Jenis-Jenis Penyimpangan Gaya Hidup

  • Whatsapp

Penyimpangan Gaya Hidup – Dewasa ini, gaya hidup para pemuda memang sangatlah beragam. Khususnya bagi mereka yang hidup di kota metropolitan. Budaya dari berbagai negara dengan masuk dan ditiru oleh mereka. Penyimpangan gaya hidup adalah salah satu akibat dari ketidak mampuan diri memfilter berbagai gaya hidup yang mereka ketahui.

Penyimpangan Gaya Hidup
Penyimpangan Gaya Hidup

Saat ini sangat banyak penyimpangan gaya hidup yang terjadi di sekitar kita. Faktor terbesar akibat penyimpangan gaya hidup ini adalah pengaruh buruk dari budaya luar yang dianut dan tidak sesuai dengan budaya lokal kita berada.

Contoh Jenis Penyimpangan Gaya Hidup

Ada beberapa jenis penyimpangan gaya hidup yang akan kita bahas di sini. Jenis-jenis penyimpangan gaya hidup ini adalah:

1. Tindak kriminal

Berbagai perilaku yang merugikan masayarakat ini adalah merupakan penyimpangan gaya hidup yang terjadi di seluruh dunia. Tindak kriminal yang sering terjadi saat ini adalah perampokan, pemerkosaan, pembunuhan dan lain sebagainya. Masalah keluarga dan juga finansial kadang melatarbelakangi mengapa orang melakukan penyimpangan tersebut. Yang saat ini marak terjadi adalah mengenai kasus penggunaan narkotika. Tidak hanya merugikan diri sendiri, penyimpangan gaya hidup dengan narkoba ini sekarang sudah merusak generasi muda yang mulai terbawa dengan pergaulan.

2. Orientasi Seksual

Tuhan tealah menciptakan segala sesuatu di dunia ini berpasangan. Pada masyarakat normal, pastinya manusia akan tertarik dengan lawan jenisnya. Namun,ada bereapa golongan yang suka dengan sesama jenis. Biasanya mereka disebut dengan kamu gay/homo (laki-laki sudak dengan laki-laki) dan lesbian (perempuan suka dengan perempuan). Tentu bagi orang normal, orentasi seksual sesama jenis tersebut amatlah menyimpang. Hal ini biasanya terjadi karena berbagai alasan, namu alasan yang sering diutarakan yaitu karena faktor traumatis karena masa lalu.

3. Konsumerisme

Ya seperti namanya penyimpangan gaya hidup ini adalah seseorang yang gandrung akan belanja. Banyak dari masyarakat modern yang tidak menyadari ini. Berbelanja adalah suatu hal yang menyenangkan. Namun sejatinya berbelanja adalah yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kita sudah sering berbelanja barang yang tidak diperlukan kita perlu waspada. Jika terus berkelanjutan membelanjakan uang untuk barang-barang yang tidak diperlukan, hal ini akan menjadi kebiasaan buruk dan sulit untuk disembuhkan. Kebiasaan ini biasanya terjadi karena efek buruk dari memanjakan orang yang kita cintai dan akhirnya menjadikan mereka seorang yang sangat suka belanja.

Efek buruk dari penyimpangan gaya hidup ini selain membuat tabungan semakin menipis, akan membuat rasa empati terhadap sesama hilang. Mereka akan sibuk dengan kesenangan-kesenangan ini tanpa memikirkan dampak di belakang ini semua. Salah satu jalan penyembuhan dari ketergantungan berbelanja adalah pergi ke psikiater untuk melakukan terapi.

Penyimpangan gaya hidup bisa saja menjangkit kepada siapa saja. Dapat mengontrol pergaulan dan juga dapat memilih mana yang baik dan mana yang buruk untuk kita adalah kunci utama untuk menghindari hal ini. Jadi mari pintar-pintar memilih pergaulan agar tidak terjerumus ke dalam penyimpangan gaya hidup yang pastinya akan merusak diri kita.

Demikianlah artikel penyimpangan gaya hidup, semoga para pembaca Cerita Medan mendapat informasi yang bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *