Ciri Khas Nama Orang Medan

  • Whatsapp

Apa saja sih nama orang Medan? Banyak orang yang menyebutkan bahwa Medan merupakan tanah kelahiran warga suku Batak. Meskipun kurang tepat, namun image yang sudah tercipta membuat Medan selalu identik dengan suku Batak. Berbicara tentang Medan pastinya orang akan tergambarkan sebuah nama yang sudah menjadi pertanda seseorang merupakan keturunan orang Medan. Nama itu biasanya terletak di belakang nama seseorang dan disebut dengan marga. Marga atau Merga merupakan sebuah tanda nama yang menunjukkan dari marga mana dia dilahirkan. 

Read More

Daftar Nama Orang Medan

Nama Orang Medan
Nama Orang Medan

Berbicara mengenai marga suku Batak yang sangat lekat dengan kota Medan, memiliki jenis yang sangat banyak. Marga terdiri dari nama marga dan juga submarga yang terbagi sebanyak 81 jenis nama marga. Sekarang mari kita sebutkan beberapa nama marga yang menjadi ciri khas nama orang Medan. Dimulai dari huruf A ada Aritonang, Ajartambun, Ambarita dan beberapa marga lainnya. Dari huruf B ada Butarbutar, Batubara, Binjori, Berutu, Barus, Baringring dan beberapa nama lainnya. Dari huruf D diwakili oleh Daulay, Damanik, Doloksaribu. Untuk huruf G ada Gultom, Gurusinga, Gurupatih dan Ginting. Dari huruf H ada nama-nama yang sudah tidak asing seperti Hutagalung, Hutapea, Hutabarat, Harahap, Hasibuan serta Hutajulu. Di huruf K ada Karo, Kombara, Ketaren, Keloko. Kaban dan lain sebagainya. Untuk huruf L ada Lumban, Lubis, Lingga, Limbong dan beberapa nama lainnya. Huruf M ada Maharaja, Maringgal, Marpuang, Marbun, Manulang dan Manik. Dari huruf N terwakili oleh Nasution, Napitupulu, Nainggolan dan Nababan. Huruf P ada Pardede, Pasaribu, Pardosi, Pakpahan serta marga lainnya. Di huruf R ada Rutua, Rumapea, Ritonga, Rangkuti dan Rajagukguk. Di huruf S ada Siregar, sitohang, Sitompul, Simbolon, Simatupang, Situmorang, Sinaga, Siahaan, Sarumpaet, Samosir, silitonga, Silalahi dan beberapa nama marga lainnya. Dan terakhir dari hurut T ada Togar, Tobing, Tarigan, Tambunan, Tambun, dan Togar.

Selain nama marga, ada ciri khas lain dari nama orang Medan. Nama itu biasanya diambil dari bahasa suku Batak. Sama seperti di Jawa, nama dari bahasa Batak itu memiliki arti yang biasanya menjadi sebuah doa untuk sang anak. Beberapa nama orang Medan ini banyak kita jumpai dan kadang kita tidak sadar bahwa itu nama dari orang Medan jika tidak menyebutkan namanya yang lengkap. Yang pertama ada Tigor, Togar, Tupa, Ruhut, Poltak, Patudu, Prulian, Paima, Maruli, Haposan, Uli, Gomgom, Tiur, Domu, Sondang, Bonar, Hotma, Hasiholan, Binsar, Duma, Batara, Dosma, Agam, Anju dan beberapa nama lainnya yang diambil dari bahasa Medan.  

Nama orang Medan di atas merupakan nama yang sudah menjadi ciri khas orang Medan. Namun perlu diingat bahwa Medan sekarang sudah menjadi kota metropolitan dan sudah dihuni oleh berbagai macam suku yang ada di Indonesia. Medan bisa dikatakan sebagai miniatur dari negara Indonesia. Jadi jangan heran jika orang Medan tidak memiliki nama yang tercantum di atas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *