kamu jangan pernah sembarangan mencetin jerawat karena bukannya bikin wajah kamu makin enak dilihat malah ninggalin bekas jerawat yang nggak kamu inginkan.

Ini nih tips buat kamu.

Read More

Jangan Sembarangan Mencet Jerawat

Sebelum kamu mulai mencetin jerawat yang nyebelin, pastikan tangan kamu bersih. Hindari memegang wajah dengan tangan yang belum dicuci. Apalagi mengopek jerawat dengan kuku. It’s a big NO! Cucilah tangan kamu sampai bersih.

Usapkan juga cleanser ke wajah kamu dengan kapas wajah biar semua minyak, kotoran dan sisa make up terangkat sempurna. Ingat jangan memencet jerawat saat wajah kamu masih berlapis make up atau menggunakan mosturizer atau pelembab. Saat kamu memencet jerawat, kulit akan terbuka yang akan jadi kesempatan buat bakteri masuk. Makanya kamu musti meninimalisasi kemungkinannya. Biar lebih aman, gunakan sarung tangan. Selain mencegah kontaminasi kuman lewat kuku, ini juga membantu kamu menghindari cakaran yang nggak diinginkan sekaligus ngurangi rasa sakit. He-he-he….

Gunakan pembersih jerawat (acne treatment) yang mengandung salicyl acid yang dioles dengan perlahan di sekitar jerawat. Hindari menggunakan foam yang permukaannya kasar karena beresiko bikin jerawat pecah secara nggak sengaja. Biarkan 1-2 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Tindakan ini buat ngangkat sel kulit mati sekaligus mempermudah keluarnya jerawat.

Sebenarnya jerawat akan matang dan hilang dengan sendirinya asalkan kamu tetap memelihara kebersihan sekitar wajah. Cuma kitanya yang sering nggak sabar. Maka dari itu, waktu kamu pengen mencet jerawat, bedakan jerawat yang udah bisa dipencet dan yang belum bisa supaya nggak ninggalin bekas. Bisa dibedakan dari warnanya kok. Jerawat yang matang warnanya akan lebih gelap. Bukan merah muda atau merah. Jerawat yang udah matang juga nggak akan ngilu waktu disentuh.

Terus, temukan bagian puncak atau tengah jerawat yang mau dipencet. Letakkan kedua jari di sisinya, jangan langsung menekannnya ke tengah. Tarik kedua sisinya ke arah luar, kulit yang udah terkelupas akan lebih memudahkan ngeluarin jerawat. Kalau isinya udah keluar, barulah kamu tekan ke tengah untuk mengeluarkan seluruh sisanya.

Udah selesai ngeluarin jerawat, oleskan anti septic untuk wajah yang mengandung salicyl acid  pada wajah supaya proses pengeringannya lebih cepat.

Satu lagi, seperti yang udah disampaikan di atas, sebenarnya jerawat akan hilang sendirinya sejalan sama waktu kok. Makanya lebih disarankan kamu kurangi intensitas mencetin jerawat, tunggu jerawat sampai kering. Jangan sembarangan mencet jerawat ya… 🙂

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *