Ciri-Ciri Orang Medan – Benar Tidak Kalau yang Ini?

  • Whatsapp

Ciri-ciri orang medan – Setiap orang dari berbagai daerah pastinya memiliki ciri khas yang berbeda dengan derah lainnya. Begitu juga dengan kota Medan, masyarakat asli Medan memiliki ciri-ciri tersendiri. Pasti sudah banyak yang mengetahui ciri-ciri orang Medan. ciri-ciri orang Medan mudah ditebak karena banyak dari mereka yang merantau dan tetap menjaga ciri khas itu sehingga membuatnya menjadi sebuah slogan dari para perantau yang berasal dari Medan.


Read More

Mengenal Ciri-Ciri Orang Medan

Foto: medanbagus.com | Ciri-ciri orang medan

Untuk lebih mengenal orang Medan, mari kita mengenal ciri-ciri orang Medan. Ciri-ciri yang ada di bawah ini dapat menyimpulkan bahwa orang itu dari Medan. Namun tidak menutup kemungkinan anggapan itu meleset. Berikut ini ciri-ciri orang Medan secara umum.

1. Wajah Segi Empat

Kebanyak orang Medan memiliki bentuk wajah segi empat. Namun ciri tersebut tidak bisa menjadi ciri utama dari orang Medan karena bentuk wajah merupakan pemberian Tuhan jadi bisa saja berbeda dengan yang lainnya.

2. Logat Bahasa

Masalah logat, orang Medan hampir sama dengan orang Jawa yakni sangat susah untuk menghilangkannya. Perlu beberapa tahun di kota perantauan untuk menghilangkan logat tersebut. Tapi biasanya orang Medan akan bangga dengan logat tersebut dan tidak mau menghilangkannya.

3. Suara Keras

Ya orang Medan memang selalu berbicara keras. Kebiasaan bersuara keras tersebut terjadi karena lokasi pemukiman warga Batak berada di dataran tinggi. Sehingga untuk berbicara harus bersuara keras agar tidak kalah dengan suara angin. Jika berbicara bertiga saja, suara yang dihasilkan seperti sebuah pasar karena suara kencangnya. Faktor suara kencang inilah yang biasa mengakibatkan kesalah pahaman karena orang lain menganggap bahwa mereka marah.

4. Berbicara apa adanya

Ciri-ciri orang Medan selanjutnya yakni suka berbicara blak-blakan. Orang Medan memang tidak suka basa-basi. Jika mereka suka, mereka akan dengan lantang mengatakannya. Begitu juga jika mereka tidak suka, mereka akan lugas mengatakannya. Sifat inilah yang membuat banyak orang suka dengan orang Medan karena tidak akan memendam rasa tidak suka di dalam hati dan langsung diutarakan.

5. Kasar

Kenyataannya, orang Medan tidaklah kasar. Masih lebih kasar orang Maduran dan Makassar. Namun faktor logat kental, suara keras, wajah tegas, serta gaya bicara yang berterus terang tersebut membuat image orang Medan bersifat kasar. Padahal tidak sama sekali. Mereka sebenarnya memiliki sifat lembut, hanya saja tertutupi dengan suara keras itu.

6. Setia 

Orang Medan memiliki rasa setia baik terhadap budaya leluhur ataupun dengan sahabat. Mereka bisa sangat marah jika melihat saudara sesama orang Medan atau sahabatnya dilecehkan atau dilukai. Tanpa pandang bulu permasalahnnya, mereka pasti membela sahabatnya.

7. Mudah Bergaul

Ciri-ciri orang Medan ini kadang jarang diperhatikan orang. Dengan gayanya yang ceplas ceplos, orang Medan memang menjadi orang yang mudah bergaul. Apalagi mereka memiliki rasa tolong menolong yang tinggi dan setia dengan sahabat.

Namun tidak boleh dilupakan bahwa Medan sudah ditinggali oleh banyak suku. Jadi bisa saja kita menemukan orang Medan yang tidak memiliki ciri-ciri orang Medan di atas. Dan jangan heran jika orang Medan ada yang tidak mengerti bahasa Batak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *