Eksotisme Kota Sejuk Brastagi Medan

  • Whatsapp

Brastagi Medan adalah sebuah kota indah yang berlokasi di area dataran tinggi Karo, sekitar 70 km dari Medan. Keberadaannya di ketinggian 1300 m membuat kota ini berudara cukup sejuk, sehingga sangat pas untuk dijadikan tempat berlibur dan bersantai. Dari bandara internasional Polonia-Medan, perjalanan menuju Brastagi bisa ditempuh dalam dua jam dengan mengendarai kendaraan roda empat.

Berdiri tahun 1920, Brastagi Medan pada awalnya merupakan stasiun bukit milik Belkamu. Dalam perkembangannya sekarang, kota ini menjelma sebagai lokasi akhir pekan paling menyenangkan untuk warga yang tinggal di Medan.

Read More

Pemkamungan Brastagi Medan

Brastagi Medan – Wikipedia


Panorama di Brastagi Medan mengarah pada indahnya gunung berapi Gunung Sibayak dan Sinabung, ditambah pemkamungan spektakuler Bukit Gunaling Hill di bagian ujung barat kawasan ini.

Aktivitas kota Brastagi Medan tak terlepas dari riuhnya jual beli di pasar. Sebagai kota yang berlokasi di dataran tinggi, kota ini cukup kaya akan hasil kebun berupa bunga dan buah-buahan, di antaranya buah markisa dan jeruk. Selain itu di di Brastagi Medan, Kamu bisa menyaksikan kehidupan tradisional masyarakat Karo.

Fasilitas Pariwisata


Jika Kamu ingin menginap di kota sejuk Brastagi Medan, Kamu bisa tinggal di hotel berarsitektur kolonial yang cukup menyenangkan, dengan fasilitas lapangan golf di sekitar Gundaling. Selain itu, di sekitar Brastagi juga masih terdapat beberapa penginapan lainnya. Hawa sejuk dingin Brastagi Medan akan ‘memaksa’ Kamu untuk selalu berpakaian serba tebal. Karenanya, siapkanlah selalu sweater atau jaket tebal jika Kamu hendak berlibur di kota ini. Jika Kamu berbelanja di pasar tradisional, Adna bisa melakukan tawar menawar sedemikian rupa, sehingga didapat harga beli sesuai kesepakatan.


Selebihnya, jika Kamu ingin beristirahat di kota Brastagi, sebaiknya tidak memilih hari Minggu, karena di hari itu suasana cukup ramai, dengan banyaknya pengunjung asal Medan yang hendak mendaki Gunung Sibayak.

Wisata Belanja


Brastagi Medan memiliki jalan utama cukup luas, yang dipadati restoran, hotel, berbagai toko suvenir, dan satu pasar sentral. Toko-toko suvenir akan menawarkan berbagai  kain tenun ulos, anyaman rotan, batik, kaos, lukisan, atau ukiran.

Ada bisa berkeliling di Brastagi Medan dengan menumpang kendaraan umum. Namun, berjalan kaki pun cukup menyenangkan. Jika ingin lebih puas, Kamu bisa menyewa kendaraan roda dua dari Villa Flores Restaurant atau tempat-tempat rental motor lainnya, yang banyak terdapat di Brastagi.

Wisata Kuliner


Berbagai kuliner kas Brastagi pada umumnya merupakan sajian bercitarasa pedas. Namun, jika mau, Kamu juga bisa mencicipi makanan yang sarat aroma rempah-rempah, seperti Nasi Ayam dan KweTyaow khas Medan. Jika Kamu bukan penggemar hidangan pedas, Kamu bisa memilih restoran masakan Barat yang banyak terdapat di Brastagi Medan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *