Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh

  • Whatsapp

Kulit merupakan bagian tubuh tubuh kita terluar yang langsung bersentuhan dengan segala hal di luar tubuh. Kulit juga merupakan bagian tubuh kita yang akan terlihat pertama kali oleh orang. Jadi sewajaryalah kita harus menjaga kesehatan kulit tubuh kita agar tidak merusak penampilan dan kesehatan tubuh.

Kesehatan Kulit Tubuh
Kesehatan Kulit Tubuh

Matahari adalah salah satu hal yang merusak kulit jika kita terlalu sering terkena terik matahari. Matahari juga sangat berpengaruh mengakibatkan kulit berkerut, kering, dan membuat warna kulit berubah. Dimusim kemarau apalagi saat ini yang cuacanya tidak bisa diprediksikan, membuat kita harus ekstra menjaga kesehatan kulit tubuh kita.

Read More

Tips Menjaga Kesetahan Kulit Tubuh Kita


Kulit sebagai bagian tubuh terluar, pastinya sering bersentuhan langsung dengan berbagai benda di sekitar kita. Benda-benda ini pastinya mengandung beberapa kuman yang bisa menimbulkan penyakit. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan kulit tubuh kita.

1. Perbanyak minum air putih


Banyak mengonsumsi air putih adalah salah satu cara yang sangat efisien dan juga alami dalam menjaga keseharan kulit tubuh. Karena air bersifat basa, jadi air bisa menjaga kelembaban kulit tubuh kita.

Air juga selain mengatasi dehidrasi, memiliki manfaat lain seperti membantu memproduksi minyak atau sebum yang berasal dari kelenjar sebasea. Tubuh kita harus mendapatkan asupan air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Dengan asupan air yang cukup, akan memaksimalkan perawatan kesehatan kulit kita.

2. Perhatikan nutrisi dalam makanan kita


Nutrisi adalah salah satu faktot penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat sangat dianjurkan guna menjaga kesehatan kulit tubuh kita.

Hindarilah makanan yang membuat alergi. Karena jika alergi, maka kulitlah yang akan diserang dan pasti akan menimbulkan bintik-bintik merah atau kulit menjadi bengkak.

3. Olahraga teratur


Olahrag dengan teratur adalah cara ketika untuk menjaga kesehatan kulit tubuh kita. Seteleh asupan nutrisi yang memadai, olahraga bisa memberikan banyak asupan oksigen pada tubuh sehingga secara langsung akan membuat kulit kita lebih berkilau.

4. Istirahat yang cukup


Istirahat yang cukup setelah bekerja seharian bisa merilekskan badan. Lepas semua beban ketika beristirahat sehingga kita tidak mudah terkena stress. Stress adalah salah satu faktor kulit menjadi berkeriput atau penuaan dini. Istirahat tidur dengan 6 hingga 8 jam bisa membuat kita bugar kembali.

5. Hindari rokok dan alkohol


Dua hal ini memang memiliki dampak yang buruk bagi tubuh kita. Tak terkecuali dengan kesehatan kulit tubuh kita. Selain merusak paru-paru, kebiasaan merokok juga akan membuat kulit kita terlihat kusam dan kotor.

6. Hindari terlalu banyak terkena sinar matahari secara langsung


Sinar matahari pagi memang bagus bagi tubuh dan juga kulit kita. Namun jika siang hari ketika matahari sedang berada pada posisi sangat terik, sinar ini akan menimbulkan efek tidak baik bagi kulit. Jadi hindarilah kontak langsung dengan matahari lebih lama. Kita bisa menggunakan baju panjang atau topi untuk melindungi kulit kita.

Selain tips di atas, menghindari pemakaian kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya juga bisa melindungi kesehatan kulit tubuh kita. Saat ini memang banyak sekali beredar kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya. Jika kita tidak selektif, bukan kesehatan dan juga kecantikan yang akan kita dapat. Namun kulit merah dan rusak yang akan kita dapatkan.

Menjaga kesehatan kulit tubuh kita tentunya harus sangatlah kita perhatikan.Karena kulit adalah bagian terluar dari tubuh yang pastinya akan menunjang penampilan kita. Semoga tetap sehat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *